Icip Salah Satu Masakan Khas Kota Jogja, Ayam Bakar Kecap

12 Apr 2022 14:00 2261 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Icip Salah Satu Masakan Khas Kota Jogja, Ayam Bakar Kecap

Seperti diketahui bahwa kandungan nutrisi daging ayam menyumbangkan banyak manfaat untuk meminimalisir risiko tubuh terserang penyakit kanker. Ada vitamin B, niacin dan selenium yang ampuh untuk menghalau serangan radikal bebas yang menjadi pemicu sel-sel kanker. Selain itu kandungan nutrisi dalam daging ayam mampu menghindarkan terjadinya kerusakan sel-sel DNA dalam tubuh.

Daging ayam bisa diolah menjadi beragam varian resep yaitu salah satunya adalah resep ayam bakar kecap khas Yogyakarta yang patut untuk anda coba membuatnya di rumah ketika sedang hari Minggu agar semua anggota keluarga bisa turut merasakan nikmatnya sajian ini. Cara memasaknya sangat mudah dengan menggunakan bahan-bahan seadanya di dapur seperti santan dan keluak. Sajian ayam bakar kecap khas Yogyakarta ini bukan sekadar masakan ayam yang dibakar saja melainkan menjadi lebih nikmat karena dibalur dengan kecap manis pilihan dan menjadi semakin istimewa dengan tambahan rempah khusus yaitu keluwak. Sajikan dengan lalapan segar dan sambal andalan maka hidangan ini menjadi menu utama makan malam anda bersama dengan keluarga yang menggugah selera. Anak-anak pasti menyukainya.

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa masakan ini menjadi semakin nikmat dengan tambahan keluak pada bumbunya namun perlu berhati-hati dalam memilih keluak agar mendapatkan biji yang rasanya tidak pahit. Caranya adalah ambil satu buah keluak dan kocok, jika terasa berat dan padat berisi maka itu berarti keluaknya dalam kondisi bagus. Keluak yang sempurna ditandai dengan daging buahnya yang berwarna hitam pekat. Nantinya keluak ini akan menjadi salah satu rempah untuk mencampur bahan bumbu yang dihaluskan. Seduh isinya dengan air panas lalu campur dengan rempah-rempah yang lainnya guna dihaluskan. Keluak dapat memperkaya rasa, rempah ini bisa menjadikan ayam bakar berwarna lebih pekat namun menarik.

Resep Praktis Ayam Bakar Kecap Khas Yogyakarta

Bahan yang harus disediakan :

1 ekor (800 gram) ayam potong empat bagian

3 sdm kecap manis pilihan

1 liter santan kental

3 lembar daun jeruk buang tulangnya iris memanjang

2 lembar daun salam

2 cm lengkuas memarkan

1 batang serai ambil bagian putihnya saja memarkan

1 sdt garam

½ sdt gula pasir atau secukupnya micin

2 sdm minyak untuk menumis

Membuat bumbu halus :

8 butir bawang merah

4 buah cabai merah

3 butir kemiri sangrai

2 buah keluak ambil isinya seduh dengan 2 sdm air hangat

1 cm kencur

1 cm jahe

1 sdt ketumbar bubuk

Cara memasaknya :

1/ Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, daun salam dan lengkuas hingga harum

2/ Masukkan ayam, aduk-aduk rata. Masak hingga berubah warna.

3/ Tambahkan kecap manis, garam, gula pasir / micin dan santan lalu aduk-aduk rata. Masak hingga bumbu meresap, angkat dan sisihkan.  

4/ Panaskan grill pan, panggang ayam hingga matang kecoklatan.

5/ Sajikan hangat.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel