Masakan Yang Bikin Anda Kangen Pulang, Sayur Lodeh Jawa

15 Mar 2022 18:50 885 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Masakan Yang Bikin Anda Kangen Pulang, Sayur Lodeh Jawa

Apakah anda adalah penyuka beragam masakan khas kampung yang sudah melegenda ? Salah satu contohnya adalah sayur lodeh Jawa rumahan yang rasanya sangat lezat ini. Penuh dengan nuansa nostalgia yang bikin anda kangen akan kampung halaman. Sayur lodeh adalah salah satu menu yang sudah sangat familiar bagi ibu-ibu rumah tangga di seluruh Indonesia. Biasa difungsikan untuk lauk-pauk teman makan nasi putih pada waktu siang hari yang bisa menggugah selera makan keluarga di rumah sehingga menu yang satu ini seperti menu wajib ada. Sayur lodeh Jawa bisa dikelompokkan sebagai salah satu ragam masakan tradisional Indonesia yang selalu hadir di meja makan untuk santap saing ataupun berbuka puasa. Akan semakin mantap rasanya jika ditemani dengan ayam bakar, empal, tahu dan tempe goreng, lalapan dan sambal terasi pedas.

Sayur lodeh Jawa sama dengan lalapan mentah ataupun menu sayur lainnya yang mampu menggenapkan nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh setiap rumah tangga. Masakan sayuran ini bisa saling menggantikan satu sama lainnya sedangkan menu pelengkap lainnya pada umumnya bisa selalu sama setiap hari. Sayur lodeh Jawa adalah salah satu sajian berkuah yang menawarkan cita rasa segar dan membuat selera makan anda sekeluarga menjadi lebih menggairahkan. Ada rasa manis dan gurih yang disukai oleh anak-anak. Sementara sayuran hijau sebagai bahan utama diperkaya oleh zat fitokimia seperti flavonoid dan karetonoid serta vitamin K dan vitamin C dipercaya bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk bisa memanfaatkan khasiat yang terkandung di dalamnya secara optimal maka anda dan keluarga perlu mengkonsumsinya secara rutin.

Sayur lodeh Jawa menjadi pilihan pas ketika menu sayur sejenis yang lainnya sedang tidak terlalu menggugah selera makan. Rasanya yang sedap dengan ragam sayuran hijau segar di dalamnya menjadikan hidangan tradisional ini memberikan rasa yang mampu menyehatkan tubuh. Dimana popularitas sayur lodeh yang berasal dari Pulau Jawa ini saat ini sudah menyebar hingga ke seluruh Indonesia yang selanjutnya dikenal sebagai salah satu masakan Nusantara. Penggemarnya ada beragam bahkan turis asing yang kebetulan berlibur ke Indonesia pun menyukai masakan yang satu ini. Meskipun jarang ditemukan di rumah makan tetapi sekali mencicipi rasanya maka selamanya anda akan mengingat betapa enaknya rasa sajian sederhana yang satu ini. Untuk resep aslinya menggunakan beragam bumbu khas Nusantara yang selanjutnya anda bisa berkreasi di rumah dengan menambahkan bahan pelengkap lainnya seperti potongan tempe ke dalam sayuran. Ingin membuatnya di rumah ? Silahkan menyimak resep yang kami berikan tersebut di bawah ini.

Resep Praktis Memasak Sayur Lodeh Jawa

Bahan utama yang harus disiapkan :

  1. 1 liter santan kelapa encer
  2. 10 buah tahu goreng potong kotak-kotak kecil
  3. 150 gram kacang panjang potong 3 cm
  4. 5 buah petai bijinya belah dua
  5. 6 buah cabe merah keriting iris tipis-tipis
  6. 5 buah cabe hijau keriting iris tipis-tipis
  7. 3 cm lengkuas memarkan
  8. 3 lembar daun salam
  9. 1 bungkus kaldu ayam
  10. 2 sdm minyak sayur

Cara membuatnya :

  • Panaskan wajan dan minyak. Tumis cabe merah, cabe hijau, lengkuas, daun salam dan kaldu ayam hingga haru, Kecilkan api.
  • Tambahkan santan, masak hingga mendidih sambil terus diaduk-aduk.
  • Masukkan sisa bahan terus aduk-aduk hingga kacang panjang matang. Angkat.
  • Sajikan saat hangat.

Sangat mudah bukan memasak sayuran ini ? Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel