Lauk Sehat Ala Rumahan untuk Kebugaran Tubuh

20 Apr 2022 16:00 517 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Lauk Sehat Ala Rumahan Untuk Kebugaran Tubuh

Nafsu makan seseorang bisa turun dengan drastic kala badan terasa lelah dan kurang sehat. Padahal di saat seperti ini tubuh anda sedang membutuhkan energi ekstra guna melawan virus atau bakteri yang sewaktu-waktu dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Nah apabila salah satu anggota keluarga anda dalam kondisi buruk seperti ini maka disarankan untuk membuatkan menu makanan rumahan yang memiliki fungsi untuk membantu hangatkan tubuh agar tetap bugar. Beberapa rempah di dalamnya dipercaya mampu menghangatkan badan seperti lada dan jahe. Rempah ini akan diolah hingga menjadi sajian yang tak hanya bercita rasa lezat di lidah juga membantu tubuh anda tetap segar sepanjang hari.

1/ Sayur daun kelor bening

Sayur bening adalah salah satu jenis masakan yang sangat mudah dimasak di rumah. Daun kelor sangat mudah dijumpai di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai bahan pas untuk dipadukan menjadi masakan yang rasanya lezat. Untuk mendapatkan nutrisi yang optimal, bisa ditambahkan dengan labu siam dan jagung pipil. Sop yang dihasilkan khasiatnya bagus untuk kesehatan yang bisa menjadi pilihan tepat untuk menghangatkan tubuh terutama ketika sedang musim dingin. Sayur bening pada umumnya memanfaatkan bahan-bahan yang beragam dari sayuran hijau yang cepat matang misalnya adalah bayam atau daun katuk yang bagus dikonsumsi untuk ibu-ibu menyusui. Untuk saat ini, daun kelor keberadaannya belumlah setenar daun bayam atau daun katuk padahal di India dan Afrika, daun kelor sudah sangat sering dimanfaatkan sebagai obat beragam jenis penyakit dari yang ringan hingga penyakit-penyakit parah.

2/ Sop daging sapi

Semangkok sop daging sapi yang lezat bisa difungsikan sabagai salah satu lauk sehat ala rumahan yang dapat menghangatkan tubuh agar tetap bugar. Cara pengolahannya bisa dengan memakai bahan utama dari daging sapi seperti bagian has dalam yang kandungan lemaknya sedikit sehingga bagus untuk menjaga berat badan. Jika ingin mendapatkan kuah yang lebih kental dan gurih maka pilihlah bagian daging sanding lamur, daging iga, sengkel atau sumsum dan dengkul sebagai bahan pelengkap membuat kuah. Sedangkan daging yang mengandung banyak lemak memiliki tekstur lebih kenyal. Untuk mendapatkan rasa yang pas di lidah maka bisa tambahkan merica atau lada. Ini akan memberikan efek menghangatkan tubuh terutama mengkonsumsi makanan yang di dalamnya mengandung lada dalam porsi tertentu bisa membantu mengatasi sakit flu.

3/ Sop krim ayam brokoli

Sangat mudah memasak sop krim brokoli di rumah. Kuahnya yang agak kental menjadikan sop krim ayam brokoli ini memberikan cita rasa gurih yang enak di lidah. Sayur brokoli diambil di bagian kuntumnya yang masih dalam kondisi segar. Proses membuatnya bisa menambahkan penyedap rasa krim ayam yang membantu memperlezat cita rasa masakan nantinya. Cocok disajikan untuk keluarga ketika sedang musim hujan.

4/ Sop ayam makaroni

Jika anda menginginkan menu lauk sehat ala rumahan yang ringan dan cepat dimasak maka bisa mencoba membuat sop ayam makaroni. Gunakan daging ayam kampung dewasa agar masakan menjadi lebih sehat karena ayam kampung mengandung nutrisi yang lebih besar jika dibandingkan dengan ayam negeri meskipun harus dimasak lebih lama. Ayam kampung harganya lebih murah di pasaran namun bercita rasa gurih dan empuk jika anda bisa mengolahnya dengan tepat. Bumbu utama membuat sop ini adalah bawang putih yang memiliki manfaat untuk membantu mengatasi kelelahan tubuh. Jangan lupa taburkan secukupnya saja lada untuk memperkaya rasa sop sekaligus membantu tubuh tetap terasa hangat dan bugar ketika anda menyantapkan ketika sedang cuaca dingin.

5/ Soto ayam kampung

Sangat beruntung anda tinggal di negara yang kaya akan beragam masakan terbuat dari rempah-rempah. Salah satunya adalah hidangan sop atau soto. Seperti halnya kari khas Medan, anda bisa menyajikan soto ayam kampung ini yang aslinya berasal dari Kota Lamongan dan Banyumas. Lauk sehat ala rumahan ini rasanya ringan di mulut. Rempah yang dibutuhkan untuk mencampur adalah kemiri, kunyit, lada, serai dan jahe. Paduan antara lada dan jahe memberikan kehangatan ekstra untuk menjaga kebugaran tubuh.

Semoga bermanfaat.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel