Tubuh Membutuhkan Khasiat Sayuran Hijau untuk Tetap Sehat

5 Apr 2022 12:00 1564 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tubuh Membutuhkan Khasiat Sayuran Hijau Untuk Tetap Sehat

Salah satu jenis makanan yang mempunyai banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh adalah sayuran hijau. Sayur hijau bisa diperoleh dengan harga murah di pasar-pasar tradisional hingga supermarket dengan cara pengolahan yang sangat sederhana. Sehingga sayuran hijau menjadi pilihan tepat untuk menu makan sehari-hari. Dimana di dalam setiap lembaran sayuran hijau mengandung kalori yang sangat rendah sehingga aman untuk dijadikan menu diet. Juga, kandungan serat yang tinggi membuat perut menjadi mudah kenyang dan tidak cepat lapar sehingga dapat mencegah makan berlebihan. Berikut di bawah ini beberapa manfaat dari sayuran hijau untuk kesehatan tubuh yang bisa dikonsumsi setiap hari.

1/ Menurunkan berat badan

Sayuran hijau mengandung kalori yang sangat rendah sehingga cocok untuk mengatasi permasalahan berat badan berlebihan. Mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin adalah menjadi solusi tepat untuk menurunkan berat badan.

2/ Menjaga kesehatan mata

Sayur kale dan bayam merupakan 2 jenis sayuran hijau yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Di dalamnya terdapat zat lutein dan zeaxanthin yang mampu mengurangi resiko degenerasi makula karena bertambahnya usia dan katarak.

3/ Mencegah rheumatoid arthritis

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale dan bok choy ampuh untuk menurunkan resiko penyakit rheumatoid arthritis. Karena sayuran ini memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin K yang berfungsi menangkal radikal bebas sebagai penyebab peradangan di dalam tubuh termasuk radang sendi.

4/ Menurunkan kolesterol jahat

Sayuran hijau seperti avokad, zaitun, kacang hijau, anggur dan jenis sayuran hijau lainnya berfungsi untuk mengontrol kolesterol yang menumpuk pada bagian dinding arteri yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. Sayuran hijau dan juga buah-uahan serba hijau mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan serat yang berfungsi membantu menurunkan kolesterol.

5/ Meredakan stres

Riset telah membuktikan apabila sayuran hijau ampuh untuk meredakan stres. Contohnya adalah sayur bayam dan asparagus yang mengandung folat dan dopamin. Kekurangan asupan sayuran hijau dapat menyebabkan stres.

6/ Mencegah kanker

Riset mencatat jika diet dengan sayuran hijau ampuh membantu menangkal kanker. Sayuran hijau banyak mengandung fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid dan flavonoid yang bisa membantu mengatasi kanker perut, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker payudara. Khusus untuk kandungan fitonutrien sendiri terdapat pada bayam, kale dan sayuran hijau lainnya.

7/ Kulit menjadi awet muda

Di dalam sayuran hijau banyak ada kandungan vitamin A, vitamin C dan zinc yang bisa difungsikan untuk membantu kulit tetap cantik, sehat dan awet muda. Sayuran hijau yang dimaksudkan adalah brokoli. Di dalamnya ada kandungan lutein dan zeaxanthin memegang peranan penting sebagai antioksidan sehingga membuat kulit terlindungi dari radikal bebas yang menyebabkan kulit menjadi kering dan mudah keriput.

8/ Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Dengan kandungan serat dalam jumlah besar menyebabkan proses buang air besar akan menjadi lebih lancar dan kesehatan pada saluran pencernaan lebih terjaga kesehatannya. Tidak ada salahnya untuk selalu mengkonsumsi secara rutin setiap hari beragam sayuran hijau bagi yang sedang bermasalah dengan pencernaan.

9/ Meningkatkan fungsi otak

Di dalam sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, kubis, asparagus, bayam dan kale mempunyai kandungan yang kaya akan folat yaitu vitamin B9. Folat berfungsi untuk mencegah menurunnya kognitif yang erathubungannya dengan usia, meningkatkan konsentrasi dan juga fungsi otak.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel