Pengertian, Karakteristik dan Hal Lain Terkait Pasar Persaingan Sempurna

22 Feb 2022 11:33 894 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Pengertian, Karakteristik Dan Hal Lain Terkait Dari Pasar Persaingan Sempurna

Yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna adalah sebuah kondisi dan situasi yang menggambarkan pasar dimana di dalamnya ada pembeli dan penjual yang berada bersama-sama memiliki sifat homogen, tidak ada monopoli terhadap harga-harga komoditas yang dijual di dalam area pasar bersangkutan. Semua kejadian yang berlangsung di dalamnya dalam kendali pembeli dan penjual secara individu.

Beberapa Karakteristik dari Pasar Persaingan Sempurna

Tersebut di bawah ini kami berikan 4 karakteristik utama yang berlangsung di dalam pasar persaingan sempurna, antara lain sebagai berikut :

1/ Kebebasan masuk atau keluar dari industri / mobilitas sumber daya yang sempurna

Seperti diketahui bahwa perusahaan dengan mengaplikasikan pasar persaingan sempurna bebas memasuki dan keluar dari industri. Perusahaan ini tidak dibatasi oleh aturan dan peraturan pemerintah, biaya awal atau hambatan lain guna masuk ke dalamnya. Beberapa perusahaan yang lainnya mengeluarkan biaya-biaya awal yang tinggi atau membutuhkan izin pemerintah guna bisa memasuki industri, dimana hal ini tidak berlaku untuk sebuah perusahaan dengan menerapkan konsep pasar persaingan sempurna di dalamnya. Perusahaan yang termasuk ke dalam kelompok pasar persaingan sempurna tidak bisa dicegah untuk meninggalkan industri seperti untuk tujuan utilitas publik yang sudah diatur oleh pemrintah. Perusahaan seperti ini bisa mendapatkan tenaga kerja, modal dan sumber daya apa pun yang diperlukan tanpa adanya penundaan dan tanpa pembatasan yaitu tidak ada diskriminasi rasial, etnis atau gender. 

2/ Berhubungan dengan pengetahuan secara optimal mengenai harga dan kualitas antara penjual dan pembeli

Dalam hal ini pembeli secara langsung menyadari akan kondisi harga dan kualitas yang diberikan oleh penjual sehingga sebuah perusahaan tidak akan bisa menjual barangnya dengan harga lebih besar dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Masing-masing penjual dilengkapi dengan informasi mencakup harga yang dikenakan oleh penjual lainnya sehingga mereka tidak akan bisa menaikkan harga sekalipun lebih sedikit dibandingkan dengan harga pasar yang sedang diterapkan pada saat itu. Pengetahuan yang jelas juga meliputi bidang teknologi dimana masing-masing perusahaan dengan persaingan sempurna di dalamnya mempunyai akses secara langsung ke teknik produksi yang dilakukan bersama-sama. Tidak ada satu perusahaan bisa menghasilkan output lebih murah, lebih baik atau lebih cepat karena penguasaan pengetahuan yang optimal.  mengkhusus  

3/ Rata-rata para penjual adalah perusahaan kecil

Di dalam pasar persaingan sempurna terdiri atas sejumlah besar perusahaan-perusahaan kecil jika dibandingkan dengan ukuran secara totalitas terhadap sebuah pasar. Ini untuk dapat memastikan bahwa tidak ada satu pun perusahaan yang bisa melakukan kontrol pasar terhadap harga yang ditawarkan atau kuantitasnya. Apabila sebuah perusahaan memutuskan untuk melakukan penggandaan output atau justru akan berhenti memproduksi seluruhnya maka kondisi pasar tetap tidak terpengaruh. Dalam hal ini harga yang ditawarkan tidak berubah dan juga tidak ada perubahan dalam hal kuantitas yang akan dipertukarkan. Banyak perusahaan kecil yang dibutuhkan dalam menerapkan industri persaingan yang sempurna sehingga masing-masing perusahaan tidak memegang kendali dalam prakteknya di pasar. Ini tidak ada hubungannya dengan penjelasan secara aktual guna menjawab beberapa pertanyaan yang muncul sehubungan dengan penerapan konsep pasar persaingan sempurna. Karena fakta bisa menjelaskan bahwa pasar persaingan sempurna adalah menonjolkan struktur pasar yang ideal. Dimana sebagian besar disebabkan oleh anggapan bahwa jumlah perusahaan yang tersedia tidaklah sepenting hasil atau justru harus ada perusahaan yang memegang kendali pasar.

4/ Produk identik / homogen yang dijual oleh semua perusahaan

Masing-masing perusahaan di dalam pasar persaingan sempurna biasanya menjual produk-produk yang identik disebut dengan istilah barang homogen. Karakteristik keempat di sini tidak begitu banyak menjelaskan tentang hal-hal berhubungan dengan kondisi dari pasar persaingan sempurna sehingga barang-barang yang dihasilkan hampir sama dan sama persis namun pembeli tidak jeli membedakannya. Secara khusus, pembeli kurang mampu mengetahui perusahaan-perusahaan mana yang menghasilkan produk-produk tertentu. Karena di dalamnya tidak berkaitan dengan adanya nama merek atau fitur pembeda yang akan membedakan produk dengan perusahaannya. Karakteristik yang menonjol di sini adalah masing-masing perusahaan yang melakukan persaingan sempurna menghasilkan suatu benda yang merupakan pengganti berfungsi secara optimal untuk mendapatkan output dari setiap perusahaan lain di dalam area pasar tertentu. Tidak akan ada perusahaan yang bisa membebankan harga dari barang yang telah diterima oleh perusahaan lainnya. Jika salah satu diantaranya mencoba untuk membebankan harga yang lebih besar maka pembeli akan segera beralih ke barang lainnya yang merupakan barang pengganti yang memiliki kualitas lebih unggul.

Pola Pikir Ahli Ekonom Tentang Munculnya Pasar Persaingan Sempurna

Tidak ada seorang ahli ekonom yang berpendapat bahwa pasar persaingan sempurna merupakan perwakilan dari dunia nyata dan percaya bahwa pasar persaingan sempurna benar-benar bisa dicapai tanpa hambatan. Perdebatan yang kerap muncul diantara para ekonom adalah apakah pasar persaingan sempurna bisa dianggap sebagai ukuran secara teoritis untuk pasar riil ? Kelompok ekonom neoklasik memiliki pendapat bahwa persaingan sempurna memiliki banyak manfaat dimana sebagian besar analisis mereka berasal dari prinsip di dalamnya. Inilah yang menyebabkan ada banyak aliran yang kurang setuju.

Pemenang Nobel dunia F.A. Hayek berpendapat bahwa pasar persaingan sempurna tidak mempunyai klaim yang dikenal dengan istilah kompetisi. Beliau lebih lanjut menjelaskan bahwa model di dalamnya akan menghapus semua aktivitas kompetitif lalu mengurangi semua pembeli dan penjual menjadi kondisi dimana ada sekelompok pembeli dengan menggunakan harga yang tidak ada bandingnya. Dimana dalam menjalani dunia usaha, anda benar-benar dituntut untuk menjadi rasional tetapi tetap profesional. Contohnya adalah yang berhubungan dengan perkembangan teknologi era modern seperti saat ini, anda akan dituntut untuk melakukan segalanya serba tepat dan cepat termasuk melakukan pencatatan keuangan sekaligus memantau aliran keluar masuknya uang. 

Pasar Persaingan Sempurna Dan Hambatannya

Ada banyak industri yang mempunyai hambatan untuk memulai masuk contohnya adalah yang berhubungan dengan biaya-biaya starup yang tinggi (dalam industri manufaktur otomotif) atau peraturan pemerintah yang ketat (dalam industri utilitas) akan membatasi kemampuan perusahaan untuk masuk dan keluar dari lingkaran industri bersangkutan. Adanya beberapa rintangan secara signifikan dapat mencegah kemunculan pasar persaingan sempurna dalam perekonomian modern. Industri pertanian adalah salah satu contoh yang paling dekat bisa menunjukkan kondisi pasar persaingan sempurna karena ditandai dengan banyaknya produsen kecil yang hampir tidak menyimpan kemampuan untuk mengubah harga jual produk-produk mereka. Kelompok pembeli komersial komoditas pertanian pada umumnya sangat terinformasi meskipun produksi pertanian melibatkan beberapa hambatan untuk masuk, yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memasuki pasar sebagai produsen.

Apakah Pasar Persaingan Sempurna Ada Di Dunia Nyata ?

Melihat dari keempat karakteristik tersebut di atas maka bisa disimpulkan bahwa jarang sekali di dalam suatu industri bisa mengadopsi pasar persaingan sempurna atau mungkin tidak ada di dunia nyata. Contohnya adalah sebagian besar produk-produk yang mempunyai beberapa tingkat diferensiasi atau perbedaan. Utamanya terhadap produk yang sifatnya sederhana seperti air kemasan, produsen akan melakukan beberapa variasi disesuaikan dengan metode pemurnian, ukuran produk dan identitas merek.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel