Warnai Jamuan Makan Malam Anda dengan Salah Satu Menu Sederhana Khas Nusantara ini

11 Mar 2022 16:00 3262 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Warnai Jamuan Makan Malam Anda Dengan Salah Satu Menu Sederhana Khas Nusantara ini

Apakah anda adalah penyuka ragam masakan tradisional khas Bali ? Masakan Bali adalah salah satu jenis masakan yang terkompleks di dunia ini. Bahan utama yang digunakan seperti sayuran segar, daging dan ikan dicampur dengan beragam jenis rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang ramai. Masakan tradisional Bali merupakan bagian dari masakan khas Nusantara menyerupai ragam masakan dari Tiongkok dan India. Masakan Bali merupakan salah satu sajian tradisional masyarakat Bali di Pulau Bali yang dikenal banyak memiliki penggemar tidak saja berasal dari Bali melainkan sudah sangat populer hingga luar Bali seperti di Jawa. Masakan Bali yang termasuk ke dalam salah satu masakan khas Nusantara ini menunjukkan tradisi asli yang memberikan banyak pengaruh terhadap masakan Nusantara dari daerah lainnya. Dimana diketahui bahwa penduduk Pulau Bali didominasi oleh orang-orang yang beragama Hindhu dengan kebiasaan mereka dalam hal tradisi kuliner agak berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Sering dijumpai festival dan perayaan keagamaan seperti memasak makanan dalam jumlah besar selain untuk disantap bersama dengan anggota keluarga dan teman-teman yang dikonsumsi secara komunal juga disiapkan sebagai persembahan selama perayaan hari raya besar.

Sebagai bahan pendamping lauk-pauk, nasi hampir selalu dikonsumsi oleh warga Bali sebagai makanan pokok yang disertai dengan beragam sayuran. Daging yang menjadi padu padan sepiring nasi putih ini adalah dari daging babi, ayam, makanan laut atau daging sapi. Bali menjadi salah satu tujuan wisata yang populer saat ini karena salah satunya adalah memiliki ragam masakan tradisional khas Bali yang jumlahnya beragam dengan terlihat di daerah ini memiliki cukup banyak sekolah memasak dengan menyediakan fasilitas kursus harian untuk belajar memasak sajian khas Bali. Anda bisa dengan mudah menemukan salah satu masakan Bali di pasar malam, warung makan tradisional dan pedagang buah yang biasanya menjual makanan lokal yang rasanya lezat ini. 

Salah satu sajian tradisional khas Bali yang rasanya sudah sangat populer hingga menjadi salah satu masakan khas Nusantara ini adalah Telur Balado Bali atau Opor Telur sudah biasa anda temukan ketika membeli menu santap makan siang di beberapa rumah makan Nusantara yang ada di Bali. Sajian ini khusus mencampur telur-telur ayam dengan bumbu Bali yang beragam sehingga sangat diminati oleh keluarga tercinta di rumah. Bisa dengan mudah anda masak di rumah dengan cara membuatnya yang praktis, pertama-tama tumis bumbu halus yang terdiri dari terasi, bawang merah dan bawang putih, cabai dan tomat. Lalu tambahkan daun salam agar menjadi semakin wangi. Setelah bumbu matang maka masukkan telur rebus goreng ke dalamnya beserta dengan kecap manis dan bubuhi garam, penyedap rasa, merica dan sedikit air. Tunggu beberapa saat dan masakan sudah siap disantap dengan nasi putih. Jangan lupa sisipkan daun jeruk ke dalamnya guna memberikan aroma wangi pada masakan anda.

Mudah dan praktis bukan ? Pastikan membuatnya dengan cara benar yang dari waktu ke waktu digemari oleh semua kalangan. Keluarga anda akan selalu menantikan kehadiran menu sederhana khas Nusantara ini untuk menu santap makan malam.

Resep Praktis Menyiapkan Telur Balado Bali (Opor Telur)

Bahan-bahan yang disiapkan :

  • 8 butir telur ayam direbus, dikupas, goreng hingga berkulit
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk buang tulangnya
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • Secukupnya penyedap rasa
  • 300 ml air
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Cara membuatnya :

  • Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum.
  • Masukkan telur rebus yang sudah digoreng dan tambahkan kecap manis lalu aduk rata.
  • Tambahkan garam, penyedap rasa dan merica. Aduk-aduk rata lagi.
  • Tuang air sedikit demi sedikit masak hingga mendidih. Tambahkan daun jeruk lalu masak hingga matang dan bumbu meresap ke dalam telur hingga matang dengan sempurna.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel