Pengertian Dan Perkembangan Sistem Informasi Menurut Pendapat Para Ahli

5 Apr 2022 18:00 5035 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengertian Dan Perkembangan Sistem Informasi Menurut Pendapat Para Ahli

Yang dimaksud dengan sistem informasi adalah kombinasi dari perkembangan teknologi informasi yang berhubungan dengan aktivitas orang-orang di dalamnya yang memakai teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Sistem informasi dalam arti yang sangat luas sering digunakan untuk merujuk terhadap interaksi antara orang, proses algoritmik, data dan teknologi. Istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya yang berhubungan dengan penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saja melainkan juga untuk cara dimana orang-orang berinteraksi dengan teknologi dalam mendukung proses bisnis.

Definisi tersebut di atas menciptakan perbedaan yang jelas antara sistem informasi dan sistem ICT komputer dan proses bisnis. Sistem informasi di sini berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi yang biasanya terlihat seperti mempunyai komponen TIK. Ini berhubungan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi menjadi berbeda dengan proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.

Sistem Informasi Dan Perkembangannya

Pada tahun 1940 ketika perang dunia ke 2 meledak, sistem informasi digunakan oleh militer untuk pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen penting. Pengiriman dan penerimaan dokumen ini disimpan dalam bentuk magnetik tape.

Generasi Pertama (1945 s/d 1955)

Pada generasi ini belum dikenal adanya sistem operasi, dimana sistem komputer diberi instruksi yang wajib dikerjakan secara langsung.

Generasi Kedua (1955 s/d 1965)

Adalah batch processing system job yang dikumpulkan dalam satu rangkaian untuk selanjutnya dieksekusi secara berurutan. Sistem komputer di sini belum dilengkapi dengan sistem opearsi tetapi beberapa fungsi dasar sistem operasi telah ada misalnya saja FMS (fortran monitoring system) dan IBSYS dimana keduanya merupakan bagian yang fungsinya merupakan komponen sistem operasi.

Generasi Ketiga (1965 s/d 1980)

Dikembangkan dengan tujuan untuk melayani banyak pengguna secara online sehingga menuntut sistem komputer dapat digunakan secara :

  • Multiuser adalah komputer yang mempunyai resource bisa digunakan oleh banyak orang secara sekaligus.
  • Multi programming adalah komputer yang melayani banyak proses / job sekaligus pada waktu bersamaan yaitu dengan membagi / mempartisi memori menjadi beberapa bagian dengan satu bagian memori adalah satu job berbeda.
  • Time sharing varian dari multi programming yaitu tiap pemakai memiliki satu terminal online dengan pemroses hanya memberi layanan pada pemakai yang aktif secara bergantian secara cepat.
  • Spooling adalah membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus dan bisa diakses secara simultan yaitu dengan cara menyediakan beberapa partisi memori. Ketika terdapat permintaan layanan peripheral, langsung diterima dan data disimpan lebih dulu di memori yang telah disediakan (berupa antrian) kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral.

Generasi Keempat (1980 s/d 199x)

Sistem operasi yang tersedia bisa untuk melayani banyak mode yaitu mendukung batch processing, time sharing dan (soft) real time applications. Perkembangannya adalah dengan meningkatnya kemampuan komputer desktop (PC) dan teknologi jaringan (TCP/IP). Sepanjang tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, perusahaan raksasa multinasional banyak menyelesaikan pembangunan sistem informasi global mereka (GIS / global information system) namun masih terdapat beberapa hal lain yang wajib diselesaikan dalam rangka menyempurnakan sistem pengelolaan informasi berbasis komputer yang mendunia saat ini.

Sekitar awal tahun 2000-an, kurang lebih 2070 perusahaan multinasional akan didorong guna memperbaiki aplikasi sistem informasi dan bentukan arsitektur sistem informasi. Sistem yang pada mulanya dirancang untuk memberikan dukungan operasi yang tersentralisasi ataupun tidak akan ditingkatkan guna memampukan perusahaan induk dan cabangnya untuk beroperasi sebagai sebuah koordinat terhadap suatu sistem yang terintegrasi.

Semoga bermanfaat.

Tags Komputer

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel