Berbahaya untuk Lingkungan dan Kesehatan, Inilah 6 Sampah Rumah Tangga yang Patut Diwaspadai

8 Mar 2022 18:20 4646 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Berbahaya Untuk Lingkungan Dan Kesehatan, Inilah 6 Sampah Rumah Tangga Yang Patut Diwaspadai

Kegiatan setiap hari rumah tangga memang tidak bisa lepas dari yang namanya berbagai sampah yang dihasilkan, dimana selalu saja ada banyak sampah namun bisa diolah menjadi hal yang berguna seperti pupuk organik, sampah yang dapat didaur ilang menjadi barang-barang bermanfaat tetapi ada juga beberapa jenis sampah yang berpotensi menjadi limbah yang berbahaya dan sayangnya masih banyak orang yang belum sadar dan belum memahami hal ini. Alhasil semua sampah dicampur begitu saja dengan sampah-sampah yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis sampah rumah tangga yang berbahaya wajib untuk diperhatikan lebih terfokus, antara lain sebagai berikut.

1/ Pembersih dan Disinfektan

Sampah rumah tangga berbahaya yang pertama adalah dari kelompok pembersih dan disinfektan dimana kedua benda ini mempunyai manfaat untuk membersihkan lantai, kamar mandi, hingga furniture yang ada di sekitar rumah. Tetapi dibalik manfaatnya yang banyak membantu manusia ternyata pembersih dan disinfektan mempunyai kandungan bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk lingkungan dan kesehatan yaitu bisa menimbulkan berbagai penyakit. Meskipun barang-barang ini sering dibutuhkan dalam kegiatan rumah tangga, sebaiknya tidak membuang sampah dari kedua barang ini secara sembarangan.

2/ Lampu Neon

Yang kedua adalah lampu neon. Banyak orang yang beranggapan bahwa sampah lampu neon hanyalah sebagai limbah pecahan lampu biasa. Namun tahukah anda kalau lampu neon justru mempunyai kandungan bahan yang sangat berbahaya yaitu merkuri dimana bahan kimia ini biasanya bisa dalam bentuk uap atau bubuk, merkuri di dalam lampu neon bisa meracuni metabolisme tubuh manusia. Manusia yang memakai skincare dengan kandungan merkuri saja sudah bisa menimbulkan masalah serius jika terlanjur terpapar dan akan merasakan akibatnya untuk jangka panjang. Maka dari itu jangan sampai membuang sampah ini ke sembarang tempat jika tidak ingin terkena dampak buruk.

3/ Bekas Wadah Kosmetik

Sampah rumah tangga berbahaya selanjutnya adalah bekas wadah kosmetik. Dimana diketahui bahwa kosmetik menjadi salah satu kebutuhan terpenting untuk sebagian besar wanita. Banyaknya pengguna kosmetik menimbulkan permasalahan baru yaitu munculnya banyak sampah bekas wadah kosmetik yang ternyata setelah diteliti adalah termasuk ke dalam sampah yang berbahaya untuk lingkungan dan kesehatan tubuh manusia karena mengandung beragam jenis bahan kimia yang ditujukan untuk perawatan kulit dimana sisa-sisa bahan di wadah bekas kosmetiklah yang berbahaya. Jangan buang sampah sembarangan guna menjaga lingkungan tetap terjaga.

4/ Baterai

Yang keempat adalah baterai merupakan sampah rumah tangga yang mempunyai potensi berbahaya untuk lingkungan dan kesehatan tubuh dimana baterai merupakan benda yang berguna dalam kegiatan rumah tangga untuk menyalakan jam dinding, senter, remote dan masih banyak lagi benda lainnya membutuhkan baterai. Kandungan yang paling berbahaya yang tersimpan di dalam baterai adalah nikel, timbal hingga merkuri yang dapat menyebabkan bahaya pada lingkungan dan kesehatan tubuh mansuia. Jangan mencampur baterai yang sudah tidak terpakai dengan sampah lainnya di rumah, disarankan untuk memisahkan baterai sebagai sampah elektronik.

5/ Penghapus Cat Kuku

Sampah rumah tangga berbahaya yang kelima adalah penghapus cat kuku yang kerap digunakan oleh para wanita guna menghilangkan bekas kuteks di kuku. Kandungan di dalam penghapus cat kuku terbesar adalah aseton ternyata mengandung sifat yang sangat berbahaya. Aseton yang terhidrup secara sengaja akan menyebabkan munculnya gangguan pada saluran pernafasan juga mempunyai sifat mudah terbakar sehingga jika dibuang sembarangan khawatirnya bisa menyebabkan hal-hal yang tak diinginkan. Jadi sebaiknya buang sampah penghapus cat kuku ke tempat yang lebih baik dan jauhkan dari api agar lingkungan sekitar menjadi aman.

6/ Obat-Obatan Yang sudah Kadaluwarsa

Yang terakhir adalah obat-obatan yang sudah memasuki masa tanggal kadaluwarsa, dimana sampah obat-obatan ini merupakan salah satu jenis sampah rumah tangga yang berbahaya untuk lingkungan dan kesehatan tubuh manusia yang bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Misalnya dengan mempacking ulang obat kedaluwarsa yang kemudian dijual kembali, perhatikan jangan sampai ada sampah obat-obatan di sekitarmu.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel