Membahas Tentang Market Share dan Fakta Lainnya yang Berhubungan

23 Feb 2022 11:50 1117 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Membahas Tentang Market Share Dan Fakta Lainnya Yang Berhubungan 

Secara umum yang dimaksud dengan market share adalah menjadi bagian dari seluruh permintaan atas suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen berdasarkan ciri khasnya (market segment). Dimana penggolongan konsumen bisa dikelompokkan berdasarkan status sosial, pendidikan, jenis kelamin, usia dan tingkat penghasilan. Market share atau pangsa pasar dalam hal ini adalah menjadi bagian dari pasar yang kondisinya dikuasai oleh suatu perusahaan terhadap seluruh potensi jual, pada umumnya dinyatakan dalam persentase. Pangsa pasar di sini memperlihatkan berapa besar persentase total penjualan produk suatu perusahaan dari seluruh sumber, dibagi dengan total penjualan produk (barang dan jasa) di dalam suatu industri tertentu. Contoh sederhana adalah terdapat konsumen yang secara keseluruhan membeli 100 produk sahmpo dan 35% pembelian tersebut berasal dari perusahaan X, maka perusahaan X inilah yang berhasil menguasai 35% pangsa pasar.

Market Share Dan Tujuan Dilakukannya Analisis

Setelah anda mampu memahami tentang apa itu market share, maka selanjutnya adalah mengetahui apa tujuan analisis market share atau pangsa pasar dilakukan. Dimana pada umumnya pangsa pasar dari sebuah perusahaan bisa dijadikan sebagai indikator daya saing dari perusahaan bersangkutan di suatu market. Tujuannya adalah untuk bisa mengetahui tentang seberapa bagus performa dan pertumbuhan perusahaan tersebut terhadap para pesaingnya. Metrik ini bisa dimanfaatkan untuk mengukur terjadinya perubahan pada pendapatan penjualan sehingga diharapkan bisa membantu perusahaan dalam melakukan evaluasi terhadap permintaan primer di dalam suatu pasar. Pertumbuhan tingkat penjualan yang berasal dari permintaan primer akan menyebabkannya menjadi lebih murah dan inilah yang akan menguntungkan perusahaan jika dibandingkan dengan kondisi pasar yang mengambil bagian dari competitor di industri yang sama.

Sedangkan kerugian yang dialami di dalam sebuah pangsa pasar menjadi indikasi adanya masalah besar dalam jangka panjang. Ini akan membutuhkan dilakukannya perubahan terhadap strategi pemasaran yang selama ini sudah diterapkan. Masing-masing bisnis atau sebuah perusahaan mempunyai kemungkinan besar pangsa pasar di bawah rata-rata maka kondisinya tidak akan bisa bertahan dalam menghadapi persaingan. Karena tren pangsa pasar dan penjualan produk perusahaan menjadi indikator awal akan adanya peluang atau masalah yang dapat muncul di masa mendatang. 

Nah berdasarkan atas penelitian yang telah dilakukan oleh pakar, market share merupakan sebuah aset yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masing-masing perusahaan tetapi beberapa ahli ekonomi berpendapat bahwa pangsa pasar bukanlah menjadi tujuan atau kriteria dasar dari sebuah kebijakan ekonomi. Sehingga pangsa pasar hanya mampu dijadikan sebagai dasar untuk dapat mengukur kinerja perusahaan yang sedang bersaing di suatu market. Pangsa pasar menjadi salah satu acuan untuk membangun sistem perusahaan baik itu yang tertuang dalam rumusan untuk selanjutnya dijadikan pedoman dalam membuat kebijakan-kebijakan. Kebijakan di sini disusun berdasarkan pertimbangan yang berhubungan dengan dampak dari setiap kebijakan terhadap pangsa pasar pesaing perusahaan.

Market Share Dan Jenis-jenisnya 

Secara garis besar pangsa pasar bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini :

1/ Pasar Sekunder / Secondary Market

Pasar sekunder adalah sebuah pasar dimana di dalamnya terdapat investor yang membeli dan menjual sekuritas yang sudah mereka miliki sebelumnya. Pasar ini oleh kebanyakan orang disebut dengan istilah pasar saham meskipun saham yang dimaksudkan juga dijual secara bebas di pasar primer ketika pertama kali diterbitkan. Bursa nasional seperti Bursa Efek Indonesia merupakan salah satu contoh dari pasar sekunder.

2/ Pasar Utama / Primary Market

Pasar utama adalah kondisi sebuah pasar dimana di dalamnya menjadi tempat sekuritas dibuat dan disiapkan. Di pasar ini perusahaan menjual saham dan obligasi baru kepada publik untuk pertama kalinya. Initial public offering / IPO atau penawaran umum perdana merupakan salah satu contoh pasar primer. Pada serangkaian proses perdagangan yang terjadi, para investor mempunyai kesempatan untuk dapat membeli sekuritas dari bank- bank yang tersedia untuk melakukan penjaminan di awal dilakukannya transaksi untuk jenis saham tertentu. IPO selanjutnya terjadi ketika perusahaan swasta menerbitkan saham ke publik untuk pertama kalinya.

Cara Mengukur Market Share / Pangsa Pasar Suatu Perusahaan

Agar bisa menetapkan ukuran berapa besar pangsa pasar atau market share maka dibutuhkan riset pasar yang cukup mendalam. Maka dari itu para pengusaha haruslah bisa mengidentifikasikan pasar yang akan dijadikan sebagai sasaran sehingga bisa melihat potensi di dalam pasar tersebut. Setelah menguasai ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar yang akan dituju, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari siapa-siapa saja yang menjadi pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang sudah dikuasai oleh mereka. Perusahaan yang telah membuat perencanaan strategi haruslah mengembangkan strategi bauran pemasaran dengan mempersempit segmentasi produk sehingga promosi menjadi tepat sasaran. Contohnya adalah perusahaan X yang berada di dalam area industri minuman. Tidaklah cukup hanya menjelaskan bisnisnya saja yaitu minuman melainkan harus lebih fokus misalnya ini adalah produk minuman kopi, sari buah, susu, the dan yang lainnya.  

Selanjutnya pangsa pasar akan menunjukkan persentase penjualan yang telah dibukukan oleh suatu perusahaan dari total jumlah keseluruhan penjualan para pesaing yang menjadi gabungan di industri tertentu. Artinya adalah market share di sini merupakan salah satu indikator yang dipakai di dalam sebuah perusahaan untuk mengukur tingkat keberhasilan mereka terhadap para kompetitornya. Ada beberapa faktor yang wajib ditelusuri dalam mengkaji masalah perusahaan yang kurang mampu mencapai pangsa pasar yaitu sebagai berikut :

  • Promosi yang tidak bisa mencapai target market atau tidak tepat sasaran.
  • Terjadinya penurunan daya saing perusahaan.
  • Pesaing baru semakin banyak di industri yang sama.
  • Besarnya pangsa pasar yang terlampau tinggi.

Bagaimana Cara Meningkatkan Market Share

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa penting sekali untuk memahami pengertian pangsa pasar atau market share karena dapat mengetahui kekuatan dan kelemahannya serta bisa mengantisipasi pasar. Pahaimlah kelebihan dan kekurangan suatu perusahaan sehingga bisa melakukan analisa lebih lanjut. Maka suatu perusahaan bisa melakukan berbagai hal yang dibutuhkan untuk bisa meningkatkan produktivitas. Misalnya mengubah harga, mengubah layanan, meningkatkan promosi pemasaran, mengubah cara-cara distribusi dan lain-lainnya. Lantas bagaimana cara untuk bisa meningkatkan pangsa pasar ketika suatu perusahaan sudah memulai bisnis perdagangan. Berikut tipsnya :

  • Menciptakan dan membangun jaringan pasar sehingga bisnis dapat berkembang lebih besar.
  • Memperhatikan pergerakan harga di industri yang akan dibidik lalu menentukan harga yang terbagus.
  • Memperhitungkan kekuatan dari para competitor di industri yang sama.
  • Menentukan visi dan misi dari perusahaan mengenai target bisnis di masa depan.
  • Mempunyai keyakinan bahwa perusahaan bersangkutan akan menjadi berhasil di bisnis tertentu yang sedang dikembangkan.
  • Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak ada competitor dari perusahaan lainnya.

Kelebihan Dan Kekurangan Analisa Pangsa Pasar

Seperti disebutkan tersebut di atas, analisa pangsa pasar dapat digunakan sebagai alat untuk memberikan gambaran awal terhadap situasi perusahaan di dalam persaingan bisnis. Berikut di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan analisis market share.

1/ Kelebihan analisis pangsa pasar

Analisis pangsa pasar biasanya digunakan sebagai tolak ukur untuk membandingkan antara dua perusahaan atau lebih yang sedang bersaing di dalam area industri yang sama. Analisis pangsa pasar ini akan menunjukkan tingkat persaingan total terhadap seluruh perusahaan yang ada di dalam satu industri. Sehingga analisis pangsa pasar bisa dimanfaatkan sebagai bahan rujukan terhadap tingkat pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Bila pangsa pasar perusahaan meningkat dalam periode tertentu maka bisa dikatakan bahwa perusahaan bersangkutan telah mempunyai cara yang tepat untuk memasarkan produk sesuai dengan permintaan pasar.

2/ Kekurangan analisis pangsa pasar

Apabila perusahaan sudah mampu menjangkau sebagian besar market share namun profit yang dikumpulkan ternyata lebih sedikit dibandingkan dengan perusahaan lain di industri yang sama maka data market share bisa dianggap sebagai salah satu indikator yang kurang substansial. Data-data ini bisa menunjukkan informasi tentang dominasi satu atau sekelompok perusahaan di dalam suatu industri yang menyebabkan perusahaan lain sulit bersaing. Artinya adalah analisis market share hanya akan mendukung fakta bahwa perusahaan kecil tidak mampu bersaing dan hanya bisa meraup keuntungan yang kecil.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/market-share-adalah.html/

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel