Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia / SDM Demi Berkembangnya Bisnis

22 Feb 2022 16:35 1271 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bisnis Akan Berkembang Optimal Jika Ada Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia / SDM

Pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia / SDM memegang peranan yang sangat penting dari suatu organisasi yang di dalamnya membutuhkan komponen-komponen mempunyai standar tinggi guna lebih mampu memaksimalkan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Tentunya sebuah organisasi memiliki sebuah tujuan di dalam menjalankan organisasi tersebut. Salah satu komponen yang perlu mendapatkan perhatian secara terfokus adalah sumber daya manusia. Ini dibutuhkan guna mencapai tujuannya maka pastilah di dalamnya terdapat sebuah kompetisi antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lainnya. Oleh karena itu sumber daya manusia / SDM yang optimal tentulah sangat berpengaruh dalam keberhasilan persaingan yang sedang terjadi. Karena inilah maka sebuah program pelatihan dan pengembangan SDM dianggap sebagai salah satu penyelesaian yang tepat. Dimana melatih sumber daya manusia tidak serta merta menyangkut soal memberikan materi, praktek, uji coba dan lain sebagainya melainkan penyelenggara bersangkutan harus mengetahui apa sebenarnya definisi dari program, bersangkutan, apa saja tujuannya, apa saja manfaatnya dan lain sebagainya.

Pengertian Dari Pelatihan Dan Pengembangan SDM

Istilah dari pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia disusun dari 2 kata kerja yaitu yang pertama adalah pelatihan dan selanjutnya adalah pengembangan. Sehingga definisi yang diberikan dari program ini adalah mengandung dua makna. Pelatihan di sini diartikan sebagai sebuah program yang tujuannya untuk mencerdaskan serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan seseorang di dalam suatu perusahaan. Sedangkan pengembangan merupakan suatu proses yang dilakukan untuk melatih adanya jangkauan antara hubungan antar manusia atau human realtion dengan tingkat kecerdasan konseptual guna mengambil sebuah keputusan besar.

Tujuan Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pada hakikatnya sebuah program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia mempunyai tujuan yang sifatnya formal. Tujuan ini tak jauh berbeda dengan manfaat yang dimiliki dalam rangka dilakukannya pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Tujuan yang pertama adalah untuk mempersingkat waktu seseorang / individu dalam melakukan proses belajar menjadi individu yang lebih baik, menanamkan profesionalitas seorang individu, memastikan bahwa individu bersangkutan telah mengerti teknologi yang mutakhir, membuat individu menjadi lebih memiliki orientasi pada kelompok, menambah kemampuan individu dan membantu seorang individu untuk dapat memecahkan persoalan pribadinya.

Manfaat Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Yang pasti adalah sebuah program akan dianggap sebagai media untuk menyelesaikan masalah yang ada di dalam perusahaan jika di dalamnya bermanfaat. Adapun manfaat yang diberikan dari program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia antara lain bisa untuk menambah wawasan, mengembangkan kerpibadian yang baik, menekan tindak kinerja yang buruk, meningkatkan loyalitas sesama anggota dan meminimalisir kecelakaan kerja.

Tahapan Pelatihan Dan Pengembangan SDM

Secara garis besar ada 3 tahap umum yang wajib dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam hubungannya dengan menjalankan sebuah program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. 3 tahapan ini antara lain adalah menentukan kebutuhan program, merancang program dan mengevaluasi efektivitas program.

1/ Tahap pertama adalah perencanaan

Pada tahap ini adalah tahap untuk menentukan keperluan program yaitu penyelenggaraan yang dilakukan harus bisa mengumpulkan data-data dan informasi yang valid yaitu apakah sebuah organisasi membutuhkan program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia atau tidak. Apabila perusahaan bersangkutan sedang tidak membutuhkan ini maka lebih baik tidak melakukannya karena hanya akan membuang-buang tenaga dan biaya saja.

2/ Tahap kedua adalah pelaksanaan

Tahapan yang kedua adalah melakukan program sesuai dengan rencana. Tetapi jika rupanya memang program ini sangat dibutuhkan maka penyelenggaraan harus mampu merancang suatu program yang di dalamnya menyesuaikan dengan tujuan utama dari program ini disusun. Penyesuaian tujuan haruslah tepat guna karena di dalamnya ada saja tujuan lebih spesifik yang berhubungan dengan tahapan perencanaan.

3/ Tahap ketiga adalah evaluasi

Selanjutnya adalah tahapan evaluasi guna mengetahui apakah program yang sudah dilakukan berjalan efektif atau tidak. Tak hanya itu saja, evaluasi juga dilakukan untuk mengetahui kekurangan program yang dibuat lalu selanjutnya belajar dari kekurangan tersebut.

Metode Pelatihan Dan Pengembangan SDM

Ada beberapa jenis metode pelatihan dan pengembangan bisa dipilih dalam menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Masing-masing jenis metode ini bisa dipilih dan disesuaikan oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk menjalankan program yang telah dibuat. Metode yang utama adalah teknik pelatihan keahlian atau skill training, pelatihan ulang, pelatihan lintas fungsional, pelatihan tim dan pelatihan kreatifitas.

Pelatihan kreatifitas akan memberikan kesempatan kepada semua anggota di dalam suatu perusahaan untuk memberikan gagasan yang sifatnya rasional untuk dibahas lebih lanjut. Sedangkan pelatihan lintas fungsional adalah pelatihan-pelatihan yang diberikan untuk membuat masing-masing anggota bisa mempelajari bidang lainnya yang job desknya tidak mereka miliki. Sedangkan pelatihan tim bertujuan untuk membuat sesama anggota mampu bekerja sama dalam menyelesaikan suatu masalah yang mana bisa meningkatkan kerja tim untuk langkah selanjutnya.

Dengan melakukan pelatihan SDM maka diharapkan bisa membuat karyawan di dalam perusahaan yang anda kelola menjadi lebih terampil dan loyal terhadap perusahaan anda. Di sisi lain karyawan/wati pun akan memperoleh manfaat dari pelatihan yang dilakukan dengan meningkatnya kemampuan mereka. Termasuk di dalamnya ditujukan untuk para akuntan, mereka diharuskan untuk peka terhadap perubahan teknologi yang cepat sekali berubah dan standar akuntansi yang berlaku. Jika dahulu anda dihadapkan dengan pencatatan manual yang membutuhkan banyak waktu dan rentan mengalami kesalahan kecil maka kini anda bisa melakukan pencatatan pembukuan dengan mudah melalui software akuntansi seperti Accurate Online.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel