Kenali Penyebab Kucing Muntah Kuning Lalu Ketahui Cara Mengobatinya

8 Mar 2022 12:15 1338 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kenali Penyebab Kucing Muntah Kuning Lalu Ketahui Cara Mengobatinya

Pernahkah anda berpikir kenapa kucing peliharaan anda di rumah mengalami muntah kuning ? Banyak para pecinta kucing tidak mengetahui hal ini yang membuat anda merasa khawatir. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa penyebab kucing muntah serta bagaimana cara mengobatinya. 

Penyebab Kucing Muntah Kuning

Kondisi yang dialami oleh kucing anda tersebut di atas merupakan hal alami dan umum dialami oleh setiap kucing baik itu kucing peliharaan maupun kucing-kucing liar di pasar. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kucing muntah kuning seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini :

1/ Iritasi pada saluran pencernaan

Penyebab pertama kucing anda muntah kuning adalah terjadinya iritasi pada saluran pencernaan. Ini merupakan faktor yang paling umum terjadi yang bisa memicu iritasi saluran pencernaan yaitu jam makan kucing yang tidak teratur. Kucing dalam kondisi kelaparan beresiko besar mengalami iritasi saluran pencernaan. Pada kondisi yang sangat parah, iritasi saluran pencernaan bisa melukai lambung dan empedu kucing. Untuk itulah pastikan jangan sampai kucing anda telat makan sehingga mereka tidak akan jatuh sakit.

2/ Hairball

Hairball adalah sebutan untuk muntahan kucing berupa cairan disertai dengan bulu. Biasanya sering dialami oleh kucing ras yang memiliki bulu panjang dan lebat contohnya Persia, Anggora dan Himalaya. Kondisi buruk ini akan terjadi ketika secara alami kucing-kucing anda akan menjilati tubuhnya untuk membersihkannya. Ketika terdapat bulu-bulu yang rontok dan masih menempel di tubuh kucing maka secara otomatis bulu tersebut akan ikut tertelan. Dalam kondisi normal, hairball disertai dengan sedikit cairan berwarna bening dan agak berbuih. Tetapi pada kondisi tertentu muntahan hairball juga disertai dengan cairan lendir putih ataupun muntahan berwarna kuning. Ketika bulu yang terdapat di dalam perut kucing terlalu banyak dan susah keluar maka akan menyebabkan luka pada organ dalam perutnya. Inilah yang kemudian menjadi penyebab kucing muntah kuning.

3/ Virus Panleukopenia

Virus ini merupakan salah satu jenis virus yang bisa mematikan kucing peliharaan anda. Secara spesifik menyerang saluran pencernaan dan pada akhirnya memicu munculnya infeksi. Gejala yang paling umum adalah kucing muntah kuning selama beberapa hari. Pada kondisi yang lebih parah kucing bisa meninggal. Virus ini dapat menular sangat cepat ke kucing-kucing lainnya. Oleh karena itu ketika anda menyadari bahwa kucing peliharaan secara tiba-tiba muntah kuning yang tak kunjung sembuh sebaiknya segera bawa ke dokter hewan.

4/ Keracunan

Yang terakhir adalah keracunan bisa menyebabkan kucing muntah kuning. Jenis keracunan pada kucing ada beragam seperti keracunan bahan-bahan kimai yang secara tak sengaja tertelan, keracunan racun dan sebagainya. Saat kucing dalam kondisi buruk seperti ini maka secara alami tubuh mereka akan mencoba menetralisir racun dengan mengeluarkannya melalui muntahan kucing. Segera bawa kucing anda ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan paling tepat.

Tips Mengobati Kucing Muntah Kuning

Setelah anda mengetahui apa-apa saja penyebab kucing muntah kuning, selanjutnya anda harus mengetahui bagaimana cara mengobatinya. Obat alami kucing muntah kuning adalah dengan memberikannya oralit. Caranya adalah dengan memberikan cairan oralit pada kucing yang bisa dibeli di petshop, tujuannya agar kucing anda tetap dapat mencukupi kebutuhan cairannya. Sebaiknya jangan berikan makanan terlebih dahulu. Khawatirnya ketika anda tidak tahu penyebab kucing muntah kuning dan anda berikan makan maka saluran pencernaan mereka bisa dengan mudah terluka dan teriritasi. Jadi ketika kucing tiba-tiba muntah lendir putih ataupun muntah cairan berwarna kuning maka sebaiknya bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel