6 Prinsip Penting dalam Seni Rupa

22 Apr 2022 12:00 4726 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
6 Prinsip Penting Dalan Seni Rupa 

 

Untuk dapat memenuhi standar supaya sebuah karya bisa disebut sebagai salah satu karya seni rupa yang sesungguhnya tentulah di dalamnya ada unsur dan prinsip yang wajib untuk dipenuhi. Beberapa unsur yang mendukung terbentuknya sebuah karya seni rupa yang benar antara lain adalah garis, bidang, bentuk, warna, maupun unsur-unsur yang lainnya. Sedangkan beberapa prinsip karya seni yang memegang peranan sangat penting untuk terwujudnya sebuah karya yang sempurna adalah seperti yang kami sebutkan tersebut di bawah ini :

1/ Prinsip keseimbangan

Prinsip yang pertama adalah keseimbangan yang menjadikan sebuah karya seni rupa menyimpan kesan-kesan stabil yang bisa dilihat di dalam objek-objek yang ada pada sebuah seni rupa sehingga menimbulkan daya tarik pada masing-masing sisinya. Prinsip yang pertama ini mengacu dan berfokus kepada berat atau tumpuan dari sebuah karya seni. Dimana berat atau tumpuan di sini tidak mengarah kepada suatu bentuk fisik melainkan berpaku pada kesan-kesan visual yang ditampilkan. Jika tidak ditemukan keseimbangan pada karya seni rupa bersangkutan akan menyebabkan karya seni tersebut tidak bisa dinikmati dan bisa mengganggu kenyamanan ketika  melihatnya. Maka dari itu prinsip keseimbangan ini menjadi prinsip penting yang tidak boleh berat sebelah agar bisa dinikimati ketika melihatnya. Beberapa jenis keseimbangan yang dimaksudkan antara lain keseimbangan simetris / symmetrical balance, keseimbangan asimetris / asymmetrical balance, keseimbangan memancar / radial balance dan juga keseimbangan sederajat / obvious balance.

2/ Prinsip kesatuan

Prinsip yang kedua adalah kesatuan. Di dalam prinsip ini terdapat kombinasi antara seni rupa dengan seni rupa lain yang menyebabkan beberapa unsur akan saling berhubungan satu sama lain sehingga menjadi satu kesatuan yang tidak berdiri sendiri. Prinsip kesatuan ini menciptakan sebuah karya seni supa secara optimal sehingga karya seni menjadi indah, serasi dan menarik. Adapun beberapa pendekatan di dalam prinsip kesatuan dalam pendekatan seni rupa antara lain kesamaan, kemiripan, keselarasan, keterikatan, keterkaitan serta kerapatan pada masing-masing unsur.

3/ Prinsip komposisi

Prinsip komposisi di sini adalah berupa penyusunan dari beberapa unsur karya seni rupa agar terbentuk sebuah seni ayng teratur, serasi dan menarik. Dimana pada dasarnya seni akan menjadi semakin indah dengan mengaplikasikan prinsip ini karena di dalamnya ada unsur yang terhubung menjadi lebih estetis. Terdapat 3 kelompok prinsip komposisi antara lain pola simetri, pola asimetri dan juga pola bebas. 

4/ Prinsip irama

Prinsip yang keempat merupakan pengulangan dari sebuah karya seni yang dilakukan secara terus-menerus dan teratur yang mengulang antara unsur satu hingga lebih. Pengulangan yang dilakukan ini bisa berupa susunan garis, bentuk bahkan warna sekalipun. Pengulangan objek tersebut akan menghasilkan kesan seolah-olah objek bersangkutan sedang bergerak. Efek pengulangan bisa berupa perbedaan arah motif hingga perbedaan posisi unsur. Agar irama bisa dilakukan secara optimal dan harmonis haruslah mempunyai ikatan estetika, seniman, harus mempunyai kreativitas dalam menentukan warna, ukuran, jarak dan juga tekstur yang sifatnya bervariasi.

5/ Prinsip proporsi

Prinsip proporsi di dalam sebuah karya seni rupa menjadi perbandingan porsi pada masing-masing unsur yang terkandung di dalam sebuah objek agar karya seni menjadi terlihat menarik dengan porsi yang tepat. Porsi di sini seperti besar kecilnya, panjang pendeknya, luas sempitnya, hingga tinggi rendahnya sebuah karya seni. Penerapan ini misalnya pada saat sedang melukis wajah seseorang. Masalahnya adalah ukuran alis, hidung dan mulut haruslah dibuat dengan hati-hati dan seimbang.

6/ Prinsip gradasi

Unsur yang keenam adalah gradasi. Gradasi tersusun atas dua hingga lebih unsur warna yang mempunyai tingkatan miaslnya saja dari terang ke gelap begitu juga sebaliknya. Prinsip ini pada umumnya diaplikasikan dalam pembuatan sebuah lukisan terutama dengan konsep naturalisme, tetap saja akan menjumpai beberapa masalah yang berhubungan dengan penggunaan gradasi bisa menyebabkan sebuah karya seni rupa menjadi lebih hidup.

Begitulah 6 prinsip karya seni rupa yang saling berhubungan dengan unsur-unsur di dalamnya terutama bentuk fisik dari suatu karya sedangkan bentuk non fisiknya bisa diibaratkan dengan prinsip seni rupa itu sendiri.

Sumber tulisan :

https://www.haloedukasi.com/prinsip-seni-rupa/

Tags Asus

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel