Ingin Tahu Cara membuat Omelet Daging Keju Selezat Chef Hotel? Silahkan Simak Disini

25 Apr 2022 14:00 1436 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ingin Tahu Cara membuat Omelet Daging Keju Selezat Chef Hotel ? Silahkan Simak Disini

Pernah mencicipi omelet di hotel bintang lima atau restoran mewah ? Omelet bahan utamanya adalah dari telur ayam atau telur bebek. Makanan ini kaya akan kandungan gizi karena dalam sebutir telur mentah mengandung 6,3 gram protein yang bagus untuk menunjang diet sehat anda. Seperti yang dijelaskan oleh Sarah Iptenco adalah seorang ahli gizi dari situs livestrong menjelaskan bahwa telur memberikan energi untuk mendukung seluruh proses yang berjalan di dalam tubuh. Jika anda menambahkan sayuran ke dalam omelet yang dimasak, maka anda akan mendapatkan sekitar 270 kalori per sajian. Di samping itu manfaat nutrisi seperti vitamin A, kalium, vitamin E, vitamin D, kalsium dan folat juga bisa dikumpulkan. Kalau anda mengkhawatirkan kalorinya maka anda bisa memasak omelet telur menggunakan putih telurnya saja.

Omelet telur daging keju di hotel-hotel dan restoran dikenal bertekstur lembut, moist, dengan sensasi irisan smoked beef dan keju yang meleleh di dalam telur. Biasanya difungsikan sebagai menu sarapan pagi, omelet kerap hadir sebagai hidangan brunch, lauk makan siang atau bahkan lauk makan malam yang ringan. Sedangkan di Jepang, omelet disajikan dalam beberapa versi yang berbeda-beda misalnya tamagoyaki yaitu telur dadar yang dibentuk kotak panjang dan biasanya sebagai menu sarapan termasuk salah satu variasi sushi (tamago sushi), juga dikenal omurice adalah hidangan omelet yang disajikan bersama nasi goreng. Salah satu yang menjadi rahasia omelet lembut dan moist tergantung dari besar kecilnya api yang anda gunakan untuk memasak.

Adapun cara membuat omelet seenak chef hotel adalah sebagai berikut :

1/ Gunakan wajar datar / fry pan antilengket agar omelet tidak mudah lengket dan permukaannya mulus.

2/ Pastikan wajan benar-benar panas ketika akan menuang telur kocok. Segera aduk-aduk untuk mencegah bagian telur di bagian dasar wajan menjadi kecokelatan, lalu kecilkan apinya.

3/ Pastikan omelet masih basah ketika anda akan menuang keju untuk selanjutnya segera lipat atau gulung menggunakan spatula kayu atau silikon. Pakai spatula kayu datar agar memudahkan anda melipat omelet.

4/ Tingkat kematangan omelet bisa disesuaikan menurut selera anda.

Resep Praktis Membuat Omelet Daging Keju

Bahan yang disediakan :

Jawara saos sambal extra hot (pelengkap)

Royco kaldu ayam spesial 1 sdt

6 butir telur ayam kocok lepas

70 gram jamur kancing cincang

6 lembar smoked beef potong kotak kecil-kecil

4 sdm bawang bombay cincang

1 buah tomat buang bijinya potong kotak kecil

½ sdt garam

¼ sdt merica putih bubuk

6 sdm keju cheddar parut

4 sdm minyak

Cara memasaknya :

1/ Kocok telur bersama garam, merica dan Royco kaldu ayam spesial. Bagi menjadi 4 bagian lalu sisihkan.

2/ Siapkan ¼ bagian dari semua bahan untuk membuat omelet secara bertahap. Panaskan 1 sdm minyak, tumis bawang bombay, smoked beef dan jamur hingga layu. Tambahkan tomat lalu aduk hingga merata. Tuang telur, aduk-aduk sebentar kemudian biarkan hingga setengah matang. Taburi dengan keju dan lipat omelet. Angkat. Ulangi proses serupa untuk sisa bahan omelet.

3/ Sajikan dengan ditemani Jawara Saos Sambal Extra Hot.

Waktu 25 menit untuk 4 porsi.

Selamat makan!

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel