Virus Corona Bisa Dicegah dengan Minuman Herbal dari Kayu Secang

5 Apr 2022 14:00 857 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Virus Corona Bisa Dicegah Dengan Minuman Herbal Dari Kayu Secang 

Virus corona bisa diatasi dengan memanfaatkan rempah-rempah atau empon-empon yang saat ini menjadi populer sebagai salah satu obat tradisional. Salah satu contohnya adalah kayu secang yang semakin banyak dicari. Kayu secang pada umumnya digunakan sebagai bahan untuk mencampur minuman wedang uwuh yaitu minuman khas dari Yogyakarta. Minuman dari bahan utama kayu secang ini akan menghasilkan warna merah secara alami dimana bagian yang dimanfaatkan adalah kayunya yang sudah berusia dewasa. Kayu secang mengandung beberapa senyawa seperti brazilin, alkaloid, brasilien, saponin, terpenoid, tanin dan antrakinon.

Khasiat Dari Kayu Secang Untuk Kebugaran Tubuh

Kayu secang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa khasiat yang bisa anda rasakan dengan rutin mengkonsumsi minuman herbal dari kayu secang.

1/ Anti Bakteri

Manfaat yang pertama adalah sebagai anti bakteri. Dimana diketahui bahwa wabah virus corona menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat di seluruh dunia. Nah dengan mengkonsumsi minuman herbal dari kayu secang ini akan membantu anda terhindar dari bakteri jahat. Efeknya adalah antibody menjadi lebih kuat untuk melawan virus corona.

2/ Meningkatkan imun tubuh dan sebagai anti radang

Yang kedua dalah membantu meningkatkan imun tubuh anda. Kayu secang bermanfaat sebagai antiradang yaitu meningkatkan imun tubuh, maka hal ini sangat dibutuhkan untuk menangkal virus penyebab penyakit termasuk virus corona.

3/ membantu menurunkan gula darah dan menjaga kesehatan hati

Kayu secang banyak mengandung senyawa yang bernama senyawa brazilin. Kandungan senyawa di dalam kayu secang ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan hati. Kandungan pada ekstrak kayu secang juga menjadikan metabolisme glukosa menjadi meningkat yang akan bisa membuat kadar gula darah menurun.

4/ Anti tumor

Kayu secang diketahui mempunyai banyak manfaat sebagai anti tumor. Untuk dapat membantu mengurangi perkembangan tumor, anda bisa mengkonsumsi minuman hangat yang terbuat dari kayu secang.

Resep Praktis Membuat Minuman Herbal Kayu Secang

Membutuhkan waktu persiapan memasak selama 10 menit, waktu memasak sekitar 15 menit, porsi 4 dengan kandungan kalori sebanyak 149 kcal.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman herbal :

  • Secukupnya batang kayu secang yang sudah diserut
  • 2 ruas jahe merah atau jahe putih
  • Gula aren secukupnya saja
  • 2 buah cengkeh
  • 4 gelas air
  • 1 batang kayu manis
  • 1 buah daun serai

Langkah membuat :

  1. Pertama adalah menyiapkan semua bahan. Silahkan mencuci bersih bahan-bahan yang sudah anda siapkan.
  2. Setelah itu geprek serai dan jahe. Lalu sisihkan.
  3. Sediakan panci berukuran kecil untuk membuat minuman herbal. Lalu masukkan bahan-bahan ke dalam panci seperti kayu manis, kayu secang, jahe dan serai yang sudah digeprek beserta cengkeh ke dalam panci.
  4. Tambahkan air sebanyak 4 gelas ke dalam panci. Rebus semua bahan dengan menggunakan api sedang.
  5. Jika terlihat airnya sudah panas maka silahkan anda masukkan serutan batang kayu secang yang telah disediakan. Aduk-aduk dengan perlahan.
  6. Masukkan gula eran ke dalam rebusan bahan sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk merata hingga gula menjadi larut.
  7. Rebus kembali hingga airnya mendidih. Matikan kompor lalu tunggu hingga menjadi hangat-hangat kuku. Saring dan tuang ke dalam gelas saji. Anda bisa menikmati minuman herbal ini secara rutin tiga kali sehari selama sakit.

Selamat mencoba.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel