Salah Satu Contoh Makanan Khas Imlek Kekinian, Yee Sang

27 Apr 2022 12:00 796 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Salah Satu Contoh Makanan Khas Imlek Kekinian, Yee Sang

Apakah anda mengenal makanan khas Imlek yang satu ini ? Namanya adalah yee sang atau populer dengan istilah yu sheng, merupakan makanan sejenis salad sayuran yang dicampur dengan ikan salmon.

Makanan ini biasanya hanya tersaji di awal tahun saja yang erat hubungannya dengan kedatangan tahun baru China alias Imlek. Ada banyak cerita menarik dibalik makanan yang sifatnya musiman ini terutama berkembang di Malaysia dan Singapura yang sekrang ini ditahbiskan sebagai generasi penerus tradisi yee sang yang aslinya adalah berasal dari kuliner Kanton sejak berabad-abad lampau. Yee sang menyuguhkan irisan daging ikan segar yang menyerupai sashimi. Ini dipercaya telah hadir sejak zaman Dinasti Song Selatan yaitu pada abad ke-12 M. Perkembangan selanjutnya para imigran yang menetap di masa kolonial Semenanjung Malaya mengasimilasi beragam kultur kuliner dari dataran China yang selanjutnya menjadikan yee sang seperti masakan yang dikenal saat ini.

Yee Sang Dan Komposisinya

Yee sang sempat mengalami beberapa perubahan melalui perjalanan yang panjang sejak beberapa dekade lalu dan kini yee sang mulai menemukan bentuk finalnya yang pas di lidah para penggemar. Versi modern dari sajian ini merupakan perpaduan banyak jenis sayuran segar seperti lobak putih/daikon, paprika merah, wortel, ketumbar, jeruk limau, jeruk yang dikeringkan, jahe merah, cabai, ubur-ubur, kacang, biji wijen, ebi serta beragam jenis saos. Bumbu yang digunakan untuk memperlezat bahan utama adalah bubuk lima rempah bersama dengan saos buah plum, pasta buah kumquat, angciu, serta minyak wijen. Dan bahan terakhir yang wajib ada adalah irisan ikan salmon segar. Yee sang bisa terdiri hingga sebanyak 27 jenis bahan dan inilah yang menjadikannya sebagai menu istimewa di hari spesial.

Cara Menikmati Yee Sang

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa yee sang hanya disantap pada momen-momen tertentu seperti menjelang tahun baru China. Umumnya restoran-restoran khas warga Tionghoa selalu menyediakan menu wajib ini dimulai bulan Januari dan Februari. Mengapa menu ini begitu musiman ? Karena dianggap sebagai makanan yang berfungsi untuk menghantarkan keberuntungan di tahun baru bagi mereka yang menyantapnya dan mempercayainya. Oleh karenanya terdapat ritual khusus untuk menikmati hidangan ini. Dimana ditemukan bahan-bahan yang digunakan akan disusun dengan menarik barulah ditambahkan saosnya. Hadirin yang diundang untuk menikmati yee sang harus berdiri di sekitar yee sang tersaji dalam piring besar sambil berpegangan tangan dan mengajukan permohonan keberuntungan di dalam hati untuk tahun yang baru.

Terakhir adalah para hadirin menggunakan sumpit guna mengaduk-aduk makanan dan mengangkatnya ke atas sambil mengucapkan, “Lo hei, lo hei!” yang artinya adalah “angkat ke atas, angkat ke atas !” Dipercaya oleh para penggemarnya bahwa semakin tinggi seseorang mampu mengangkat tangannya dengan kedua sumpit yang digenggam maka keberuntungan akan lebih besar akan menghampiri orang-orang ini di tahun bersangkutan. Kemudian barulah sajian tersebut dinikmati bersama-sama dalam balutan suasana hangat dan penuh keceriaan.

Semoga bermanfaat.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel