Makanan Khas Aceh Ini bisa Dengan Mudah Dimasak di Rumah

20 Apr 2022 20:00 3357 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Makanan Khas Aceh Ini Bisa Dengan Mudah Dimasak Di Rumah 

Apakah anda mengetahui bahwa Aceh juga dijuluki sebagai Negeri Serambi Mekkah yang identik akan adat dan budayanya yang unik dank has. Ini bisa menjadi cerminan kebiasaan warga Aceh seperti yang terlihat pada ragam makanan khas Aceh yang rata-rata mampu menggugah selera makan siapa saja yang berkesempatan untuk mencicipinya. Yang menonjol dari makanan khas warga Aceh ini adalah rempah yang sangat kuat. Dimana saking populernya hidangan khas Aceh ini tak mengherankan bila menu seperti mie Aceh, roti jala, atau martabak mini dapat dengan mudah ditemui di luar daerah asalnya. Nah buat para pecinta kuliner Nusantara merupakan sebuah keberuntungan bisa mencicipi makanan khas Aceh yang jumlahnya beragam apalagi dibarengi dengan melakukan kunjungan lokasi ke beberapa tempat wisata akan membuat pengalaman anda semakin lengkap. Namun di masa new normal ini sepertinya para penjelajah kuliner harus berpuas diri dengan hanya bereksperimen di rumah. Bagi anda yang ingin mendapatkan cita rasa masakan Aceh ala restoran mewah di rumah, sebenarnya sangat mudah memasak sendiri beberapa jenis masakan khas Aceh yang sudah melegenda di seluruh Nusantara. Mau itu untuk sahur, berbuka atau sajian spesial saat Idul Fitri, kekayaan rempah Serambi Mekkah akan membuat suasana rumah dan keluarga anda menjadi semakin semarak.

1/ Ayam Tangkap

Masakan ini memiliki perbedaan dengan resep ayam biasanya, ayam tangkap menyuguhkan variasi unik melalui proses memasaknya yang penuh dengan tantangan dengan menghadirkan berbagai jenis rempah yang digunakan untuk membalur. Nama ayam tangkap sendiri berasal dari salah satu proses memasak sajian ini yaitu dengan menutupi daging ayam yang sudah digoreng dengan daun kari atau daun temurui. Karena seperti terlihat terperangkap di balik dedaunan maka orang Aceh menamai masakan ini dengan sebutan ayam tangkap. Makanan khas Aceh yang satu ini mengkombinasikan berbagai rempah asli Nusantara misalnya ada gula merah, daun jeruk, serai dan cabai hijau. Agar bumbu semakin meresap ke dalam daging ayam tak lupa menaburkan penyedap rasa ke dalamnya. Sajikan ayam tangkap ini bersama dengan nasi putih hangat atau nasi goreng bersama dengan keluarga di rumah.

2/ Mie Aceh Goreng Kambing

Kelezatan mie Aceh yang kenyal, gurih dan beraroma rempah-rempah ini sudah sangat terkenal dengan dipadukan irisan daging kambing menjadi salah satu masakan favorit banyak orang. Apalagi jika ditambahkan dengan kaldu kental yang gurih, segarnya acar timun dan renyahnya emping pedas manis merupakan satu porsi suguhan masakan khas Aceh bernama mie Aceh goreng kambing. Meskipun dinamai seperti ini, saat ini makanan khas Aceh ini sudah tersebar di berbagai belahan penjuru Indonesia hingga keluar negeri seperti di Inggris dan Malaysia. Jika anda suka menyantap masakan ini mulai sekarang bisa menyajikannya di rumah buat anggota keluarga sebagai menu berbuka di masa Ramadhan. Dijamin semua keluarga menyukainya.

3/ Roti Jala Kuah Kari

Salah satu keunikan makanan khas Aceh yang ketiga ini adalah terletak pada pengaruh memasak ala orang-orang Asia Selatan yang sangat mendominasi. Warisannya adalah perpaduan dua kultur tercermin pada roti jala kuah kari yang unik dan sulit dilupakan jika anda sudah pernah mencicipinya sekali. Roti jala kuah kari dinikmati sebagai sarapan pagi atau menu makan siang pengganti nasi bagi perempuan Aceh yang sedang melakukan diet. Di samping roti jala akan tersaji juga lauk-pauk lainnya yang terdiri dari kari ayam dan sayuran. Saat bulan suci Ramadhan, jangan kaget bila anda akan dengan mudah menjumpai pedagang kaki lima yang menjual roti jala kuah kari di kedai-kedai angkringan mereka. Namun anda bisa memasak sajian ini di rumah untuk keluarga jika tidak ada waktu keluar rumah untuk membelinya.

4/ Martabak Mini Bumbu Aceh

Ingin ngemil makanan favorit saat berakhir pekan ? Saatnya mencoba kudapan asli Aceh yang satu ini. Namanya adalah martabak mini bumbu Aceh yang menggunakan telur ayam kampung, daun bawang dan isian daging sebagai bahan utamanya. Makanan khas Aceh ini tampil eksotis dan kaya rempah. Agar mampu mengenyangkan perut maka buat isiannya dengan mencampurkannya daging giling, bawang bombay dan jamur kancing. Bungkus isian dalam kulit pangsit tipis lalu digoreng hingga keemasan.

Semoga berminat.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel