Fakta Tentang Penyebab Anak Kucing Mati Ketika Bayi dan Menemukan Solusinya

10 Mar 2022 13:25 2833 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Fakta Tentang Penyebab Anak Kucing Mati Ketika Bayi Dan Menemukan Solusinya

Anda penyuka kucing pastilah akan merasa senang ketika kucing peliharaan anda melahirkan anak-anaknya. Namun tak jarang anak kucing mati tiba-tiba terutama ketika mereka baru lahir. Anda pastilah akan merasa sedih dan kasihan dengan kondisi ini. Lalu apakah yang menjadi penyebab anak kucing mati ketika baru lahir ? Dan bagaimana cara mencegahnya ? Simak penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

Faktor Penyebab Anak Kucing Mati Saat Baru Lahir

1/ Selaput yang menyelimuti organ pernapasan kurang dibersihkan

Anak kucing yang baru lahir memliki selaput lendir yang berwarna kuning bening menyelimuti tubuh mereka. Dalam kondisi normal, induk kucing akan membersihkan selaput tersebut dengan cara menjilatinya. Tujuannya adalah agar organ pernapasan kucing tidak menjadi terganggu sehingga mereka bisa menggunakan dengan normal. Pada beberapa kondisi, induk kucing kadang-kadang kurang memperdulikan hal ini bahkan meninggalkan begitu saja anak-anaknya yang baru lahir. Ini biasanya dialami oleh induk kucing yang baru pertama kali melahirkan anak-anaknya. Disarankan agar mengawinkan kucing pada usia dewasa sehingga begitu mereka melahirkan anak-anaknya maka naluri sebagai induk kucing akan tajam dalam merawat anak kucing yang baru lahir.

2/ Induk kucing dalam kondisi stres

Saat induk kucing dalam kondisi stres ketika melahirkan maka mereka cenderung akan meninggalkan anak-anaknya meskipun induk kucing ini tahu bahwa bayinya masih membutuhkan kehangatan serta air susu agar tetap bertahan hidup. Kondisi stres bisa menyerang induk kucing yang baru pertama kali melahirkan dan juga yang sudah beberapa kali melahirkan anak. Disarankan untuk memberikan mereka tempat yang tenang dan nyaman untuk melahirkan anak-anaknya. 

3/ Anak kucing tidak segera dikeluarkan dari perut induknya

Ketika hari kelahiran anak kucing tiba, kadang-kadang induk kucing hanya mengeluarkan satu anaknya saja kemudian merawatnya sedangkan sisa anaknya tidak segera dikeluarkan. Inilah yang kemudian membuat anak kucing di dalam perut sesak napas lalu bisa mati. 

4/ Infeksi parasit

Infeksi parasit sangat berbahaya untuk bayi kucing yang baru lahir terutama dari jenis virus Panleukopenia. Beberapa jenis parasit bisa menginfeksi anak kucing yang baru lahir adalah jamur kulit, kutu, cacing, Toxoplasma dan sebagainya. Infeksi parasit ini bisa ditularkan dari kucing dewasa ataupun sudah dialami ketika anak kucing masih dalam janin.

5/ Infeksi virus

Infeksi virus bisa memicu kematian anak kucing yang baru lahir karena sistem imunitas tubuh mereka masih sangat lemas. Jenis virus yang berbahaya dan menyebabkan kematian pada kucing adalah virus Panleukopenia. Secara spesifik, virus ini akan menyerang saluran pencernaan yang selanjutnya bisa memicu infeksi pada kucing. Virus ini akan menempel dan menjangkiti kucing dewasa kemudian tertular pada anak-anak mereka yang baru lahir dengan sangat cepat sehingga menyebabkan kematian. Anak kucing yang terjangkit virus ini akan mati dalam kurun waktu 24 jam setelah mengalami gejala klinis.

6/ Tidak mendapatkan asupan susu

Ketika seeokor kucing dewasa melahirkan terlalu banyak anak maka secara otomatis masing-masing bayi kucing akan bersaing untuk mendapatkan susu dari induknya. Anak kucing yang tidak bisa bersaing akan kelaparan kemudian mati.

7/ Cacat bawaan

Yang terakhir adalah cacat bawaan yang dialami saat anak kucing masih berada di dalam perut. Cacat bawaan pada anak kucing terbagi ke dalam dua faktor yaitu pertama adalah faktor internal dimana cacat ini didapatkan oleh anak kucing dari gen induknya. Kedua adalah faktor eksternal dimana induk kucing pernah mengalami luka di bagian perut yang kemudian mempengaruhi kondisi janin yang masih di dalam kandungan. Cacat bawaan menjadi salah satu faktor utama anak kucing yang masih bayi menjadi lumpuh lalu mati.

Solusi Mencegah Bayi Kucing Mati Baru Lahir

Nah anda sudah mengetahui tentang apa saja penyebab anak kucing mati saat baru lahir. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai bagaimana cara mencegah anak kucing mati dalam uisa bayi. Solusi ini kami jabarkan sebagai berikut :

  • Temani induk kucing saat akan melahirkan.
  • Bantu induk kucing untuk mengeluarkan anak-anaknya.
  • Berikan tempat yang tenang dan nyaman.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel