Masakan Lezat dengan Rasa Gurih dari Kacang Mete

4 Apr 2022 15:10 1845 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Masakan Lezat Dengan Rasa Gurih Dari Kacang Mete

Apakah anda adalah penyuka kacang mete ? Kacang mete adalah salah satu camilan lezat yang rasanya gurih, asin, agak manis dan renyah. Inilah yang menyebabkan kacang yang satu ini banyak disukai oleh orang. Kacang mete menawarkan sensasi rasa yang tidak hanya lezat untuk dimanfaatkan sebagai beragam jenis camilan juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi anda yang rutin mengkonsumsinya setiap hari. Kacang mete populer dengan sebutan kacang mente atau kacang mede. Sebenarnya bukanlah termasuk ke dalam kelompok kacang-kacangan melainkan biji dari buah jambu mete atau dikenal dengan nama buah jambu monyet yang memiliki nama latin anacardium occidentale. Buah ini bukan termasuk ke dalam kelompok jambu-jambuan melainkan berkerabat dekat dengan buah mangga.

Buah jambu mete berbentuk seperti lonceng yang berwarna cerah ketika sudah matang di pohon. Memiliki rata-rata panjang sekitar 5 cm dan ujung buahnya berbentuk kacang yang runcing melengkung. Nah ujung buah yang runcing melengkung inilah yang selanjutnya dikenal sebagai biji dan sering diolah menjadi kacang mete. Apabila sudah matang, biji akan dipisahkan dari buah yang kemudian dikeringkan. Selanjutnya anda bisa memanggang atau menggoreng kacang mete yang menjadi berbagai macam panganan, nantinya bisa dimakan begitu saja atau dijadikan bahan campuran cokelat, kue, sambal dan makanan lainnya.

Kacang mete banyak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Kandungan keduanya ini ampuh membantu anda menurunkan kadar kolesterol jahat / LDL dan trigliserida yang realtif rendah ampuh untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, stroke dan serangan jantung. Kandungan yang lainnya adalah vitamin dan mineral seperti kalium, vitamin E, vitamin B6 dan asam folat dapat membantu tubuh dalam melawan penyakit jantung. Ini sudah didukung oleh penelitian kesehatan yang dilakukan oleh British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa orang-orang yang makan kacang lebih dari empat kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko jantung koroner. Penurunan risiko tersebut bisa mencapai sekitar 37% dibandingkan mereka yang tidak pernah atau jarang mengkonsumsi kacang-kacangan.

Resep Praktis Membuat Sambal Kacang Mete

Bahan-bahan yang disediakan :

  • 100 gram kacang mete digoreng garing
  • 150 ml minyak sayur
  • 200 gram cabai merah besar potong-potong
  • 100 gram bawang merah
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 8 siung bawang putih
  • 2 buah tomat merah potong-potong
  • 2 sdt terasi bakar
  • 1 ½ sdt garam
  • Penyedap rasa secukupnya saja (micin)
  • 2 sdt gula merah sisir
  • 6 buah jeruk limau ambil airnya

Cara memasaknya :

Cincang kasar kacang mete goreng. Sisihkan. Panaskan minyak untuk menumis bahan-bahan seperti canai, bawang, tomat dan terasi hingga layu. Angkat dan tiriskan. Masukkan semua bahan yang sudah digoreng tersebut, micin dan garam lalu gula ke dalam food processor. Proses hingga halus. Masak kembali bersama dengan minyak sisa menumis tadi. Masukkan kacang cincang ke dalamnya lalu aduk-aduk rata. Kucuri dengan air jeruk limau dan aduk rata sekali lagi. Angkat. Segera masukkan ke dalam wadah steril dan tutup rapat. Untuk 350 gram.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel