Resep Praktis Masakan untuk Kebutuhan Nutrisi Ramadhan

13 Apr 2022 12:00 1185 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Resep Praktis Masakan Untuk Kebutuhan Nutrisi Ramadhan

Tibalah waktu untuk melakukan ibadah puasa dengan memulainya menyantap sajian bernutrisi lengkap. Contohnya adalah menu berupa tumis sayuran bervariasi atau terdiri dari beberapa jenis sayuran yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa demi untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin lainnya yang banyak terkandung di dalam sayuran hijau, jamur dan sayuran berwarna. Sajikan tumis sayuran untuk menu sahur dan buka puasa. Siapkan bahan-bahan siap dimasak untuk dimatangkan menjelang sahur atau buka puasa akan membantu para wanita karir mengurangi alasan tak sempat memasak sayur buat anggota keluarga. Piliha bahan sayuran yang biasanya diolah dengan cara ditumis seperti buncis, kacang panjang, okra, jamur tiram, jamur kuping atau labu siam. Yang paling enak dan sedang tren saat ini adalah tumis jamur enoki.

Jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur yang memiliki kebiasaan untuk tumbuh dengan subur pada musim dingin di dekat pepohonan berdaun jarum. Banyak petani asal Jepang yang mulai membudidayakan jamur enoki dari pepohonan yang sudah gugur seperti pohon plum, maple dan pohon birch. Ada beberapa manfaat dari jamur enoki yang berwarna putih bersih ini yaitu mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan vitamin yang ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

Nah melalui artikel kami kali ini akan mengajak para pembaca untuk membuat salah satu resep praktis masakan untuk kebutuhan nutrisi Ramadhan seperti tumis buncis wortel enoki sama halnya dengan masakan sayuran lainnya yaitu sayur oyong soun, cap cay sayuran atau tumis sawi putih jamur kuping.

Resep Tumis Buncis Wortel Enoki

Bahan utama adalah :

200 gram wortel potong korek api

200 gram buncis potong serong

100 gram jamur enoki siangi

3 siung bawang putih cincang

5 butir bawang merah iris tipis-tipis

2 buah cabai merah iris serong

1 lembar daun salam

1 batang serai, memarkan

2 cm lengkuas memarkan

2 sdm Royco Saos Tiram

½ sdt garam

½ sdt gula pasir

60 ml air

2 sdm minyak untuk menumis

Cara memasaknya :

1/ Panaskan minyak lalu tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, daun salam, serai dan lengkuas hingga harum.

2/ Masukkan wortel dan buncis, aduk-aduk hingga layu. Tambahkan royco saos tiram, garam dan gula pasir, aduk-aduk merata.

3/ Tuang air sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk-aduk. Tambahkan jamur enoki, masak hingga matang. Angkat dan sajikan bersama dengan nasi putih hangat atau nasi goreng telur.

Selamat mencoba !

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel