Hal yang Berhubungan dengan Masker Premium

16 Mar 2022 15:50 930 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Hal Yang Berhubungan Dengan Masker Premium

Saat ini pengaplikasian masker kain menjadi sesuatu yang tak hanya penting untuk diperhatikan tetapi juga ekspresif. Bahkan masker biasa seakan-akan tak cukup lagi sebagai luapan ekspresi tampilan, ragam masker premium berhiaskan payet dan bordir mulai membanjiri pasar. Masker premium menjadi semakin menarik, namun jangan lupa untuk mencucinya setelah digunakan dilakukan dengan sangat berhati-hati. Menurut pendapat seorang produksi masker premium di masa pandemi ini, Hian Tjen, menyarankan agar anda mencuci masker premium dengan menggunakan sistem dry clean (laundry). Tetapi mungkin biaya yang dikeluarkan agar mahal. Nah tersebut di bawah ini kami berikan beberapa tips merawat masker premium yang mudah dan murah untuk anda. Simak penjelasannya di sini.

1/ Rendam masker di dalam air dengan detergent yang beraroma soft

Hindari memasukkan masker premium anda ke dalam mesin cuci, karena ini mengakibatkan munculnya kerutan pada benang bordir atau parahnya payetan pada masker anda bisa terlepas. Cukup rendam masker premium anda di dalam air bersih yang telah diberi secukupnya bubuk detergent beraroma soft. Pastikan detergent yang anda pilih tidak membuat warna luntur. Setelah sekitar 30 menit direndam, anda gosok perlahan-lahan dengan tangan dan pastikan seluruh bagian masker telah terkena air detergent agar virus dan bakteri yang menempel mati.

2/ Dilanjutkan dengan bilas memakai air bersih

Setelah selesai merendam dan menggosok masker maka langkah kedua adalah membilas masker anda di bawah air yang mengalir dalam suhu ruangan. Ini tujuannya untuk memastikan tidak ada lagi sisa detergent yang menempel di masker. Hati-hatilah bila masker anda dilengkapi dengan kawat ataupun pembentuk struktur area hidung. Jangan peras masker premium anda karena ini bisa membuat aksen bordir menjadi bergelombang dan payet yang ada pun bisa terlepas dengan mudah.

3/ Jemur

Selanjutnya masker anda bisa dijemur. Jemurlah masker premium anda di area dengan sirkulasi udara yang baik atau tidak dijemur secara langsung di bawah matahari. Sinar matahari yang terik bisa membuat beberapa jenis pewarna mudah pudar terutama pewarna yang digunakan pada payet masker premium anda. Usahakan masker dijemur dalam kondisi rata, jangan digantung pada bagian karet pengait karena mengakibatkan karet mudah kehilangan elastisitasnya.
 
4/ Seterika atau masukkan ke mesin UV

Setelah kering maka masker diseterika (khusus untuk masker premium anda yang berbentuk persegi rata) tetapi bila masker anda berbentuk mengikuti kontur wajah atau dilengkapi dengan payetan, maka menyetrika masker premium tidak disarankan. Menyetrika akan menyebabkan masker terlihat rapi, juga bisa membunuh sisa bakteri yang menempel, nah ada alternatif lainnya yaitu dengan memasukkan ke mesin sterilisasi ultra violet. Ini adalah mesin yang hanya membunuh bakteri bukan membunuh virus, jadi pastikan masker yang anda masukkan sudah dicuci bersih dengan air detergent.

5/ Simpan kembali

Setelah selesai diseterika atau disinar UV, anda bisa menyimpan kembali masker ke dalam wadah tertutup yang dibungkus dengan kertas tisu agar payet tidak saling menempel dan tetap steril hingga saatnya danti digunakan kembali.

Cara Membuat Masker Premium Di Rumah

Pemakaian masker dari kain justru menjadi semakin sering digunakan oleh masyarakat saat PSBB mulai dilonggarkan seperti saat ini karena masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas secara normal di ruang-ruang umum yang banyak ada orang. Mereka tetap menomor satukan kesehatan namun tetap saja image atau penampilan anda di ruang publik seharusnya juga diperhatikan. Salah satu upaya untuk tetap tampil gaya di tengah pandemi yang sepenuhnya belum berlalu ini adalah dengan mengenakan masker premium. Seperti namanya yaitu masker kain yang biasanya diberi aksen hiasan ini dijual secara eksklusif oleh beberapa perancang ternama di Indonesia pada taraf harga yang bervariasi dimana memberikan keleluasaan untuk setiap orang menjalankan haknya yaitu tampil bergaya. Nah menurut salah seorang anggota ‘Ikatan Perancang Mode Indonesia’ Hian Tjen anda bisa menanyakan kiat membuat masker premium sejak pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat umum. Termasuk juga tentang bagaimana cara membuat pola dasar masker kain, anda bisa melihatnya tersebut di bawah ini.

Langkah-langkah membuat masker premium sendiri :

  • Siapkan pola dasar masker yang akan dibuat.
  • Rencanakan pemakaian aplikasi lalu buat gambar panduan pada kertas kalkir.
  • Jahit masing-masing pola dengan bahan pelapis dan kertas panduan agar masker menjadi lebih kokoh dan tidak mudah bergeser saat dibordir.
  • Mulailah bordir pada bagian gambar yang diinginkan mengikuti pola dan panduan yang telah disiapkan.
  • Jahit potongan-potongan pola masker menjadi 1 kesatuan termasuk talinya.
  • Sematkan payet sebagai hiasan pada bagian yang diinginkan. Anda bisa menggunakan warna bordir yang sudah tersedia untuk mendapatkan hasil yang lebih rapi. Hati-hati jangan sampai jarum payet menembus ke lapisan dalam lainnya yang bertujuan untuk menjaga agar masker tetap aman dan tak berlubang saat dikenakan.

Disarankan untuk memilih material yang aman dan nyaman terutama pada bagian dalam yang bersentuhan dengan kulit anda. Atau jika anda memang gemar mengkoleksi karya perancang ternama di Indonesia maka anda dapat menggunakan sentuhan akhir karya Hian Tjen pada masker berbahan scuba hasil kolaborasi ‘Masker Untuk Indonesia’ dengan ‘Senayan City, Stay Safe, Stay Healthy’.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel