Kangen Road Trip, Icip Saja Makanan Khas Jawa Tengah Ini yang Tak Asing di Lidah Siapa Saja

11 Apr 2022 12:00 1667 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kangen Road Trip, Icip Saja Makanan Khas Jawa Tengah Ini Yang Tak Asing Di Lidah Siapa Saja  

Hampir tersebar di sepanjang Nusantara, yang namanya Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan kuliner yang jenisnya ada beragam. Seperti mie ongklok khas Wonosobo, tahu bakso dari Semarang atau ayam kalasan kebanggaan warga Sleman adalah beberapa jenis kuliner populer dari Jawa tengah yang legendaries dan sering diburu oleh turis asing yang sedang liburan ke Indonesia. Ini disebabkan karena rasa masakan ini yang enak dengan harga yang relative murah membuat banyak orang kangen untuk kembali mencicipinya berkali-kali. Di masa-masa yang penuh akan keterbatasan ini tentunya traveling tidak bisa dilakukan sebebas dahulu. Jadwal road trip anda ke Jawa tengah pun harus diundur untuk menemukan lain waktu yang tepat. Nah untuk melepas kangen, bisa digantikan dengan menghadirkan sederet pilihan makanan khas Jawa Tengah ini di meja makan anda di rumah.

1/ Asem-Asem Daging Semarang  

Semua pastilah setuju kalau masakan asem-asem daging adalah salah satu kuliner paling dicari ketika mampir ke Kota Semarang. Racikan kuah kaldu daging yang gurih dengan tambahan rasa asam dan manis serta panas sangat tepat dijadikan sebagai lauk untuk acara santap makan siang anda yang akan tampil istimewa. Cobalah membuat masakan ini di rumah, pastilah semua keluarga anda menyukainya.

2/ Mie Ongklok Wonosobo

Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang rasanya nikmat ini memang saat ini tak terlalu dikenal di Indonesia namun fungsinya bis ditiru yaitu menjadi solusi menu sarapan pagi untuk keluarga tercinta di rumah. Kata ongklok diambil dari tradisi setempat di Wonosobo yang merujuk kepada penggunaan keranjang mie yang terbuat dari bahan bambu. Dalam semangkok mie ongklok anda akan dimanjakan dengan kombinasi mie, tauge dan kol yang disiram dengan kuah gurih dengan potongan fillet daging ayam.

3/ Tahu Bakso Semarang

Sajian yang berupa kudapan ini memadukan tekstur serta rasa tahu dan bakso dalam sekali suap ke mulut. Tahu bakso Semarang dijamin akan bikin anda nambah makan menjadi 2 porsi. Hidangan khas warga Semarang ini kerap dijadikan teman saat lapar menjelang makan siang atau sebagai buah tangan ketika kebetulan sedang bepergian ke kota Semarang. Jenis tahu yang digunakan adalah tahu pong, tahu cokelat atau tahu Sumedang. Kemudian diberi tambahan isi dengan adonan bakso sapi yang sudah dibumbui. Sebelum menyantapnya, sajikan tahu bakso Semarang dengan saos sambal jawara extra hot yang bikin ketagihan.

4/ Garang Asem Jawa Tengah

Masakan ini adalah salah satu lauk yang digunakan untuk teman makan nasi untuk santap makan siang. Potongan ayam kampung yang dimasak dengan kuah santan encer dengan sensasi buah belimbing wuluh yang menyegarkan dan cabai rawit ditambahkan untuk memenuhi selera penyuka rasa pedas. Siapa yang tahan dengan godaan potongan ayam kampung berkuah kental dalam bungkusan daun pisang ini ? Kalau ingin membuat versi lebih praktis di rumah maka anda bisa mengukus garang asem dalam pinggan tahan panas yang dialasi daun pisang. Rasakan sensasi aroma dari daun dalam kuah garang asem.

5/ Sate Kambing Muda Tegal

Salah satu kuliner yang paling terkenal dari Tegal di Jawa tengah adalah sate kambing muda yang sangat disukai oleh wisatawan domestik dan turis asing yang berkunjung ke tempat ini karena dagingnya yang empuk, bumbu sate yang mudah lumer di mulut dan sambal kecapnya yang legit. Cobalah untuk memasaknya di rumah dan agar dagingnya empuk dengan sempurna maka sebelumnya rendam daging kambing dalam parutan nanas muda kemudian diamkan selama 10-15 menit sampai kenyal. Selanjutnya lumuri dengan bumbu sate yang dicampur dengan kecap manis. Cocok untuk selebrasi, sate kambing paling nikmat kalau dimakan bersama dengan ketupat atau lontong.

6/ Tongseng Boyolali

Diawali dari kota Boyolali, tongseng kemudian menjadi populer ke daerah Solo dan sekitar Jawa Tengah. Biasa dibuat dari daging kambing, tongseng memang paling pas bagi mereka yang menyukai hidangan daging bersantan.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel