Teknologi Pendukung untuk Meningkatkan Customer Experience

2 Mar 2022 09:10 933 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pelayanan pelanggan yang maksimal adalah impian setiap pemilik bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih mendapatkan kepuasan pelanggan menjadi lebih mudah. Anda hanya harus menentukan produk teknologi apa yang cocok dengan bisnis anda.

Memasuki era baru yaitu era digital seperti sekarang ini, pemanfaatan teknologi sebagai sarana pendukung dalam meningkatkan pelayanan pelanggan menjadi hal yang sangat lumrah.

Tren bisnis digital menjadikan customer memiliki standar baru dalam menilai setiap pelayanan yang di berikan oleh pemilik sebuah bisnis online. Review dari mereka akan sangat mempengaruhi jalanya sebuah bisnis.

Kita sering di perlihatkan kasus pelayanan pelanggan yang buruk kemudian menjadi berita yang viral dan di tonton jutaan orang, tentu saja peristiwa seperti ini menjadi kerugian bagi para pelaku usaha dan jika tidak di tangani dengan baik hal ini bisa terulang lagi kedepanya yang berujung pada berhentinya customer menggunakan produk atau layanan anda.

Anda tentu mengenal istilah “pembeli adalah raja” sebuah ungkapan klasik tetapi akan terus relevan sampai kapanpun karena pada dasarnya pelanggan adalah nafas dari bergeraknya sebuah bisnis.

Lalu bagaimana caranya mengikat pelanggan untuk tetap setia menggunakan produk-produk anda? Selain menjaga kualitas produk memberikan pelayanan yang prima adalah jawabanya.

 

Teknologi Pendukung Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Masalah yang umum terjadi di dunia usaha adalah, pemilik bisnis ingin memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap pelangganya tetapi karena keterbatasan tenaga manusia yang di milikinya maka hal ini menjadi sulit untuk di realisasikan.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk membantu memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Pengembangan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan customer service sudah mengalami peningkatan yang sangat jauh jika di bandingkan dengan sepuluh atau lima belas tahun lalu.

2 Tools Populer Yang di Gunakan Para Pebisnis Online Saat ini

  1. Chatbot

Chatbot sudah cukup popular di Indonesia sebagai salah satu teknologi pendukung yang mampu membantu melayani pelanggan dengan baik. Dengan teknologi artifial inteligence chatbot sudah mampu berkomunikasi seperti halnya manusia.

Sekarang ini chatbot tidak hanya dirancang berbahasa inggris saja tetapi chatbot Indonesia sudah marak di gunakan oleh para pebisnis online. Investasi yang tidak terlalu besar dan kemampuanya yang mumpuni membuat chatbot semakin di gemari untuk membangun customer experience yang memuaskan.

Chatbot bisa di integrasikan kedalam platform sosial media seperti Facebook, Whatsapp mapun telegram.

  1. Voicebot

Kepopuleran voicebot juga tidak kalah dengan chatbot, jika dulu hanya perusahaan besar saja yang menggunakan bot cerdas ini, saat ini voicebot sudah umum di gunakan.

Hampir semua perusahaan telekomunikasi terkemuka yang ada di Indonesia sudah memiliki voicebot dalam sistem layanan mereka.

Jika anda juga bergerak dalam industri jasa maka software ini akan sangat berguna untuk melayani pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan.

Voicebot sangat mudah untuk di instal dalam berbagai macam perangkat dan memiliki biaya perawatan yang cukup murah.

 

Keuntungan Mengggunakan Tools

Efektifitas penggunaan waktu bekerja adalah isu yang umum di setiap badan usaha. Para pemilik usaha mengeluhakan banyaknya waktu yang terambil hanya untuk melayani seorang customer saja.

Perlu di pahami bahwa setiap customer memiliki karakteristik tersendiri sehingga energi dan waktu yang digunakan untuk melayaninya tidaklah sama.

Dengan memanfaatkan teknologi hal ini bisa di atasi dengan baik dan tenaga karyawan yang ada bisa lebih memfokuskan diri untuk mengerjakan tugas tugas lain.

Berikut ini adalah 3 manfaat utama yang bisa di dapatkan dengan memanfaatkan tool-tool canggih di unit customer service anda.

  1. Pelayanan 24 jam Non Stop

Software tidak membutuhkan istirahat seperti halnya manusia, mereka bisa melayani customer anda kapanpun di butuhkan. Tidak peduli apakah customer bertanya pada jam 1 pagi atau jam 5 sore akan dapat di layani dengan maksimal.

  1. Bebas dari Human Error

Tidak seperti manuasia yang memiliki sifat pelupa software akan mengerjakan tugas dengan akurat sesuai dengan perintah yang di berikan.

Sudah bukan rahasia lagi jika human error terkadang bisa memakan biaya atau menimbulkan kerugian, contohnya ; kesalahan pencataan pembelian, kesalahan pengiriman dan masih banyak lagi yang lainya.

  1. ROI yang Cukup Besar

Investasi awal  untuk membangun bot bot cerdas ini tidaklah besar jika di bandingkan dengan manfaat yang akan di dapatkan oleh pemilik usaha.

Tidak seperti halnya manusia yang membuthkan training khusus untuk melakukan pekerjaanya, software ini tidak membutuhkanya, berkat kecanggihan teknologi artificial intelligence yang di milikinya.

Software juga tidak membutuhkan penggajian atau pemberian tunjangan setiap bulanya, hanya perlu di lakukan perawatan secukupnya. Sekali terinstal di dalam sistem customer service anda tool cerdas ini siap menjalankan tugasnya.

 

Kesimpulan

Dengan memanfaatkan teknologi secara cerdas maka rencana besar anda untuk meningkatkan customer experiece menjadi semakin mudah. Teknologi sudah tidak bisa lagi di pandang sebelah mata, hampir setiap orang  menggenggam smartphone di tangan mereka. Kecepatan pelayanan menjadi semakin di butuhkan.

Customer menjadi sangat sensitif dengan pelayanan yang di berikan setiap kali mereka melakukan transaksi pembelian produk, sedikit saja cacat pelayanan yang mereka terima maka kemungkinan mereka akan berpindah menggunakan produk lain menjadi semakin besar, maka dari itu manfaatkanlah teknologi ini dengan sebaik-baiknya untuk mendukung bisnis anda.

Tags

About The Author

Khairul 16
Novice

Khairul

saya adalah seorang yang sangat senang menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel