Resep Kekinian untuk Ide Takjil

19 Apr 2022 12:00 1566 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Resep Kekinian Untuk Ide Takjil

Apakah anda adalah penyuka curry puff yang istilah populernya di Indonesia adalah karipap karena kulit luarnya memiliki lapisan dengan alur / motif lingkaran memutar. Cukup rumit dalam proses membuatnya karena membutuhkan latihan berkali-kali guna mendapatkan hasil yang sempurna. Tekstur kulit yang bermotif menghasilkan perpaduan korsvet (lemak atau mentega khusus puff pastry) dan margarin. Sebagai pengganti korsvet, anda bisa menggunakan mentega putih.

Beberapa Tips Membuat Karipap Renyah

Untuk mendapatkan tekstur karipap yang garing dan renyah maka dibutuhkan beberapa trik seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini :

1/ Uleni dengan optimal adonan kulit lalu bungkus setiap adonan dengan plastic wrap atau ditutup dengan kain lembab agar adonan yang telah diuleni tidak mudah kering.

2/ Bahan adonan ditumpuk lalu digulung untuk mendapatkan tekstur kulit yang berlapis-lapis. Untuk menghasilkan hasil berlapis yang bagus, gulung adonan tepung sambil dipadatkan agar mendapatkan hasil lapisan sempurna / kulit tidak menggelembung atau lapisannya menjadi tidak rapat.

3/ Selanjutnya potong-potomg adonan untuk digilas dan diisi, hindari menggilas adonan kulit terlalu tipis agar kulitnya tidak mudah bocor.

4/ Tumis bahan isi karipap hingga airnya terserap habis selanjutnya biarkan hingga bahan isinya tidak panas agar kulit tidak basag dan menjadi lebih rapuh ketika akan digoreng.

Resep Karipap Isi Daging

Bahan-bahan yang disiapkan :

Minyak untuk menggoreng

Bahan untuk isian :

5 siung bawang putih cincang halus

5 butir bawang merah cincang halus

2 sdm kari bubuk

200 gram daging sapi giling

200 gram kentang potong dadu kecil

200 gram wortel potong dadu kecil

½ sdm kaldu sapi

½ sdt merica putih bubuk

2 sdm gula pasir

350 ml air

2 sdm minyak untuk menumis 

Bahan adonan kulit 1

250 gram tepung terigu

40 gram margarin

40 gram mentega putih

1 sdm gula pasir

½ sdt garam

115 ml air

Bahan adonan kulit 2

150 gram tepung terigu

30 gram margarin

55 gram mentega putih

Cara membuat :

1/ Panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan kari bubuk, tumis sebentar. Masukkan daging dan aduk-aduk hingga berubah warna.

2/ Masukkan wortel dan kentang lalu aduk kembali. Tuang air dan masak hingga setengah matang. Tambahkan kaldu sapi, merica dan gula pasir. Masak hingga semua bahan menjadi matang.  Angkat dan sisihkan.

3/ Kulit karipap : aduk rata semua bahan adonan kulit 1 hingga kalis atau menjadi adonan yang bisa dengan mudah dibentuk. Bulatkan adonan, bungkus dengan plastic wrap dan sisihkan.

4/ Uleni semua bahan adonan kulit 2 hingga tercampur rata. Bulatkan, bungkus dengan plastic wrap. Diamkan selama 10 menit, sisihkan.

5/ Gilas adonan kulit 1 hingga membentuk pipih memanjang, sisihkan. Lanjutkan dengan menggilas adonan kulit 2 hingga membentuk pipih memanjang. Kemudian tumpuk di atas adonan 1 lalu gulung dan dipadatkan. 

6/ Potong adonan setebal 1,5 cm dan ambil 1 buah adonan, gilas tipis-tipis. Kemudian beri bahan isi, lipat dan pilin membentuk pastel. Sisihkan. Ulangi proses serupa untuk sisa bahan.

7/ Panaskan minyak, goreng karipap hingga cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan. Sajikan.

Selamat mencoba!

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel