Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi Terlalu Sering ?

9 Mar 2022 09:41 1521 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi Terlalu Sering ?

Ada banyak cat lovers yang kurang mengetahui tentang bagaimana cara mengatasi kucing betina birahi terlalu sering. Akibatnya adalah kucing betina anda akan menjadi stres karena birahinya tidak tersalurkan. Kucing betina yang sedang birahi biasanya mengeluarkan suara keras yang cukup mengganggu lingkungan sekitarnya sehingga harus dilakukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Maka dari itu melalui artikel ini kami akan mencoba memberikan solusi atau beberapa tips untuk mengatasi kucing betina birahi. Silahkan menyimaknya.

1/ Cobalah untuk mengajaknya bermain atau berikan mainan

Cara mengatasi kucing betina birahi yang pertama adalah dengan memberikan mereka mainan. Tujuannya adalah agar perhatian kucing teralihkan dari rasa birahi yang bergejolak sedang dirasakannya. Contoh mainan yang bisa anda berikan adalah bola-bola kecil ataupun aneka mainan yang dapat diperoleh di petshop.

2/ Pisahkan untuk sementara waktu dengan kucing jantan

Jika kondisinya dalam satu tempat anda memelihara banyak kucing maka cobalah untuk memisahkan kucing betina birahi dengan kucing jantan baik itu yang masih bersaudara atau bukan. Karena kucing betina birahi akan merasa terganggu kika di sekitarnya terdapat kucing jantan. Juga kucing jantan yang berada di sekitar kucing betina birahi akan merasa terpancing untuk mengawini kucing betina tersebut meskipun itu adalah saudara kandung atau ibunya. Ini tentu saja sangat berbahaya karena perkawinan antara kucing jantan dan betina yang sedarah bisa meningkatkan resiko kecacatan terhadap gen bawaan kedua kucing tersebut. Bagaimana jika anda dalam situasi yaitu merawat banyak kucing pada satu tempat dan tidak memungkinkan untuk memisahkan antara kucing jantan dan betina ? Caranya adalah dengan memasukkan kucing betina dan kucing jantan ke dalam kandang yang berbeda-beda. Jauhkan jarak antara dua kandang tersebut.

3/ Mandikan kucing betina

Cara ketiga yang cukup efektif diterapkan untuk kucing betina yang belum cukup umur untuk dikawinkan adalah dengan memandikannya maka mereka akan cenderung lebih rileks sehingga rasa birahi yang dirasakan cukup berkurang.

4/ Berikan perhatian lebih pada kucing betina anda yang sedang birahi

Berikan perhatian lebih ketika kucing betina anda sedang birahi. Tujuannya sangat jelas agar kucing tidak merasa terlalu stres ketika rasa birahinya tidak tersalurkan. Dalam hal ini, anda bisa mengelus-elus kucing lebih sering dengan penuh kasih sayang. Namun cara ini hanya bisa diterapkan terhadap kucing yang anda pelihara hanya terdiri dari satu jenis kelamin saja. Misalnya dalam satu tempat ada kucing yang berbeda jenis kelamin, mungkin cara ini tidak akan begitu manjur.

5/ Berikanlah obat penghilang birahi

Dengan adanya perkembangan zaman, kini sudah ada jenis obat-obatan yang mampu menghilangkan dan mengurangi birahi pada kucing. Jenis obat ini hanya bisa diperoleh dari dokter hewan atau dijual di beberapa petshop. Perlu diingat bahwa cara ini dilakukan dengan sebelumnya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan sebelum memberikan obat penurun birahi.

6/ Melakukan sterilisasi pada kucing anda yang sedang birahi

Ini adalah cara terakhir dan yang paling efektif dalam mengatasi kucing betina birahi. Cara yang sama bisa juga diterapkan untuk kucing jantan. Sterilisasi akan membuat kucing betina tidak bisa hamil lagi begitu juga dengan kucing jantan tidak akan bisa mengawini kucing betina lagi. Secara otomatis kucing tidak akan mengalami birahi. Namun perlu diperhatikan bahwa sterilisasi hanya bisa dilakukan jika anda benar-benar menginginkan kucing-kucing anda tidak akan memberikan keturunan selamanya. Juga, dengan melakukan sterilisasi, kucing akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel