Cara Tepat untuk Memilih Vinyl Lantai yang Serasi

4 Apr 2022 13:10 455 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara Tepat Untuk Memilih Vinyl Lantai Yang Serasi

Apakah anda ingin memiliki rumah dengan lantai menggunakan vinyl ? Sebelum mengganti lantai anda dengan vinyl maka pastikan anda mengetahui beberapa tips memilih vinyl lantai rumah yang perlu untuk diperhatikan secara terfokus. Saat ini lantai vinyl menjadi pilihan banyak orang untuk bisa memberikan nuansa hangat dan tampil natural, dimana sebelum memutuskan untuk membeli vinyl sebagai lantai atau alas rumah anda maka anda perlu memastikan beberapa hal terlebih dahulu yaitu mulai dari estetika, kenyamanan hingga fungsinya. Semua harus diperhatikan dengan teliti agar nantinya tidak salah memilih karena jika salah memilih bisa berpengaruh pada daya tahan hingga kenyamanan anda tinggal di dalam rumah. Maka dari itu perhatikan beberapa tips untuk memilih vinyl lantai rumah yang tepat tersebut di bawah ini.

1/ Sesuaikan dengan anggaran rumah tangga

Yang pertama perlu anda perhatikan adalah pikirkan mengenai anggran rumah tangga yang tidak memberatkan anda. Pastikan anda memilih alternatif vinyl yang tidak memberatkan budget dan hal-hal yang berhubungan seperti mulai dari vinyl yang ditambahkan perekat dan ada juga yang tidak perlu menggunakan perekat tambahan. Juga dapat mempertimbangkan apakah lantai vinyl dipasang oleh anda sendiri atau melalui jasa kontraktor. Disarankan untuk menggunakan vinyl flooring yang menggunakan budget tidak terlalu besar.

2/ Pilihlah desain sesuai selera dan preferensi

Tips untuk memilih vinyl yang kedua adalah gunakan desain sesuai selera dan preferensi. Contohnya adalah vinyl flooring yang memiliki kelebihan yaitu mempunyai banyak desain untuk pilihan. Desain yang ditawarkan meliputi opsi warna, model, tekstur hingga corak dari masing-masing lembaran vinyl. Agar proses pemilihan desain vinyl untuk hunian anda tepat mulailah dari merancang style dekorasi yang anda sukai karena pemilih lantai vinyl bisa mentransformasi keseluruhan suasana ruangan. Misalnya saja vinyl dengan warna gelap akan menyerap lebih banyak cahaya dan membuat ruangan tampak lebih hangat. Sedangkan vinyl berwarna terang akan merefleksikan cahaya dan membuat kesan ruangan menjadi lebih luas.

3/ Pilihlah ketebalan vinyl yang sesuai dengan kebutuhan anda

Yang ketiga adalah pilihlah ketebalan vinyl yang sesuai dengan kebutuhan anda dimana ketebalan vinyl yang populer saat ini yang tersedia adalah mulai dari ukuran 5 mm. Alasan yang mendasarinya adalah karena vinyl dengan ketebalan rata-rata 5 mm cukup terasa nyaman untuk dipijak. Pastikan kalau alas lantainya sudah benar-benar rata agar permukaan yang dihasilkan nantinya terlihat bagus dan rapi.

4/ Memperhatikan cara perawatannya

Yang keempat perlu anda perhatikan adalah cara perawatannya. Ada satu keuntungan yang bisa anda peroleh dari menggunakan lantai vinyl yaitu durabilitynya yang tinggi. Perhatikan cara memaintenance lantai vinyl rumah anda. Pilih dari jenis yang tidak sulit dalam hal perawatan yaitu anda hanya perlu rajin menyapu dan sesekali mengepel untuk memastikan kebersihan lantai selalu terjaga dan sebaiknya meminimalisasi kegiatan memindahkan furniture yang berat karena beresiko merusak lantai vinyl anda.

5/ Sesuaikan dengan suasana yang ingin diciptakan dalam ruangan

Tips yang terakhir adalah  sesuaikan dengan suasana yang ingin anda ciptakan di dalam rumah. Ada 3 elemen dasar yang harus anda perhatikan saat mendesain ruangan yaitu lantai, dinding dan langit-langit, ketiganya dapat mempengaruhi pesona ruangan yang ingin anda tampilkan. Anda juga bisa bereksperimen dengan warna pilihan, pattern hingga tekstur lantai vinyl yang anda pilih.

Semoga bermanfaat.

 

 

About The Author

Utamii 49
Ordinary

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel