Pilihan Unik yang Lezat Khas Ternate, Masakan Garu Balanga

11 Mar 2022 19:10 1209 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Pilihan Unik Yang Lezat Khas Ternate, Masakan Garu Balanga

Pada umumnya daging sapi bagian sengkel digunakan untuk masakan berempah banyak seperti rendang, gulai dan semur. Bagian kolagen dari sengkel bertekstur kenyal yang akan memiliki cita rasa enak jika dimasak dengan api kecil dalam jangka waktu panjang. Akan menjadi semakin sempurna dengan rasa gurih manis pedas dengan baluran beragam rempah dalam satu wajan besar yang diberi nama garu balanga. Diberikan nama seperti ini karena hidangan ini menyerupai sajian semur daging yang biasa anda jumpai sehari-hari sebagai masakan khas warga Jawa. Garu balanga khas warga Ternate di Sulawesi ini memiliki proses pembuatan yang menyerupai masakan semur. Melalui proses braising yang menjadikan daging sapi sengkel bermanfaat dalam hal penyediaan sumber protein utama ditambah dengan meresapnya semua bumbu seperti pala, kayu manis, ketumbar dan jintan menjadikan garu balanga sebagai masakan istimewa. Akan menjadi mantap di lidah dengan kehadiran cabai merah yang banyak akan memberikan sensasi rasa pedas menjadikan masakan yang satu ini berbeda dengan semur yang terfokus kepada rasa gurih saja dari kuah santan.

Semakin banyak anda menyantap daging sapi maka semakin sehat kondisi kulit anda. Di dalam daging sapi bagian sengkel menyimpan banyak nutrisi dan mineral yang membantu proses regenerasi kulit. Juga, zat antikarsinogenik ampuh untuk mencegah pertumbuhan kanker kulit. Bagian sapi yang bisa dimanfaatkan secara optimal ada banyak selain daging bagian sengkel dalam masakan garu balanga, antara lain bagian ekor, usus / jeroan, lidah, moncong / hidung, hati dan yang lainnya. Tak mengherankan jika sapi menjadi salah satu hewan ternak yang memberikan keuntungan besar apabila diternak dan dibudidayakan.

Nah jika anda ingin memasak garu balanga tersebut di atas khas sajian tradisional dari Ternate ini, silahkan menyimak caranya yang kami jelaskan tersebut di bawah ini :

Bahan-bahan yang disediakan :

  • 500 gram daging sapi bagian sengkel potong kotak ukuran 3 cm
  • 4 sdm kecap manis
  • 4 cm kayu manis
  • ½ pala bubuk
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 1.2 liter air bersih

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 3 buah cabai merah
  • ¼ sdt jintan
  • 1 sdt ketumbar disangrai

Cara memasaknya :

  1. Tumis bumbu halus dan kayu manis hingga mengeluarkan aroma harum.
  2. Masukkan daging sengkel yang sudah dipotong-potong lalu aduk-aduk sampai berubah warna.
  3. Masukkan kecap manis, garam, merica putih bubuk dan pala bubuk. Aduk-aduk lagi sampai keluar sedikit air.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit untuk merebus daging sapi hingga empuk. Setelah matang sajikan dengan sepiring nasi hangat untuk menu makan siang atau santap makan malam bersama dengan keluarga.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel