Mengetahui Sistem Peredaran Aliran Darah pada Tubuh Manusia

7 Mar 2022 19:00 729 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengetahui Sistem Peredaran Aliran Darah Pada Tubuh Manusia

 

Berat tubuh seseorang atau ukuran badannya menjadi faktor penentu banyaknya darah seseorang yang mengalir di dalamnya. Dimana diketahui bahwa semua mahluk hidup di bumi ini memerlukan darah guna mempertahankan kesehatan. Pada kenyataannya, komposisi darah atau susunan di dalamnya bisa mencerminkan tingkat kesehatan seseorang. Maka dari itu pemeriksaan darah merupakan salah satu hal terpenting dilakukan erat hubungannya dengan rangkaian pemeriksaan kesehatan seseorang. Hasil pemeriksaan tersebut mencerminkan kondisi banyak hal tentang kondisi kesehatan seseorang. Karena diketahui bahwa darah merupakan suatu jaringan yang terdiri dari beragam jenis sel dan cairan. Darah memiliki banyak fungsi penting pada masing-masing aktivitas tubuhnya. Fungsi yang dimaksudkan hampir mirip dengan sistem lalu lintas di kota dimana anda tinggal. Darah memasok bahan-bahan yang dibutuhkan oleh sel-sel yang bekerja sama guna membangun tubuh. Tubuh akan tersusun dari berjuta-juta sel dan masing-masing sel ibarat pabrik-pabrik kecil yang harus mendapatkan pasokan dengan zat kimia tertentu dan mengeluarkan zat sisa yang harus dibuang.

Peredaran Darah Dan Definisinya

Yang dimaksud dengan peredaran darah merupakan serangkaian proses penting yang terjadi di dalam tubuh dalam tujuannya memenuhi kebutuhan oksigen tubuh. Melalui peredaran darah maka tubuh mendapatkan zat-zat yang diperlukan serta membuang atau melenyapkan zat-zat yang dibutuhkan tubuh agar tidak mengancam kesehatan tubuh. Peredaran darah membantu mengatur suhu tubuh untuk selanjutnya mendistribusikan hormon pada organ-organ yang membutuhkannya.

Organ jantung di dalam tubuh membantu peredaran darah berjalan dengan baik. Jantung akan berdenyut guna memompa darah ke seluruh bagian tubuh dimana normalnya denyut jantung pada orang dewasa adalah sekitar 72 denyut per menit. Denyutan ini selanjutnya akan melemah seiring dengan bertambahnya usia terutama ketika seseorang dalam keadaan tidur. Peredaran darah terdiri dari pembuluh darah, sejumlah otot yang membantu berjalannya darah, jantung serta darah itu sendiri. Darah akan mengalir menjauh dari jantung untuk selanjutnya menuju ke seluruh bagian tubuh.

Peredaran Darah Dan Urutannya Pada Manusia

Dikenal ada beberapa urutan peredaran darah pada manusia, diantaranya adalah sebagai berikut :

1/ Peredaran Darah kecil

Peredaran darah kecil adalah peredaran darah yang memiliki rute dari paru-paru menuju ke jantung. Darah yang mengandung karbondioksida akan dikeluarkan oleh jantung sebelah kanan yaitu bilik kanan pada arteri pulmonalis, darah yang di dalamnya mengandung karbondiokasia ini akan mengalir pada pembuluh ini hingga tiba di bagian paru-paru untuk selanjutnya paru-paru akan mengeluarkan karbondioksida dan menghirup kembali udara yang mengandung oksigen.

Oksigen akan dihirup oleh paru-paru hingga jumlah yang maksimal lalu darah yang mengandung oksigen tersebut akan diikat oleh darah untuk dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonari guna memasuki serambi kiri hingga ke bilik kiri. Peredaran darah kecil merupakan peredaran darah dalam rute pendek. Dimana proses ini merupakan proses penting yang umum terjadi di dalam tubuh.

2/ Peredaran Darah Besar

Peredaran darah besar adalah peredaran darah yang sifatnya kompleks. Peredaran darah ini dimulai dari bilik kiri yang mengalirkan darah menuju bagian oarta lalu oarta akan menerima darah yang mengandung oksigen dan mengalirkannya pada arteri yang selanjutnya akan mengalirkannya ke seluruh tubuh sehingga darah bisa memasuki pembuluh vena dan mengangkut darah yang mengandung karbondioksida. Darah yang mengandung karbondioksida dialirkan menuju ke pembuluh vena diantaranya akan melewati vena remur, vena renal, vena portal hepar yang selanjutnya akan tembus ke hati.

Dari bagian hati, darah selanjutnya akan dialirkan ke vena hepar, vena ini merupakan pembuluh vena yang memiliki fungsi yaitu membawa darah yang mengandung karbondioksida dari bagian bawah tubuh manusia menuju ke bagian atas darah untuk selanjutnya dialirkan oleh vena subklavika dan vena jagulum. Kedua vena ini akan bertemu di satu vena terakhir yaitu vena cava guna memulai memasuki jantung sebelah kanan yaitu serambi kanan dan bilik kanan.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel