Camilan Sore yang Praktis Untuk Si Kecil, Bakwan Enak

14 Mar 2022 14:20 1722 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Camilan Sore Yang Praktis Untuk Si Kecil, Bakwan Enak

Siapa yang tak mengenal camilan sehat yang satu ini yaitu bakwan ? Sajian yang diolah dengan cara digoreng ini adalah salah satu masakan khas Nusantara yang biasanya disuguhkan untuk camilan ringan hingga menu pendamping saat makan besar di waktu siang hari atau malam hari. Karena rasanya yang enak tak mengherankan jika kudapan yang satu ini seringkali menjadi primadona dimana ada banyak sekali varian resep bakwan enak. Pas disantap saat buka puasa atau sekadar menjadi pengganjal perut di sore hari menjelang makan besar di waktu malam hari. Gorengan berbahan dasar tepung ini bisa dipadukan bersama dengan beragam protein dan serat mulai dari sayuran hingga udang. Cara membuatnya relatif sederhana sehingga anda bisa meraciknya sendiri di rumah.

Berikut adalah 5 resep yang dapat anda ikuti.

1/ Olahan bakwan sayur

Gorengan populer di Indonesia yang dalam Bahasa Sunda bernama bala-bala ini sangat mudah anda temui di gerobak-gerobak angkringan di pinggir jalan atau warung kopi di pasar-pasar tradisional. Sayuran yang paling sering dijadikan bahan uatama adalah kol dan wortel. Dimana diketahui bahwa sayur kol memberikan rasa gurih ekstra ketika digoreng apalagi jika dibumbui dengan pas ke dalam adonan. Jangan lupa untuk menambahkan secukupnya saja kaldu ayam agar rasanya semakin mantap di lidah. Anda bisa dengan mudah mendapatkan resep membuat bakwan sayur melalui internet lalu mempraktekkannya di rumah.  

2/ Olahan bakwan udang

Apabila ingin sajian yang lebih berenergi, saatnya membuat varian bakwan dengan menambahkan cincangan daging udang segar. Di Jawa Timur, sajian ini terkenal dengan sebutan ote-ote udang. Dimana pada dasarnya bahan utama membuat ote-ote udang ini adalah tepung terigu, sayuran dan tambahan daging udang cincang / digiling. Jenis udang yang digunakan untuk adonan biasanya adalah udang peci. Jangan lupa untuk membuang kepalanya terlebih dahulu sebelum diolah. Sajikan bakwan udang ini dengan sambal kecap manis selagi hangat. Yuk intip resep praktis membuat bakwan udang di internet.

3/ Olahan bakwan tahu

Di samping sayuran, tahu juga bisa menjadi bahan utama membuat gorengan lezat. Kudapan yang juga disebut dengan nama populer yaitu perkedel tahu ini seringkali dijadikan sebagai menu pendamping. Jenis tahu yang digunakan bisa beragam, tetapi yang kami sarankan adalah menggunakan tahu kuning yang empuk. Anda lumatkan tahu kuning hingga hancur membentuk pasta tahu lalu satukan dengan adonan terigu berbumbu. Hati-hati ketika akan menggoreng bakwan tahu karena diketahui bahwa tahu mengandung air yang cukup banyak sehingga bisa membuat gorengan bertekstur benyek dan mudah hancur ketika digoreng. Jangan menambahkan air ke dalam adonan sehingga anda mendapatkan adonan pas. Jangan lupa gunakan telur untuk perekat. Simak resep lengkap membuat bakwan tahu melalui internet.

4/ Olahan bakwan oncom

Ingin membuat sajian yang lebih unik untuk si kecil anda di rumah ? Yuk mencoba resep praktis memasak bakwan oncom yang aslinya berasal dari daerah Jawa Barat biasa disuguhkan setelah melalui proses digoreng bersama dengan segelas teh manis. Bakwan oncom biasa dijadikan camilan sehat untuk menu pendamping yang patut untuk dicoba di rumah. Cara membuatnya hampir mirip dengan bakwan tahu. Siapkan tepung terigu dan telur untuk merekatkan oncom dengan sempurna saat digoreng. Bisa ditambahkan dengan cabai merah untuk memberikan rasa pedas dan segar pada kudapan ini. Simak resep lengkap membuat bakwan oncom di internet yang membuat menu di meja makan anda terlihat beda.

5/ Olahan bakwan jagung

Rasanya kurang seru acara santai di waktu sore hari berlalu tanpa didampingi dengan camilan yang satu ini. Kudapan yang juga terkenal dengan nama perkedel jagung sering dijadikan menu pendamping yang banyak dijual di kedai nasi atau rumah makan Nusantara atau warteg di Jawa. Namun kudapan ini aslinya berasal dari Manado. Anda bisa mengolah bakwan jagung di rumah. Pilihlah jagung yang rasanya manis agar rasa gorengan nanti semakin nikmat. Jagung manis biasanya dijual di supermarket. Hindari menambahkan air pada adonan terigunya karena jagung mengandung air yang bisa melumatkan adonan. Simak cara memasak bakwan jagung melalui resep yang banyak beredar di internet.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel