Jenis - Jenis Pelangi

14 Apr 2022 20:00 2707 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jenis - Jenis Pelangi

Yang dimaksud dengan pelangi adalah salah satu fenomena alam berupa optik dan meteorologi yang memperlihatkan warna-warni indah sejajar yang ada di langit.

Pelangi Dan Jenisnya

Berikut ini adalah beberapa jenis pelangi yang muncul di langit terutama setelah terjadinya musim hujan, antara lain sebagai berikut :

1/ Pelangi Ganda

Pelangi ganda adalah salah satu jenis pelangi yang terjadi melalui proses pembiasan berkali-kali terhadap butir-butir hujan sehingga hasilnya adalah warna pelangi yang berbeda-beda pada tumpukan kedua atau ketiga di permukaan bagian luar pelangi menjadi sisi utama.

Dengan terbentuknya pembiasan ganda maka hasil yang ditunjukkan dari pelangi jenis ini adalah berkebalikan warna dari urutan warna pelangi yang ada di bawahnya, misalnya pada pelangi utama terdapat warna (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu) tetapi pada pelangi kedua akan menghasilkan warna pelangi berbalik dari warna utama yaitu ungu, nila, biru, hijau, kuning, jingga dan merah.

Kondisi juga akan berkebalikan lagi ke pelangi terluar dengan urutan kembali lagi ke pelangi utama. Setelah munculnya pelangi ganda tersebut, pelangi ini akan memperlihatkan kekurangan yaitu mudah memudar ke sisi terluar karena menggunakan medium butir air yang lebih besar sehingga menyebabkan banyak cahaya lolos dan tidak dapat terbiaskan serta pengaruhnya bisa dilihat pada pelangi utama akan menjadi lebih kecil dibandingkan pelangi kedua dan pelangi seterusnya.

2/ Pelangi Sirkular

Pelangi sirkular disebut juga dengan nama pelangi lingkaran karena pelangi sirkular memiliki bentuk lingkaran penuh di langit dan udara. Pada dasarnya konsep pelangi adalah berbentuk lingkaran tetapi sebagian manusia hanya mampu melihat sebagian dari lengkungannya saja yang dikarenakan mata yang melihat hanya setengah dari lengkungan yang dikarenakan posisi mata memandang berada sejajar dengan tanah atau berada di atas dataran rendah sehingga hasilnya adalah manusia kurang mampu melihat pembiasan cahaya yang berada di sisi setengah lengkungan bawah dari pelangi tersebut. Ini terjadi karena tidak ada butir air di sisi dataran tersebut sehingga hanya terlihat cahaya pelangi tidak sepenuhnya berbentuk lingkaran.

Pelangi sirkular biasanya akan terlihat pada ketinggian tertentu di dataran tinggi seperti di bukit, gunung, lereng, gedung dan tempat-tempat dataran tinggi lainnya. Saat jarak yang terbentang untuk melihat cukup luas dan bulir-bulir hujan yang mencukupi maka akan memberikan kemungkinan cahaya membias secara sempurna yang membentuk lingkaran penuh. Jenis pelangi sirkular bisa memberikan variasi warna kembar, ganda atau extra warna.

3/ Pelangi Kabut

Pelangi kabut muncul dalam bentuk lengkungan karena ada kabut dimana kabut mempunyai prinsip yang hampir sama dengan pelangi. Bedanya adalah pembiasan yang terjadi hanya pada medium butiran awan atau kabut dan warna pelangi kabut akan muncul memiliki warna cenderung merah lembut di bagian sisi luar dan warna biru di bagian sisi dalam. Warna-warna yang muncul di sini biasanya redup karena lengkungan di masing-masing warna semakin besar sehingga warna yang ditunjukkan menumpuk antara satu dengan yang lainnya. Pelangi kabut biasanya muncul di sekitar perairan dimana ada pertemuan udara diantara air dingin. Namun munculnya pelangi kabut kadang-kadang tidak menentu dan tidak selalu di daerah perairan, asalkan terdapat kabut yang cukup tipis maka cahaya bisa menembus langsung dan terjadi proses pembiasan secara langsung.

Pelangi Langka Dan Jenisnya Yang Ada Di Dunia

Dengan adanya beberapa jenis pelangi yang biasa anda ketahui seperti tersebut di atas, sebenarnya masih lebih banyak lagi macam-macam dari jenis pelangi yaitu salah satunya adalah pelangi langka yang biasanya hanya muncul pada kurun waktu tertentu bahkan bisa hanya sekali dalam setahun ketika proses terjadinya hujan disertai cahaya matahari yang akan lebih mudah munculnya pelangi dengan proses pembiasan. Berbahagialah orang-orang yang bisa melihat pelangi langka di langit seperti tersebut di bawah ini :

  • Busur Kabut / Fogbows
  • Busur Bulan / Moonbows
  • Pelangi Api / Fire Rainbow
  • Pelangi Air Terjun / Waterfall Rainbow
  • Pelangi Sekunder / Secondary Rainbow
  • Pelangi Merah / Red Rainbow
  • Pelangi Klasik / Classic Rainbow
  • Pelangi Melingkar / Circular Rainbow

Semoga bermanfaat.

Tags Asus

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel