Berburu Kuliner Khas Korea yang Lezat Saat Berlibur ke Seoul

14 Mar 2022 11:18 571 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berburu Kuliner Khas Korea Yang Lezat Saat Berlibur Ke Seoul

Zaman sekarang dimana-mana di seluruh dunia popularitas jajanan khas Korea semakin merajalela terutama di kalangan anak-anak muda yang rata-rata mencintai ragam masakan serba pedas. Dari sini menjadi semakin banyak restoran yang berdiri guna menyuguhkan berbagai makanan yang enak dari Negeri Ginseng termasuk di Indonesia yaitu terpusat di Kota Jakarta. Tidak hanya jajanan siap saji saja, bahkan semakin banyak juga bahan-bahan makanan dari Korea yang masuk ke Indonesia dan memungkinkan anda untuk membuat salah satu masakan khas Korea di rumah. Tetapi khusus untuk anda yang kebetulan sedang berlibur ke Korea seperti jalan-jalan ke Seoul maka jangan lupa untuk menikmati berbagai panganan seru khas tempat ini yang cocok dijadikan sebagai objek wisata kuliner yang seru bersama dengan keluarga atau teman-teman.

1/ Masakan yang bikin anda ketagihan, odeng

Sajian ini bisa dikategorikan sebagai camilan yang banyak tersedia di warung-warung kaki lima hingga restoran mewah adalah makanan yang mirip dengan otak-otak ikan di Indonesia tersaji dengan kuah dan dimakan menggunakan tusuk satai. Bahan aslinya adalah daging ikan putih yang digiling lalu dimasak dengan campuran bahan-bahan tambahan seperti tepung, gula dan sayuran segar. Sajian ini ada versi Jepangnya yang menggunakan beragam jenis sayuran yang banyak menagndung sumber protein. Nama asli versi Korea adalah eomuk. Cocok diberikan kepada anak-anak dan kelompok lansia yang sedang membutuhkan protein dalam jumlah besar.

2/ Makanan Korea paling populer, tteok-bokki

Jajanan khas Korea yang kedua ini populer dengan nama lain yaitu topokki merupakan camilan yang terbanyak memiliki penggemar tidak saja di Korea melainkan sudah menyebar hingga Jepang dan Indonesia. Rasanya kenyal terbuat dari bahan utama yaitu tepung beras yang dikukus dan dibentuk seukuran jari tangan perempuan dewasa dan jika anda sudah mencicipinya dijamin akan nagih hingga ketiga kali. Versi paling terkenal banyak dijumpai di Kota Seoul yaitu yang dimasak dengan campuran saos gochujang kental dan super pedas tetapi sangat gurih seperti kacang goreng. Pada restoran tertentu terutama yang bergaya Jepang, sajian ini sudah mengalami perubahan karena dipadu padankan dengan daging iga, seafood, saos kedelai manis dan yang terakhir wajib ada adalah mi instan.

3/ Populer hingga ke berbagai negara, Korean fried chicken

Ayam goreng khas Korea ini memiliki tampilan dan rasa yang berbeda dengan versi ayam goreng dari Amerika Serikat yang sudah terlebih dahulu populer di seluruh dunia. Yang membuat sajian ini tampak berbeda adalah rasanya yang gurih dan garing karena melalui proses pengolahan yaitu digoreng dua kali sehingga menjadikannya tidak terlalu berminyak. Ayam goreng ini dilumuri dengan saos manis pedas yang dikenal dengan nama gochujang atau rasa manis gurih asin yang bernama saos ganjang.

4/ Terinspirasi sajian khas Jepang yaitu maki, inilah gimbap

Masakan ini mempunyai nama populer lainnya yaitu kimbap. Sekilas pandang memiliki tampilan mirip dengan masakan bernama maki khas dari Jepang. Gimbap biasanya disajikan tersendiri atau termasuk ke dalam satu set hidangan khas Korea yang mudah ditemukan hampir di setiap sudut Kota Seoul. Makanan ini sangat cocok difungsikan sebagai menu bekal ke sekolah ataupun ke kantor yang isiannya sendiri bisa begitu beragam. Dimulai dari danmuji atau daikon (asinan lobak putih), daging berbumbu, crab cake, telur dadar, kimchi, bulgogi dan pelengkap lainnya.

5/ Pangsit khas Negeri Ginseng, mandu

Pada awal diciptakan, pangsit khas Korea ini merupakan salah satu camilan yang hanya diberikan kepada para bangsawan dan anggota keluarganya. Namun saat ini mandu sudah bisa ditemukan dimana-mana dan memiliki begitu banyak varian. Mandu diolah dengan cara dikukus atau direbus dan digoreng garing. Jjin-mandu adalah pangsit yang dikukus dengan menggunakan wadah khusus dari anyaman bambu yang diberi nama pyeonsu berbentuk persegi panjang dimana di dalamnya berisikan beragam jenis sayuran hijau dan sayuran berwarna atau saengchi-mandu diisikan dengan daging unggas, daging sapid an tofu. Banyak ragam mandu di Seoul yang bisa anda coba.

6/ Mie unik dengan kuah berwarna gelap, jajangmyeon

Terinspirasi dari masakan mie khas warga Cina yang sangat populer di dunia diciptakan pertama kali di daerah Incheon di Cina pada awal abad ke-20. Kini versi Koreanya disebut dengan istilah jajangmyeon dan sudah sukses mendunia. Yang unik dari masakan mie ini adalah saosnya yang disebut chunjang. Saos ini terbuat dari campuran beberapa bahan seperti pasta kacang merah yang rasanya manis dan segar diberi kecap ikan / kecap asin, daging serta sayuran yang berwarna cerah. Saat disajikan, jajangmyeon dilengkapi dengan potongan ketimun segar, telur dadar, bawang daun serta rebung.

7/ Makanan favorit di restoran BBQ, pajeon

Pajeon versi Indonesia mirip dengan camilan bernama martabak telur yang terbuat dari adonan yang terdiri dari bahan utama yaitu telur, tepung terigu dan tepung beras dan bawang daun. Kata ‘pa’ dalam Bahasa Korea mengandung makna bawang daun yang diiris tipis-tipis alias scallion. Yang membedakan pajeon dengan martabak telur dari Indonesia adalah tambahan berupa daging sapi giling, kimchi dan berbagai sayuran segar yang berwarna cerah seperti wortel atau kol ungu.

Semoga anda berminat untuk mencicipi salah satu diantaranya.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel