Beberapa Langkah Ini Perlu Dilakukan Guna Menjaga Kelestarian Udara

8 Apr 2022 16:00 1261 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa Langkah Ini Perlu Dilakukan Guna Menjaga Kelestarian Udara

Yang dimaksudkan dengan udara adalah menjadi sumber kehidupan bagi mahkluk hidup yang mendiami bumi ini. Dengan tersedianya udara dalam jumlah yang mencukupi maka manusia atau mahkluk hidup yang lainnya bisa hidup dan melakukan aktivitas sehari-hari. Udara adalah hasil serangkaian proses pencampuran diantara gas yang terdapat pada bagian permukaan bumi ini. Secara fisik, udara tidak terlihat oleh pandangan anda, tidak berbau dan tidak mempunyai rasa. Kehadiran udara bisa dilihat dari adanya angin yang menggerakkan suatu benda atau pepohonan. Udara di sini menjadi salah satu jenis sumber daya alam karena mempunyai banyak fungsi bagi kelangsungan hidup mahkluk hidup di bumi ini

Seperti diketahui bahwa udara menyimpan banyak fungsi terhadap lingkungan hidup bagi kehiduapn pada umumnya. Fungsi utama contohnya adalah sebagai pernafasan untuk mahkluk hidup di dunia ini, Dimana jika tidak ada udara maka mahkluk hidup akan kesulitan untuk bernafas. Fungsi lainnya dari udara adalah sebagai alat fotosintesis tumbuhan dimana melalui proses fotosintesis ini akan melibatkan manfaat dari sinar matahari, klorofil dan juga manfaat uadara untuk bisa mensupali nutrisi yang dibutuhkan bagi tanaman bersangkutan. Apabila tanaman kesulitan melakukan proses fotosintesis maka pastilah banyak tanaman yang akan mati.  

Belakangan ini udara dimana-mana di belahan dunia ini dalam kondisi tercemar yang rentan menyakiti mahkluk hidup yang menghirupnya. Asap ada dimana-mana yang mengakibatkan udara menjadi tidak bersih (kotor). Beberapa faktor diketahui menyebabkan pencemaran udara yang terjadi di hampir sebagain wilayah Indonesia seperti di Cina. Adanya pembakaran hutan secara liar untuk tujuan pribadi atau sekelompom perusahaan dan pendirian pabrik-pabrik liar untuk melakukan pengindustrian, pengguna alat transportasi yang sering digunakan oleh manusia dan juga faktor penyebab terjadinya pencemaran ucara yang terjadi dari alam seperti gunung meletus dan area hutan yang mempunyai lahan gambut dan mudah terbakar. Sehingga anda perlu mempunyai cara yang dilakukan guna menjaga kelestarian hutan di sekekliling anda, dengan begitu udara akan terjaga kelestariannya dan berdampak bagus untuk lingkungan tempat anda tinggal. Berikut adalah beberapa cara menjaga kelestarian udara :

1/ Dengan menanam pohon di berbagai tempat

Yang pertama ini dilakukan adalah agar udara yang ada di lingkungan tempat anda tinggal menjadi lebih bersih dan tidak mudah tercemar. Udara yang betebaran pada lingkungan dimana tempat menanam pohon tersebut akan menjadi bersih karena tumbuhan tersebut bisa memproduksi oksigen sehingga udara menjadi bertambah bersih dan tidak mudah tercemar sehingga aman dihirup oleh mahkluk hidup di dalamnya dan diharapkan akan terhindar dari penyebab pemanasan global. Lakukan penanaman pohon ini sejak dini di tempat-tempat umum terkena polusi udara seperti kebakaran hutan yang menyebabkan munculnya asap.

2/ Mengurangi dan menghindari penggunaan gas-gas kimia

Yang kedua adalah mengurangi dan menghindari penggunaan gas-gas kimia yang sering digunakan oleh manusia terutama di daerah perkotaan seperti parfum bisa merusak dan mencemari udara. Pemakaian gas kimia tersebut bisa merusak lapisan di atmosfer bumi sehingga perlu dihindari dengan cara mengurangi penggunaan bahan gas kimia dalam kehidupan setaip hari. Gas kimia sangat berbahaya karena mudah menyusuti lapisan atmosfer dan ozon yang ada di bumi yang memiliki fungsi memfilter dan melindungi bumi dari sinar-sinar berbahaya yang berasal dari matahari.

3/ Mengurangi asap yang keluar dari kendaraan transportasi yang menghasilkan polusi

Yang ketiga bisa dilakukan karena jika terabaikan maka bisa merusak udara sekitar anda tinggal karena akan menghasilkan polusi dan bisa mencemari udara. Sangat dibutuhkan pengurangan pemakaian kendaraan berknalpot yang menjadi polutan udara dan mencemari udara di sekitar anda karena bisa menjadi penyebab pemanasan global yang akan merugikan seluruh mahkluk hidup di bumi ini.

4/ Bersepeda atau berjalan kaki

Denagn adanya kendaraan bermotor atau transportasi lainnya maka ini bisa membantu sekaligus memanjakan dan akan membuat udara sekitar menjadi tercemar seperti yang terjadi di kota-kota besar. Disarankan jika jarak tujuan yang ingin anda tempati tidak jauh janganlah menggunakan kendaraan berpolutan tersebut, usahakan berjalan kaki atau mengendarai sepeda karena dengan 2 hal tersebut udara tidak akan menjadi tercemar dan bersih.

5/ Mengurangi pemakaian bahan-bahan fosil

Langkah kelima ini dilakukan terutama yang berhubungan dengan bahan bakar fosil yang di dalamnya mengandung asap serta gas polutan lainnya dengan tujuan agar tidak mencemarkan lingkungan yang ada di kehidupan sehari-hari. Seperti halnya dengan langkah tersebut di atas maka polutan akan menjadi berkurang dan tidak akan mudah lagi mencemari udara di lingkungan anda.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel