Inilah Beberapa Sungai Terpanjang yang Ada di Jepang

12 Apr 2022 12:00 2819 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Inilah Beberapa Sungai Terpanjang Yang Ada Di Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang sudah cukup maju di kawasan Asia Timur dimana negara ini terkenal di dunia karena mempunyai pulau-pulau yang sifatnya stratovolcano. Di dalamnya terdapat empat pulau utama yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyushu. Di samping empat pulau utama yang berukuran besar ini, Jepang masih menyimpan ribuan pulau-pulau kecil lainnya dalam jumlah banyak. Salah satu pulau kecil yang paling terkenal adalah Pulau Okinawa. Juga Jepang merupakan salah satu negara yang terbanyak memiliki sungai terpanjang di masing-masing pulaunya. Sungai-sungai ini sebagai media untuk mengaliri air di sawah dan perkebunan berskala besar dan sebagian lagi adalah sungai yang mempunyai tingkat magis dan religios yang dianggap suci. Beberapa sungai yang terkenal karena ukuran panjangnya adalah seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini.

1/ Sungai Sumida berukuran 27 km

Sungai yang pertama adalah paling terkenal di Jepang dan umum digunakan untuk beragam kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Sungai ini kerap dipakai untuk acara festival kembang api di setiap tahun karena memiliki panorama alam sangat indah. Sungai dengan nama populer lainnya adalah sungai Asakusa saat zaman Edo merupakan sungai yang dibangun untuk menanggulangi banjir. Kemudian pada tahun 1965 kanal drainase yang berada di bagian hulu diberi nama sungai Arakawa sedangkan bagian hilir adalah sungai Sumida yang bermuara di teluk Tokyo.

2/ Sungai Kamo berukuran 37 km

Sungai Kamo atau populer dengan nama lain Kamo-Gawa ini merupakan salah satu sungai di jepang yang menyimpan keindahan alam nan asri dan masih perawan. Jika tiba di Kyoto, luangkan sedikit waktu untuk mampir ke tempat ini yang merupakan surga wilayah Kyoto. Sungai yang sangat terkenal ini merupakan wilayah perairan yang besar dengan pemandangan dan suasana alam yang sangat menyenangkan. Warga masyarakat sekitar biasa menikmati keindahan bunga sakura di pinggir sungai atau bersepeda bersama pasangan pada hari-hari libur.

3/ Sungai Nagara berukuran 166 km

Sungai yang ketiga adalah mempunyai panjang sekitar 166 km atau setara dengan 103 mil yang merupakan salah satu sungai terbesar yang lokasinya terletak di Pulau Honshu. Aliran sungainya berasal dari gunung Daitake lalu menuju ke Gujo kemudian berjalan ke prefektur Gifu yang akan bermuara di teluk Ise. Jaman dulu nama sungai ini adalah sungai Sunomata sebab di sekitarnya pernah terjadi peperangan yang dinamakan pertempuran Sunomata. Sungai inilah yang diberi penghargaan sebagai sungai terbersih di dunia sehingga Kementrian Lingkungan Hidup di Jepang menobatkannya sebagai salah satu dari 100 sungai terbaik di Jepang.

4/ Sungai Agano berukuran 210 km

Sungai Agano adalah salah satu sungai yang terletak di kota Nigata berdasarkan letak geografisnya. Aliran air sungainya menuju ke jantung kota utama Nigata. Lalu melaku sampai ke laut Jepang. Jika anda tertarik dan ingin mengunjungi sungai ini bisa dilakukan dengan naik kereta api dengan kecepatn tinggi yaitu Shinkansen dari Tokyo dalam waktu 100 menit.

5/ Sungai Mogami ukuran 229 km

Umumnya dikenal sebagai sungai Ibu oleh warga masyarakat sekitarnya. Karena dipercaya air sungai yang sangat jernih ini membawa kemakmuran tersendiri bagi penduduk setiap musim yang memanfaatkan air sungai. Aliran air sungai melewati sepanjang prefektur Yamagata. Banyak turis yang melakukan penjelajahan demi melihat pemandangan alam yang sangat mempesona dari pinggir sungai.

6/ Sungai Abukuma ukuran 234 km

Di daerah Tohuku terdapat sebuah sungai yang cukup panjang di seluruh Jepang menduduki peringkat ke enam. Terkenal dengan nama sungai Abukuma yang mempunyai panjang rata-rata 234 km. Sungai ini termasuk banyak dikunjungi oleh warga setempat dan wisatawan domestik setiap hari libur sebab memiliki pemandangan alam yang indah. Setiap pagi selalu diramaikan dengan perahu nelayan tradisional yang mengajak beberapa turis asing mengelilingi pinggiran sungai guna melihat jejeran bukit di tengah perubahan musim. Sang pengemudi akan mengiringi para turis tersebut dengan nyanyian lagu berjudul Marumori.

Semoga bermanfaat.

Tags Wisata

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel