Jenis jenis Kulit Wajah

16 Apr 2021 12:57 1229 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Sebelum anda menggunakan produk skin care tertentu, sebaiknya anda  mengenali jenis kulit wajah yang dimiliki. Jangan sampai salah memberi perawatan karena justru akan merusak kulit wajah, anda  tentunya tidak mau hal ini terjadi bukan.

Kulit wajah yang sehat, bersih dan bercahaya adalah hal yang di impikan oleh semua orang. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan sehat anda  perlu mengenali jenis jenis kulit wajah, karena dengan mengenali karakteristik kulit, menjadi memahami bagaimana cara memperlakukan kulit wajah yang di miliki.

Jangan sampai salah memberi perawatan karena justru akan merusak kulit wajah, anda  tentunya tidak mau hal ini terjadi bukan.

Kondisi kesehatan kulit yang dimiliki oleh setiap orang akan di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor lingkungan seperti polusi udara, debu, sinar matahari dan tentunya juga faktor genetik.

Kebiasaan atau pola hidup juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan seperti merokok, sering begadang dan minuman beralkohol.

Sebelum anda menggunakan produk skin care tertentu, sebaiknya anda  mengenali jenis kulit wajah yang dimiliki.

Berikut adalah jenis-jenis kulit wajah yang perlu anda ketahui :

1. Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit wajah sensitif sangat mudah terpengaruh terhadap lingkungan yang tidak sehat, seperti terpapar sinar matahari terlalu lama atau makanan-makanan tertentu. Anda harus lebih berhati hati jika memiliki kulit wajah yang sensitif.

2. Kulit Wajah Berminyak

Jenis kulit wajah ini memiliki pori-pori kulit yang besar, mudah kusam, berjerawat dan komedo. Hal ini terjadi karena kulit wajah ini terlalu banyak menghasilkan sebum, apa itu sebum? sebum merupakan minyak alami yang memiliki fungsi untuk melapisi rambut maupun kulit.

Sebum memiliki sifat memberikan kelembaban alami terhadap kulit, tetapi jika terlalu banyak akan menimbulkan masalah kulit wajah seperti jerawat. Kulit wajah yang kotor dan minyak akan menyumbat pori-pori wajah dan memicu jerawat.

3.Kulit Wajah Kering

Ada beberapa penyebab kulit wajah menjadi kering, faktor penyebab yang dominan adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan, efek samping dari produk kosmetik, pembersih muka, serum maupun obat-obatan.

4. Kulit Wajah Kombinasi

Kulit wajah kombinasi merupakan jenis kulit yang paling umum,kulit wajah ini memiliki area area tententu yang lebih berminyak, misal dahi, hidung maupun dagu. Daerah kering umumnya ada di mata dan mulut.

Masalah jerawat atau komedo juga umum terjadi pada pemiliki kulit wajah ini. Jika anda memiliki jenis kulit sperti ini maka sebaiknya berhati-hatilah dalam menggunakan skin care, karena ada bagian bagaian tertentu yang tidak otomatis cocok dengan skin care tersebut.

 

Cara Merawat Kulit Wajah Sesuai dengan Jenisnya

Dari pembahasan di atas sekarang anda sudah mengetahui jenis jenis kulit wajah, sekarang saatnya  anda mempelajari bagaimana cara merawat kulit wajah yang di miliki dengan cara yang tepat.

Cara terbaik untuk membersihkan wajah adalah dengan menggunakan bahan bahan yang bersifat alami. Jangan terpesona dengan iklah skin care yang menawarkan wajah cerah dengan instan. Karena bisa saja kulit anda tidak cocok dengan bahan bahan yang ada di skin care tersebut.

Kebutuhan yang berbeda dari tiap jenis kulit wajah membuat anda harus cermat dalam melakukan langkah perwatan dan perlakuan yang harus anda berikan kepada kulit wajah anda.

Jikalaupun anda memilih produk skin care tertentu anda harus memahami dengan seksama apakah produk tersebut memiliki efek negatif terhadap kulit anda. Bacalah review tentang produk yang ingin anda gunakan.

Karena salah menggunakan produk atau ketidak cocockan terhadap skin care tertentu, bisa mengakibatkan kulit anda mengalami masalah seperti jerawat, kulit tiba tiba menjadi kering dan lain sebagainya.

Berikut adalah tips yang anda bisa terpakan untuk merawat kulit wajah sesuai dengan jenis kulit yang anda miliki :

  1. Perawatan Kulit Kombinasi

Produk yang mengandung benzoil peroksida sangat cocok di gunakan untuk merawat kulit jenis ini, kandungan ini efektif untuk menjaga kulit tetap bersih dari jerawat.

Untuk perawatan yang bersifat ringan, anda bisa menggunkan air hangat, dan usapkan lap yang lembut ke wajah.

  1. Kulit Wajah Sensitif

Merawat kulit wajah sensitive membutuhkan kecermatan dan kehatia-hatian yang khusus, berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda gunakan untuk merawat kulit sensitive :

  • Membiasakan menggunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF sekitar 30
  • Rutin menggunkan pelembab agar kulit tidak kering
  • Menggunkan pembersih yang mengandung alcohol dan wewangian
  1. Kulit Wajah Berminyak

kondisi kulit yang berminyak juga membutuh kan perhatian dan perawatan khusus yang bisa anda lakukan. Kondisi kulit ini sangat mudah kusam dan gampang sekali berjerawat.

Kondisi kulit berminyak bisa diatasi dengan rajin menggunakan toner maupun cleanser.

Minyak alami yang keluar dari wajah sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit wajh dan membuat kulit wajah tetap sehat.

Tetapi hal ini akan menjadi sebuah masalah ketika minyak yang keluar dari wajah terlalu berlebihan.

Wajah dengan jenis kulit berminyak biasanya mudah kusam dan gampang sekali terkena jerawat.

  1. Kulit Wajah Kering

Minyak alami yang di hasilkan oleh wajah dinamakan sebum, untuk kasus kulit kering yang terjadi adalah kulit wajah tidak menghasilkan sebum.

Beberapa hal yang menyebabkan kulit menjadi kering adalah sebagai berikut ;

  • Terlalu banyak terpapar sinar matahari langsung
  • Memliki kebiasaan merokok
  • PH yang tidak seimbang dan lain sebgainya

Beberapa Langkah Yang Bisa Di Lakukan Untuk Mencegah Kulit Kering Adalah Sebagai Berikut ;

  • Berhenti merokok
  • Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya jika ingin melakukan kegiatan di luar rumah
  • Mengusapkan air hangat ke muka anda dan uapkan handuk lembut ke permukaan muka

 

Penutup

Telaten merawat kulit wajah memang bukan hal yang tanpa tantangan, rasa malas adalah hal yang sering terjadi, hal ini tidak boleh di turuti karena anda tidak akan memiliki kulit yang sehat dan cerah jika mengatasi rasa malas saja tidak bisa.

Hal tambahan yang bisa anda lakukan juga adalah menjadwalkan diri untuk berkonsultasi dengan dermatology untuk mengecek kesehatan kulit yang anda miliki hal ini tentu saja tidak wajib tetapi jika anda memiliki keraguan keraguan pada hal tertentu anda bisa langsung berkonsultasi dengan ahlinya.

Tags

About The Author

Khairul 16
Novice

Khairul

saya adalah seorang yang sangat senang menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel