Hangatkan Tubuh Anda dengan Mencoba 5 Jenis Mie Enak Ini di Musim Hujan

14 Mar 2022 17:20 1543 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Hangatkan Tubuh Anda Dengan Mencoba 5 Jenis Mie Enak Ini Di Musim Hujan

Apa yang anda lakukan ketika musim hujan tiba dimana udara di sekitar anda akan menjadi bertambah dingin ? Musim hujan memang bawaannya ingin makan atau minum yang serba hangat agar kebugaran tubuh tetap terjaga dalam kondisi sehat. Cuaca mendung pertanda sebentar lagi akan turun hujan bisa memotivasi rasa lapar karena pengaruh udara yang sejuk berasal dari hujan yang turun. Sebaiknya masak apa yang tepat ketika musim dingin seperti ini ? Kami bisa memberikan solusi untuk menyantap masakan mie enak yang berkuah, hangat, mengepul aroma enak yang dapat memanjakan lidah dan perut. Tak harus mie instan yang mungkin sudah bosan anda cicipi, ada beragam masakan Indonesia yang bisa anda coba di rumah ketika tiba musim hujan yang berudara sejuk cenderung dingin. Seperti salah satunya adalah mencoba mencicipi beraneka masakan mie enak dari berbagai daerah di Nusantara untuk keluarga di rumah. Yuk lihat beberapa yang terekomendasikan tersebut di bawah ini.

1/ Mie gomak khas Batak

Sajian ini adalah salah satu masakan tradisional dari Sumatera Utara yang sudah terkenal sejak lama. Ukuran mienya besar-besar mirip dengan mie Aceh dan dijuluki sebagai spaghetti Batak. Masakan mie yang enak ini kerap disajikan sebagai menu sarapan pagi dengan variasinya yang bermacam-macam. Apalagi dengan tambahan bumbu seperti andaliman, kecombrang atau kacang tanah, selanjutnya mie gomak dimasak dengan santan kental atau air kaldu sebagai kuahnya. Rasanya hampir sama dengan mie Aceh hanya saja masakan ini biasa disajikan dengan kuah yang berlimpah yang sebelumnya dicampur dengan bumbu rempah pekat yang ditumis.

2/ Mie koclok khas Cirebon

Dari sisi tampilan, mie koclok ini akan mengingatkan anda pada mie celor khas Palembang yang sangat cocok dinikmati saat musim hujan yang bercuaca dingin-dingin segar. Masakan khas Cirebon ini tidak terlalu populer di luar daerah Cirebon seperti tahu genjrot ataupun nasi jamblang. Namun jika anda sudah pernah mencicipinya sekali maka dijamin anda akan nambah hingga ketiga kalinya ! Berbekal kaldu ayam dan santan kental, rasa dari hidangan yang mampu menghangatkan tubuh ini tak hanya lezat namun mampu memuaskan lidah anda. Dimasak bersama dengan beragam sayuran hijau lalu disajikan dengan suwiran daging ayam direbus dan telur rebus sebutir akan semakin nikmat.

3/ Mie rebus khas Padang

Hidangan berkuah hangat yang satu ini berasal dari Kota Payakumbuh yang menggunakan paduan bumbu halus dengan sayuran hijau. Yang membuat rasa dari mie berkuah ini terlihat berbeda dengan masakan mie yang lainnya adalah penambahan cuka ke dalam kuahnya dan ada suwiran rendang. Kuah mie berwarna merah karena dicampur dengan cabai ulek dan kaldu tulang sumsum sapi. Kalau anda membuatnya di rumah maka terlebih dahulu siapkan tulang sumsum agar nantinya mendapatkan cita rasa gurih dan manis. Jangan lupa diakhir memasak bubuhi dengan kaldu sapid an agar semakin segar bisa diperkaya rasanya dengan tambahan kecap manis.

4/ Mie kocok khas Bandung

Siapa yang bilang Kota Bandung tidak mempunyai hidangan mie yang khas ? Salah satu masakan mie kuah yang paling populer di sini adalah mie kocok yang disajikan dengan potongan kikil sehingga menjadikannya semakin menarik untuk acara sarapan pagi yang terlihat beda dari biasanya. Bisa juga anda menambahkan sumsum atau bakso. Kuahnya adalah kaldu bening yang kaya rasa dan tepat disantap ketika musim sedang bercuaca dingin yaitu di musim hujan.

5/ Cwie mie enak khas Malang

Dari sisi penampilan cwie mie Malang mirip dengan mie ayam khas Jawa. Namun yang membedakan adalah taburan daging ayam giling yang menyerupai abon. Kemudian dilengkapi dengan jenis sayuran sebagai bahan pelengkap seperti selada keriting yang segar. Bumbunya lebih sederhana namun menghasilkan masakan yang bercita rasa gurih bikin anda ketagihan. Yang membuat masakan ini menonjol adalah adanya toping berupa bakso, ceker ayam, sate usus dan sate telur puyuh berbumbu.

Masakan mie berkuah tersebut di atas bakal bikin  hari-hari anda di dapur penuh dengan gairah untuk memasak salah satu diantaranya yang bisa dikembangkan menjadi masakan yang spesial buat keluarga. Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel