Bagus untuk Kesehatan Jika Memilih yntuk Makan Bersama Keluarga

7 Apr 2022 16:00 897 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagus Untuk Kesehatan Jika Memilih Untuk Makan Bersama Keluarga

Perkembangan jiwa, otak dan tubuh akan menjadi sehat jika anda memilih untuk duduk bersama-sama untuk menikmati acara makan malam bersama. Ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian dimana memiliki kesempatan untuk dapat berbagai makanan bersama dengan anggota keluarga erat hubungannya dengan perilaku para remaja seperti mengurangi tingkat kekerasan, gangguan makan dan depresi, membantu meningkatkan rata-rata nilai di sekolah dan self esteem.

Makan malam bersama untuk anak-anak yang dimulai dan diselingi dengan acara percakapan di meja makan akan bisa meningkatkan kosa kata dibandingkan hanya memperolehnya dari membaca buku saja meskipun bukan berarti anda tidak lagi perlu membacakan buku buat anak-anak. Anak-anak anda akan dilatih untuk teratur makan bersama keluarga sehingga akan tumbuh menjadi remaja yang cenderung memiliki pola makan lebih sehat dan terhindar dari obesitas. Menurut pendapat Anne K. Fishel, Ph.D., penulis buku berjudul Home for Dinner : Mixing Food, Fun anda Conversation for a Happier Family and Healthier Kids menjelaskan bahwa ada beberapa alasan mengapa makan bersama keluarga itu sehat. Simak penjelasan kami tersebut di bawah ini.

1/ Bisa berbagi cerita keluarga

Anak-anak yang tahu cerita atau sejarah keluarganya akan menjadi lebih tangguh menjalani kehidupan dan merasa lebih baik dalam hal mental. Ceritakan masa kecil anda, pekerjaan pertama, hewan kesayangan dan kisah-kisah menarik anda yang lainnya.

2/ Tidak perlu setiap waktu makan dan setiap hari

Makan bersama dengan keluarga tidak harus selalu pada waktu makan malam saja melainkan bisa dilakukan ketika jam sarapan pagi, brunch di akhir pekan, menikmati camilan di malam hari atau bisa saja kombinasi semua itu.Pada intinya semua bisa menikmati suasana makan bersama, berbagai makanan dan ngobrol tentang hal-hal yang menyenangkan. Masing-masing orang boleh berbicara, mendengarkan dan didengarkan. Melalui momen ini tidak boleh ada yang sibuk sendiri dengan gadgetnya.

3/ Bermain-main dengan makanan

Ajaklah anak-anak anda bersama-sama menyiapkan makanan yang akan dinikmati nanti bersama-sama. Dimana diketahui bahwa memasak adalah aktivitas yang melibatkan semua indra dan tangan anda. Ini akan menjadi sangat penting untuk menstimulasi anak-anak yang lebih kecil. Disarankan untuk melibatkan mereka guna melakukan aktivitas memasak sesuai usia mereka.

4/ Mencoba aktivitas-aktivitas baru dan unjuk kebiasaan

Misalnya adalah kali ini anak-anak yang menata meja makan disesuaikan kreativitasnya atau memilihkan musik pengiring acara makan malam anda yang pas untuk suasana saat itu.

5/ Bisa dilakukan

Usahakan anda dan keluarga bisa melakukan kumpul bersama untuk acara makan malam bersama. Hanya perlu waktu yang sangat singkat yaitu paling lama satu jam. Tidak banyak bukan ?

6/ Baik untuk orang tua juga

Inilah waktu yang tepat bagi anda untuk dapat menikmati saat-saat yang menyenangkan dan suasana akan menjadi hangat, lepas dari segala kesibukan pekerjaan dan rutinitas yang melelahkan. Tinggalkan dulu segala urusan pekerjaan dan percayalah semua email dan pesan WA dari atasan atau kolega anda bisa menunggu.

7/ Semuanya menjadi terhubung

Di meja makan bisa terjadi banyak obrolan santai, pancing dengan banyak komentar dan pertanyaan-pertanyaan. Hargai apa pun yang disampaikan oleh anak anda. Ini juga menjadi saat yang tepat anak bisa melihat orangtuanya terhubung melalui penerapan komunikasi yang bagus dan saling menghargai.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel