Ide Makan Siang Praktis Untuk Anak-Anak, Sop Kacang Merah Iga Sapi

16 Mar 2022 09:50 1073 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Ide Makan Siang Praktis Untuk Anak-Anak, Sop Kacang Merah Iga Sapi

Selalu menyajikan hidangan rumahan yang cenderung mirip dari waktu ke waktu kadang-kadang bisa menimbulkan rasa bosan. Disarankan agar anda pandai menyiapkan menu yang menyegarkan untuk anggota keluarga dengan cara menyusun menu harian yang menyajikan sesuatu yang baru. Bisa dimulai dari menu sayur, lauk hingga sambal. Salah satu yang direkomendasikan untuk makan siang yang praktis dimasak di rumah adalah sayur berkuah seperti sop kacang merah iga sapi. Sekilas pandang sajian ini menyerupai sop brenebon khas Manado yang khas mengeluarkan aroma rempah-rempah Nusantara berpadu harmonis dengan potongan iga sapi memiliki cita rasa yang cenderung ringan tetapi sangat sedap. Kombinasi gurih dari kuah kaldu yang tercampur dengan asam jawa dan kehadiran kaldu sapi menjadikan menu yang satu ini mantap untuk anda coba di rumah.

Untuk jenis masakan yang berbahan daging akan menjadi lebih praktis jika anda memasaknya dalam slow cooker atau panci presto. Menggunakan slow cooker untuk merebus iga dan kacang merah secara bersamaan hingga menjadi empuk dilakukan selama 4 sampai dengan 8 jam tergantung dari jenis suhu yang digunakan. Selanjutnya bisa menambahkan semua sisa bahan yang dimasak di atas kompor dengan api kecil. Jika memakai panci presto maka masaklah daging iga dan kacang merah bersamaan dengan bumbu rempah hingga bahan utama empuk. Sop ini biasa disajikan bersama dengan lauk pendamping kesukaan anda dan keluarga misalnya tahu atau tempe goreng.

Kacang merah yang menjadi bahan pendamping membuat sop kacang merah iga sapi ini kaya akan kandungan antioksidan. Dimana diketahui bahwa kacang merah menempati peringkat atas pada daftar makanan yang mengandung antioksidan. Manfaat lain dari kacang merah adalah sebagai berikut :

  • Sebagai sumber protein nabati. Kacang merah merupakan sumber protein yang menyehatkan tubuh apalagi jika diolah dengan menggabungkannya bersama biji-bijian pelengkap lainnya seperti manfaat beras merah.
  • Mampu meningkatkan energi tubuh. Kacang merah merupakan sumber zat besi yang bagus untuk memenuhi kebutuhan sumber energi.
  • Menyehatkan pencernaan. Kacang merah terkenal dengan kandungan seratnya dalam jumlah besar seperti yang terdapat dalam kacang hijau.
  • Bisa untuk mengontrol kadar gula darah. Serat di dalam kacang merah membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan membantu mendorong kolesterol melalui jalur pencernaan sebelum tubuh menyerapnya.

Resep Praktis Memasak Sop Kacang Merah Iga Sapi

Bahan yang perlu disediakan adalah sebagai berikut :

  • 1500 ml air untuk merebus
  • 800 gram iga sapi
  • 250 gram kacang merah segar
  • 2 lembar daun salam
  • 10 butir bawang merah iris tipis-tipis
  • 4 cm lengkuas memarkan
  • ½ sdm garam
  • 1 sdm asam jawa larutkan dengan 3 sdm air panas
  • 1 sdm gula merah sisir halus
  • 1 sdm kaldu sapi

Cara memasaknya :

1/ Rebuslah iga sapi hingga setengah empuk dalam air yang mendidih. Lalu masukkan kacang merah, daun salam, bawang merah, lengkuas dan garam. Masak hingga iga dan kacang merah menjadi empuk.

2/ Tambahkan air asam Jawa, gula merah dan kaldu sapi.

3/ Masak hingga semua bumbu meresap ke dalam bahan utama yaitu iga sapid an kacang merah.

4/ Sajikan hangat.

Di kesempatan lainnya anda bisa mencoba sop kacang merah dengan menggunakan daging sengkel. Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel