Tips Mendapatkan Kualitas Tidur yang Sehat

13 Apr 2022 14:00 1004 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Sehat

Akan menjadi sebuah kemewahan dan kepuasan tersendiri bagi anda jika bisa tidur dengan lelap terutama di waktu malam hari. Namun sayangnya tidak semua orang terutama ibu-ibu bisa mendapatkan jumlah jam tidur yang berkualitas dan cukup. Hal ini bisa disebabkan karena mereka berangkat tidur cukup larut karena harus menyiapkan semua perlengkapan anggota keluarga untuk esok pagi dan wajib bangun pagi untuk rutinitas seperti memasak dan menyediakan sarapan keluarga dan sederet aktivitas yang lainnya. Dampaknya menurut Dr. Dawn Caroline Harper, seorang dokter yang melakukan penelitian terfokus pada kesehatan tubuh (perempuan) dan mengelola manajemen berat badan di London, bahwa sistem imun anda kemungkinan besar bisa terganggu. Kurang tidur akan membuat anda merasa nyeri di beberapa bagian tubuh, kesulitan berkosentrasi untuk membuat dan mengambil keputusan serta rentan stres.  

Tidur malam yang bagus adalah menjadi hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh dan emosi anda. Ibarat anda membutuhkan ‘battery recharge sleep’ jelas Dr. Dawn. Untuk itulah anda perlu mendapatkan non rapid eye movement (NREM) atau sering diistilahkan dengan nama deep sleep yang cukup agar tubuh dan pikiran benar-benar teristirahatkan. Penelitian lebih lanjut menjelaskan bahwa waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah antara 7-9 jam per malam.

Lalu bagaimana agar anda mendapatkan tidur yang berkualitas ?

1/ Atur suhu dan pencahayaan kamar

Yang pertama ini dilakukan agar dapat membantu anda agar tidur menjadi lebih lelap. Anda bisa membuat lampu di kamar lebih redup dengan suhu lebih rendah yakni di bawah 26 derajat C. Hal tersebut akan menjadi sinyal bagi otak untuk segera tidur.

2/ Berhenti bekerja

Disarankan untuk berhentilah bekerja paling tidak 1 jam sebelum waktu tidur. Ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada anda memiliki waktu untuk rehat sejenak dan menyingkirkan beban pekerjaan dari pikiran agar tidak mengganggu saat tidur.

3/ Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur pada waktu malam hari bisa membuat tubuh anda merasa rileks. Suhu hangat akan membantu melemaskan otot-otot anda sehingga membuat lebih mudah tertidur dengan pulas.

4/ Buat jadwal  

Tak hanya terhadap bayi dan anak-anak yang wajib mematuhi jadwal tidur. Anda pun harus demikian sebagai remaja atau orang dewasa. Ini akan membantu anda agar menjadi lebih tertib dalam kehidupan. Tidurlah di jadwal yang sudah anda buat sebelumnya.

5/ Jangan main ponsel atau nonton TV

Cahaya yang dikeluarkan dari peralatan elektronik di dalam kamar tidur akan membuat otak tetap aktif bekerja. Ini menyebabkan mata anda menjadi mudah lelah. Bermain ponsel terlalu lama akan menyebabkan munculnya rasa nyeri di bagian leher serta bahu. Juga radiasi dari ponsel dapat mempengaruhi kemampuan orang dewasa untuk mengingat.

6/ Beri jarak antara jam makan malam dengan tidur

Tidak disarankan untuk segera tidur usai makan malam karena tubuh anda membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Jika anda langsung tidur usai makan maka kemungkinan anda akan merasakan sakit di bagian perut atau dada seperti terbakar. Ini tentu membuat tidur anda terganggu.

7/ Hindari konsumsi kafein

Disarankan untuk menghindari konsumsi kafein sebelum tidur agar tidak terjaga di tengah malam.

8/ Mendengarkan musik

Putar musik lembut atau musik meditatif yang biasanya bernuansa suara gemericik air, suara angina tau suara di hutan. Anda bisa mengunduh atau mencari di YouTube musik-musik yang berirama tenang yang bisa membuat anda merasa rileks.

9/ Minum susu hangat

Segelas susu hangat bisa membantu anda merasa lebih rileks. Segelas susu hangat dapat menjadi sumber energi bagi anda selama tidur. Dimana diketahui bahwa tidur meskipun tidak memerlukan banyak gerakan namun tetap membutuhkan energi yang besar. Susu akan menjadikan anda merasa kenyang dan tidak mudah terbangun di tengah malam karena merasa kelaparan.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel