Pasien Sakit Jantung Wajib Mengkonsumsi Makanan Sehat Berikut ini

8 Mar 2022 10:12 650 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pasien Sakit Jantung Wajib Mengkonsumsi Makanan Sehat Ini

Apakah anda memiliki riwayat penyakit jantung / kardiovaskuler ? Sangat penting bagi anda untuk lebih cermat memilih makanan lalu mengetahui cara mengolah makanan yang tepat terutama yang dikonsumsi setaip hari. Mengingat plak di pembuluh darah jantung terbentuk dari lemak, kolesterol, kalsium dan mineral lainnya yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi. Untuk mencegah gejala penyakit jantung agar tidak kembali kambuh maka perhatikan pilihan makanan dan cara menyajikannya seperti penjelasan dari kami tersebut di bawah ini.

Makanan Untuk Pasien Penyakit Jantung Yang Terekomendasikan

Anda sakit jantung ? Anda akan selamanya memiliki penyakit ini yaitu seumur hidup. Meskipun penyakit jantung tidak dapat disembuhkan, tetapi anda bisa mencegah komplikasi dengan mengikuti pengobatan dan panduan diet jantung. Jika anda lalai terhadap diet jantung maka pengobatan yang dilakukan menjadi tidak efektif. Ajibatnya gejala  akan sering kambuh. Parahnya lagi komplikasi penyakit jantung seperti serangan jantung, henti jantung atau gagal jantung semakin gencar menyerang anda.

1/ Kacang Kedelai / Edamame dan Kacang Tanah

Makanan pertama yang sehat dan wajib diberikan kepada penderita penyakit jantung haruslah kaya akan kandungan protein. Selain protein hewani dari ikan, anda juga perlu melengkapinya dengan protein nabati dari produk olahan kedelai seperti tahu, tempe atau biji kacang kedelai utuh. Penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association tentang kacang kedelai untuk kesehatan jantung sangat dianjurkan karena di dalamnya mengandung isoflavon yaitu sejenis antioksidan yang menyerupai hormon estrogen. Antioksidan ini di dalam tubuh akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler pada sekelompok wanita pascamenopause sehingga aman dikonsumsi penderita dengan masalah jantung. Isoflavon tidak hanya terdapat pada kacang kedelai saja melainkan ada juga di dalam kacang tanah.

2/ Salmon dan Tuna

Salmon dan tuna kaya akan kandungan asam lemak omega 3 sehingga wajib diberikan kepada para penderita penyakit jantung. Omega 3 yang dikandung adalah jenis asam lemak tak jenuh yang bisa mengurangi peradangan termasuk pada pembuluh darah sekitar jantung. Menurut situs kesehatan dari Mayo Clinic menjelaskan tentang manfaat tuna dan salmon yang kaya omega 3 untuk kesehatan jantung seperti mengurangi tekanan darah, trigliserida, pembekuan darah dan menormalkan kembali detak jantung yang tidak teratur. Dengan rajin mengkonsumsi dua porsi (150 gram) ikan ini dalam seminggu bisa mengurangi resiko henti jantung secara mendadak. Untuk asupan makanan setiap hari pilihlah salmon dan tuna yang dikembangbiakkan di tambak dan bukan berasal dari laut karena diduga mengandung cukup tinggi merkuri.

3/ Yogurt

Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Hypertension menjelaskan bahwa yogurt merupakan salah satu jenis makanan penutup yang bisa difungsikan untuk menurunkan resiko penyakit jantung untuk orang dewasa dengan hipertensi. Dimana diketahui bahwa hipertensi menjadi salah satu faktor risiko dari penyakit kardiovaskuler sekaligus bisa memperparah kondisi jika tidak terkontrol. Manfaat yang disumbangkan bisa diperoleh dari kalsium dan kalium di dalam yogurt yang dapat dikonsumsi secara rutin dikombinasikan dengan buah dan sayur segar. Pilihlah yogurt rendah lemak agar lebih sehat dengan menambahkan kacang almond.

4/ Cokelat

Penelitian yang diterbitkan pada British Medical Journal menjelaskan bahwa cokelat termasuk ke dalam jenis makanan yang bagus dikonsumsi setiap hari oleh penderita sakit jantung. Cokelat bisa menurunkan resiko penyakit jantung hingga 11 persen dan dapat mencegah kematian dini pada penderita penyakit jantung hingga 25 persen. Makan beberapa potong cokelat setiap hari bisa menurunkan risiko stroke sebesar 23 persen. Para ahli sepakat bahwa kandungan flavonoid di dalam cokelat ampuh untuk menyehatkan jantung. Flavonoid merupakan antioksidan yang mempunyai kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, berperan sebagai antiradang, mencegah penggumpalan darah serta memperlancar aliran darah.

5/ Oatmeal dan Gandum Murni

Kedua makanan ini masuk dalam daftar makanan yang sehat diberikan untuk penderita penyakit jantung. Oatmeal terbuat dari tanaman haver yang banyak mengandung serat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga mencegah terbentuknya plak di pembuluh arteri. Oatmeal juga mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang dapat mencegah penumpukan plak. Kedua manfaat ini menjaga fungsi pembuluh darah arteri tetap menjadi sehat. Sedangkan gandum mengandung beta-glukan yang juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung karena bisa mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Tips Mengolah Makanan Untuk Penderita Sakit Jantung

Di samping memilih makanan yang tepat, perhatikan juga cara mengolah dan menyajikan makanan tersebut karena jika makanan yang sehat diolah dengan cara yang kurang tepat maka kesehatan jantung akan berpengaruh. Lebih jelasnya simak beberapa tips di bawah ini.

1/ Lebih baik memasak sendiri bahan-bahan makanan yang anda konsumsi setiap hari.

2/ Gunakan minyak zaitun untuk menggoreng.

3/ Ganti penggunaan garam secara berlebihan dengan rempah-rempah.

4/ Gunakan perasan lemon segar atau air jeruk nipis ke dalam sayuran kukus, ikan panggang, nasi, salad atau pasta. Cobalah menggunakan lemon dan lada bebas garam sebagai bumbu pada daging ayam. Gunakan bawang merah dan bawang putih untuk memberi cita rasa daging dan sayuran yang lebih gurih. Dan cobalah memanggang ayam atau daging lainnya dengan saos BBQ atau dengan bumbu buatan sendiri.

5/ Hindari menggoreng makanan terlalu sering.

6/ Perhatikan kandungan atau nutrisi makanan.

Dengan mengikuti diet jantung secara teratur maka anda akan mendapatkan hasil yang optimal. Meskipun bukan perkara mudah, jika tetap menemukan kesulitan, jangan ragu untuk melakukan konsultasi lebih lanjut pada dokter yang menangani kondisi anda maupun ahli gizi.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel