Negara Kecil dengan Segudang Kuliner Khas, Singapura, Tetangga Indonesia

26 Apr 2022 12:00 1143 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Negara Kecil Dengan Segudang Kuliner Khas, Singapura, Tetangga Indonesia

Seperti diketahui bahwa Negara Singapura merupakan negara kecil namun menyimpan kuliner yang tidak kalah kaya dengan negara-negara besar yang lainnya. Makanan Singapura jenisnya beragam karena memperoleh pengaruh yang sangat besar dari daerah asal para penghuninya. Di sini anda bisa menemukan sajian ala Melayu, serba-serbi makanan India, Tiongkok, masakan Barat dan lain sebagainya. Sajian Singapura ini saat ini menjadi sangat populer hingga ke negara tetangga termasuk Indonesia. Nah tersebut di bawah ini beberapa kuliner khas Singapura yang kami rekomendasikan untuk anda cicipi jika berlibur ke negara ini.

1/ Laksa Singapura

Bagi anda penggemar masakan mie wajib mencoba laksa Singapura ini. Hidangan ala peranakan Cina di Singapura ini terdiri dari mie dan kuah santan yang tercampur dengan beragam bumbu rempah. Laksa Singapura dikenal juga dengan nama laksa Katong karena berasal pertama kali dari daerah yang bernama Katong. Ciri khas masakan ini adalah mie yang dipotong pendek-pendek serta campuran serbuk udang kering ke dalam kuahnya yang gurih. Di Indonesia juga memiliki versi laksa tersendiri namun berbeda dengan laksa Singapura yang agak sulit dijumpai, jadi anda harus terbang ke Singapura untuk bisa mencicipi semangkok laksa Singapura yang sangat lezat ini. Atau bisa memasaknya sendiri melalui resep yang tersedia di internet. Meskipun demikian, anda masih bisa menemukan laksa versi asli Singapura di Warung Mie Laksa 828 di Kota Bogor, Blessing Laksa Singapore di Jakarta dan Kangen Laksa Di Depok.

2/ Ice Kachang

Mendengar namanya saja anda pastilah sudah tahu kalau ice kachang adalah es kacang dalam Bahasa Indonesia. Minuman dingin ini terinspirasi dari sajian sejenis bernama ais kacang dari Malaysia. Ice kachang terdiri dari es serut, kolak kacang merah gula aren, cincau atau agar-agar, jagung pipil manis, sirup dan cendol. Perpaduan cita rasa manis, dingin dan segarnay es, serta beragam tekstur isian lainnya membuat minuman ini cocok dimakan pada waktu siang hari guna menghalau hawa panas. Beberapa negara di Asia sebenarnya juga mempunyai versi masing-masing dari sajian ini, misalnya di Indonesia ada es campur dan di Filipina ada es halo-halo. Anda tidak perlua jauh-jauh ke Singapura hanya untuk mendapatkan kesempatan mencicipi minuman ini, bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang bisa dibeli di mall. Di Singapura sendiri bisa menemukan es ini di berbagai kedai pinggir jalan atau kopitiam dan mall.

3/ Kari Kepala Ikan

Kari kepala ikan di Indonesia sangat mudah ditemukan yaitu banyak tersedia di Aceh. Rasanya hampir sama dengan kari kepala ikan yang sangat terkenal dari Singapura dengan nama fish head curry, adalah salah satu hidangan khas warga Singapura yang merupakan perpaduan dari kuliner India dan Tiongkok. Kari ini pertama kali diciptakan oleh seorang koki asal India bernama M.J. Gomez yang sangat ahli memodifikasi rempah dan bahan-bahan yang tersedia agar cocok dengan lidah orang Singapura. Sajian ini biasanya dihidangkan di restoran-restoran Cina dalam wadah tanah liat. Cita rasa yang ditonjolkan adalah asam manis segar pedas, cocok untuk mengimbangi kuah santan gurih yang kental dari bahan kaldu. Jika anda ingin mencicipi versi otentiknya maka bisa langsung jalan-jalan ke Singapura lalu mengunjungi Samy’s Curry sebagai salah satu tempat paling terkenal untuk menyantap sajian ini.

4/ Chili Crab

Chili crab adalah salah satu makanan khas warga Singapura yang paling terkenal saat ini. Hidangan ini terdiri dari seekor kepiting besar yang dimasak bersama dengan kuah kental bercita rasa ramai yaitu asam manis super pedas. Chili crab ditemukan pertama kali pada tahun 1956 ketika secara tak sengaja pasangan suami istri Cher Yam Tian dan Lim Choo Ngee menjual tumis kepiting yang dicampur dengan saos sambal botolan. Berawal dari sajian gerobak, chili crab saat ini menjadi salah satu hidangan nasional orang Singapura. Di sini sajian ini ditemani dengan makanan pendamping bernama mantau. Anda bisa mencocol potongan mantau dengan saos setelah terlebih dahulu menyantap kepitingnya. Di Indonesia, anda bisa menemukannya di Rezeki Seafood Batam dan Penang Bistro Central Park di Jakarta. 

5/ Nasi Ayam Hainan

Anda pastilah sudah sangat sering mendengar masakan bernama nasi ayam Hainan. Hidangan ini adalah berupa nasi berbumbu dengan dicampur potongan ayam merupakan adaptasi dari ayam Wenchang ala Hainan yang dibawa imigran ke Singapura. Restoran ayam Hainan di Singapura mulai dibuka pada era perang dunia kedua yang digagas oleh para pembantu bangsawan Inggris yang kehilangan pekerjaan setelah majikan mereka terusir dari Singapura. Di Indonesia anda bisa menemukan nasi ayam Hainan di berbagai restoran yang ada di Jakarta seperti Imperial Kitchen & Dimsum di Kemang dan nasi ayam Hainan Sien Fung di Semarang.

Semoga anda berminat.

 

 

Tags Wisata

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel