Penjelasan Akurat Mengenai Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran Menurut Pakarnya

1 Mar 2022 17:30 3373 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Penjelasan Secara Akurat Mengenai Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran Menurut Pakarnya

Apa sajakah yang termasuk ke dalam unsur-unsur administrasi perkantoran ? Nah untuk bisa membahas topik ini tentunya anda harus tahu terlebih dahulu apa itu unsur. Pengertian unsur adalah salah satu bagian dari sesuatu yang akan tergabung sehingga menjadi satu kesatuan unsur membuat sesuatu menjadi ada. Di dalam unsur administrasi secara mutlak haruslah ada beberapa hal berikut ini yaitu sekelompok manusia, adanya kerjasama dan mempunyai tujuan tertentu. Nah jika salah satu dari tiga unsur mutlak tersebut tidak ada maka suatu kegiatan menjadi tidak termasuk ke dalam kegiatan administrasi.

Unsur-Unsur Administrasi Menurut Para Ahli

Di bawah ini kami berikan beberapa ahli yang menyumbangkan pendapatnya guna menjelaskan tentang beberapa unsur administrasi secara umum. Silahkan menyimaknya.

1/ The Liang Gie

Unsur-unsur administrasi yang dijelaskan menurut The Liang Gie terdiri atas 8 unsur yang satu dengan lainnya saling berhubungan satu sama lain yaitu sebagai berikut :

  • Hubungan masyarakat / humas.
  • Ketatausahaan.
  • Perbekalan.
  • Keuangan.
  • Kepegawaian.
  • Komunikasi.
  • Manajemen.
  • Organisasi.

2/ Sondang P. Siagian

Unsur-unsur administrasi menurut penjelasan dari Sondang P. Siagian adalah mencakup hal-hal sebagai berikut :

  • Adanya peralatan dan perlengkapan.
  • Terdapat tugas yang akan dilakukan.
  • Memiliki tujuan.
  • Terdiri dari dua orang manusia atau lebih.

Sondang P. Siagian lebih lanjut mengatakan bahwa keempat unsur tersebut di atas merupakan unsur mutlak ada di dalam administrasi.

Bagian Dari Unsur-Unsur Administrasi

Agar lebih mudah memahami masing-masing unsur administrasi tersebut di atas maka anda perlu menguraikannya satu per satu. Berikut adalah penjelasannya.

1/ Hubungan masyarakat / humas

Pengertian humas atau public relation adalah menjadi suatu bagian dari organisasi yang memiliki fungsi untuk melakukan interaksi, hubungan dan kerjasama dengan masyarakat yang terkait dengan organisasi bersangkutan. Tujuan dari kegiatan humas tersebut adalah untuk memperoleh dukungan penuh dari masyarakat terhadap organisasi bersangkutan secara sadar dan sukarela.

2/ Organisasi

Pengertian organisasi adalah merupakan suatu tempat untuk berkumpulnya sekelompok orang guna melakukan kerjasama dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Di dalam suatu organisasi terdapat kegiatan yang erat hubungannya dengan pengaturan, penyusunan, pembagian tugas dari suatu usaha kerjasama dalam upaya untuk mencapai tujuan tertentu.

3/ Kepegawaian

Pengertian kepegawaian dalam hal ini adalah sebuah proses yang berhubungan dengan pengaturan tenaga kerja yang terjadi di dalam organisasi tertentu. Proses kepegawaian dalam organisasi bersangkutan dimulai dari penerimaan, pengangkatan, penempatan, pembimbingan, pengarahan, pemberhentian, prmosi dan pemberhentian / pensiun.

4/ Ketatausahaan

Pengertian yang diberikan di sini adalah ketatausahaan yaitu kegiatan yang erat hubungannya dengan pelayanan atas penyelenggaraan usaha. Misalnya pencatatan, penyimpanan, pengiriman dan lain sebagainya. Biasanya kegiatan tata usaha ini dikenal dengan istilah office work yang dilakukan di dalam kantor.

5/ Manajemen

Pengertian manajemen di sini adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi guna mencapai tujuan bersama. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam manajemen adalah untuk bisa menggerakkan segenap orang serta mengarahkan semua fasilitas dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan.

6/ Komunikasi

Pengertian komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi baik itu pesan, ide dan gagasan dari satu pihak ke pihak lainnya. Komunikasi dalam aktivitas administrasi bisa dilakukan secara verbal melalui bahasa tubuh maupun secara tertulis.

7/ Keuangan

Pengertian keuangan dalam administrasi adalah sesuatu yang erat hubungannya dengan pembiayaan yang berhubungan dengan kerjasama yang terjadi diantaranya adalah bagaimana cara untuk mendapatkan biaya-biaya, pertanggungjawaban biaya, pengelolaan segi pembayaran, penentuan sumber-sumber biaya dan lain sebagainya.

8/ Perbekalan

Yang terakhir adalah perbekalan yaitu kegiatan yang dilakukan berhubungan dengan perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan dalam suatu organisasi. Beberapa kegiatan yang dimaksudkan adalah pengadaan barang, penyimpanan barang hingga pemusnahan barang yang tidak diperlukan.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/unsur-unsur-administrasi.html/

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel