Negara Di Dunia Tanpa Pajak Penghasilan

8 Apr 2022 03:15 1560 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Negara Di Dunia Tanpa Pajak Penghasilan

Masing-masing negara di dunia ini memanfaatkan pajak sebagai salah satu sumber pendapatan negara. Negara selanjutnya akan mengelola dana pajak guna membangun beragam jenis fasilitas yang sifatnya umum untuk kepentingan masyarakat dan juga membayar gaji para karyawan/wati. Dalam hal ini pajak memiliki sifat wajib untuk seluruh penduduk yang tinggal di dalam suatu negara. Dimana diketahui ada beragam jenis pajak yang mesti dibayar oleh penduduk yaitu salah satunya adalah pajak penghasilan / PPh bagi penduduk yang sudah memiliki penghasilan tetap. Namun dalam prakteknya ternyata tidak semua negara di dunia ini mewajibkan warganya untuk melunasi pajak penghasilan. Negara mana sajakah itu ? Berikut kami berikan daftar negara tanpa pajak penghasilan.

1/ Bermuda

Negara pertama yang tidak memberikan pajak penghasilan bagi warganya adalah Bermuda yang merupakan sebuah wilayah terletak di seberang laut Britania Raya yaitu tepatnya berlokasi di Samudera Atlantik atau sekitar 1.050 km sebelah timur Carolina Utara di Amerika Serikat. Karena lokasi negara ini yang sangat terpencil serta jauh dari daratan manapun menyebabkan segala ragam kebutuhan setiap hari menjadi sangat mahal. Namun ini adalah salah satu negara yang menjadi favorit banyak perusahaan untuk membuka cabang mereka di sini karena selain tidak menerapkan pajak penghasilan juga Bermuda tidak mengenakan pajak bunga, dividen ataupun royalti.

 

2/ UEA / Uni Emirat Arab

Negara kedua yang tidak mewajibkan penduduknya untuk membayar pajak penghasilan adalah Uni Emirat Arab / UEA yang sangat terkenal dengan penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Uni Emirat Arab merupakan salah satu negara yang tidak memberlakukan pemungutan pajak penghasilan terhadap warganya karena sistem pemerintahan dan perekonomian negara ini sangat stabil dan memiliki dasar yang kuat untuk membangun negara tanpa sumber pendapatan dari pajak penghasilan. Ditambah dengan perekonomian yang mengalami perkembangan pesat dan multicultural menjadikan Uni Emirat Arab berbeda dibandingkan dengan negara-negara bagian timur tengah lainnya.

 

3/ Negara Andorra

Ini adalah sebuah negara kecil yang lokasinya diapit oleh negara Spanyol dan negara Prancis yaitu Andorra menjadi salah satu negara yang tidak menetapkan pajak penghasilan bagi warganya. Di samping pajak penghasilan, Andorra juga memberikan kebebasan terhadap pajak pertambahan nilai / PPN sehingga tidak mengherankan jika banyak wisatawan asing berkunjung ke Andorra hanya untuk berbelanja beragam barang seperti rokok, minuman keras, busana dan tas merk ternama hingga elektronik dengan harga yang terjangkau dan berkualitas. Andorra menjadi sangat terkenal dengan keberadaan wisata ski dan menyimpan keindahan alam yang menarik. Ini jugalah yang menjadikan salah satu dari sumber pendapatan negara. Meskipun demikian untuk menetap di Andorra tidaklah mudah karena membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun agar diberikan hak untuk menjadi penduduk Andorra.

 

4/ Kepulauan Bahama

Ini adalah salah satu negara yang lokasinya berada di kawasan Karibia, yaitu Kepulauan Bahama yang termasuk negara keempat tanpa pajak penghasilan. Tidak hanya pajak penghasilan, Bahama juga tidak memungut pajak dari pajak kekayaan ataupun badan usaha. Untuk sektor pariwisata dan offshore menjadi bagian utama Kepulauan Bahama dalam menghasilkan pendapatan negara yang menjadikan perekonomian mereka tetap stabil. Namun negara ini menerapkan biaya khusus untuk barang-barang impor, pajak property dan kontribusi asuransi nasional sebagai sumber pendapatan negara lainnya. Dimana ada syarat khusus yang wajib dipenuhi agar anda bisa tidak terkena pajak penghasilan di Bahama yaitu tempat tinggal. Warga asing sekalipun bisa memenuhi syarat tinggal di Bahama jika membayar annual residence permit / izin tinggal tahunan atau mendapatkan status penduduk permanen didasarkan atas pembelian real estate di wilayah Kepulauan Bahama.

 

5/ Kepulauan Cayman

Ini adalah negara kelima yang membebaskan warganya dari membayar pajak penghasilan khususnya untuk kelompok atas. Tidak mengherankan apabila biaya kehidupan sehari-hari di sini sangatlah tinggi. Meskipun demikian ada banyak warga asing yang tertarik untuk tinggal di negara ini namun terdapat beberapa syarat khusus agar bisa tinggal di Cayman yaitu harus melakukan investasi dalam jumlah besar dan tidak membutuhkan untuk mengganti kewarganegaraan. Untuk mendapatkan izin tempat tinggal secara permanen setidaknya harus memiliki penghasilan lebih besar dari USD 100.000 per tahun dan berinvestasi dalam bisnis lokal dan real estate.

Semoga bermanfaat.

Tags Android

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel