Pengertian, Fungsi dan Tujuan dari Manajemen Sumber Daya Manusia Dibentuk

21 Feb 2022 20:05 735 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Dari Manajemen Sumber Daya Manusia Dibentuk  

Apakah yang dimaksudkan dengan Manajemen Sumber daya Manusia / MSDM ? Secara sederhana yang berhubungan dengan definisi dari MSDM ini adalah mencakup manajemen (yaitu serangkaian proses untuk mengelola suatu hal), sumber daya (adalah ketersediaan secara terbatas terhadap nilai yang tersimpan di dalam potensi sesuatu) dan manusia (yaitu merujuk kepada masing-masing individu yang merupakan sekumpulan tenaga kerja terampil di dalam sebuah organisasi yang mampu berkembang sesuai dengan skillnya masing-masing).

Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Pengertiannya Menurut Para Ahli

Menurut pendapat beberapa ahli ilmu manajemen menjelaskan mengenai definisi dari MSDM yaitu diantaranya seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini :

1/ Pendapat dari Anwar Prabu Mangkunegara

Definisi dari MSDM menurut pendapat Anwar Prabu Mangkunegara adalah segala hal yang erat kaitannya dengan pengawasan, pelaksanaan, pengorganisasian dan perencanaan terhadap pemisahan, pemeliharaan, pengintegrasian, pemberian remunerasi, pengembangan dan pengadaan tenaga kerja dalam hubungannya dengan rangka yang disusun guna mencapai tujuan dari organisasi bersangkutan.

2/ Definisi dari Handoko

Menurut pendapat dari Handoko memberikan penjelasan mengenai pengertian manajemen sumber daya manusia adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menyeleksi penggunaan, pemeliharaan, pengembangan dan perekrutan sumber daya manusia dalam rangka untuk pencapaian tujuan akhir yaitu pemenuhan tujuan dari individu dan organisasi.

3/ Pendapat dari Henry Simamora

Definisi MSDM menurut pendapat Henry Simamora menjelaskan bahwa pengelolaan, pemberian remunerasi, penilaian, pengembangan dan pendayagunaan masing-masing individu dalam anggota kelompok pekerja.

4/ Definisi dari Achmad S. Ruky

Achmad S. Ruky mendefinisikan MSDM / manajemen sumber daya manusia merupakan sebuah aplikasi yang mengarah kepada efisiensi serupa dalam hubungannya dengan pemeliharaan, pengembangan, akuisisi dan pemanfaatan sumber daya manusia yang dibentuk oleh suatu organisasi yang bersifat efektif guna mencapai tingkatan-tingkatan yang lebih optimal terhadap pemanfaatan sumber daya manusia yang dijalankan oleh organisasi secara efektif guna mencapai tingkatan yang lebih optimal dari pemanfaatan sumber daya manusia di dalam organisasi untuk mencapai tujuannya.

Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Fungsinya

Dengan merujuk kepada pengertian manajemen SDM yang disumbangkan oleh para ahli tersebut di atas maka selanjutnya akan menjadi lebih mudah untuk mengatur tenaga kerja di dalam sebuah perusahaan sekaligus memantau interaksi antar anggota di dalamnya. Dalam hal menerapkan manajemen sumber daya manusia yang optimal di dalam sebuah perusahaan atau suatu bisnis maka diharapkan mempunyai beberapa manfaat sesuai dengan fungsi dari MSDM itu sendiri yaitu sebagai berikut :

1/ Berhubungan secara langsung dengan karyawan

Seperti diketahui bahwa sebuah bisnis atau suatu perusahaan yang telah berhasil menerapkan manajemen sumber daya manusia secara teratur akan bisa menghindari munculnya permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan serikat pekerja. Keteraturan yang dimaksudkan di sini adalah erat kaitannya antara para pemimpin perusahaan dan anggotanya yaitu untuk dapat mencegah serikat pekerja melakukan aksinya seperti mogok kerja, demonstrasi dan permasalahan-permasalahan lainnya berhubungan dengan tenaga kerja.

2/ Berhubungan dengan bidang kepegawaian

Terbentuknya MSDM yang bagus di dalam suatu perusahaan erat kaitannya dengan pembentukan perencanaan yang optimal terkait dengan seleksi tenaga kerja disesuaikan dengan keperluan pihak perusahaan. Dalam hal ini manajer memegang peranan besar untuk melakukan penyaringan tenaga kerja yang memenuhi kriteria telah ditentukan dengan dilengkapi oleh keahlian dan komposisi yang diperlukan oleh pihak perusahaan. Tujuan dilakukannya tahapan ini adalah agar tidak terjadi sebuah kesenjangan kondisi yaitu tidak terjadi kekurangan dan kelebihan tenaga kerja.

3/ Berhubungan dengan kompensasi

Manajemen SDM erat hubungannya dengan pengkoordinasian untuk memberikan kompensasi atau reward untuk para tenaga kerja di dalam suatu perusahaan. Manajer perusahaan bersangkutan memegang tanggung jawab yang besar untuk mengembangkan struktur penggajian yang bagus agar mendapatkan keserasian dan kesesuaian antara pembayaran dengan manfaat yang diperoleh oleh tenaga kerja.

4/ Berhubungan dengan pengembangan dan pelatihan

Yang terakhir adalah berhubungan dengan pengertian manajemen sumber daya manusia yang di dalamnya mengatur sebuah hubungan tenaga kerja dimana ini akan berpengaruh terhadap peranan di dalamnya yaitu untuk memberikan pelatihan-pelatihan disertai dengan pengarahan yang fungsional terhadap anggota perusahaan. Manajer memiliki tanggung jawab terhadap beragam masalah pemutusan hubungan kerja apabila ada anggota yang tidak memenuhi kriteria kualitas tenaga kerja yang diperlukan oleh pihak perusahaan khususnya jika terjadi kelebihan tenaga kerja.

Menurut Ahli, Sumber Daya Manusia Memiliki Beberapa Tujuan

Manajemen sumber daya manusia pada dasarnya erat berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya manusia yang di dalamnya mencakup organisasi secara efektif dan efisien. Salah satunya adalah pendapat yang disumbangkan oleh Barry Cushway (adalah seorang penulis buku dengan judul Human Resources Management) terdapat beberapa tujuan manajemen SDM diantaranya adalah sebagai berikut :

1/ Sebagai media komunikasi terbagus

MSDM dalam hal ini memegang peranan penting sebagai media komunikasi yang berfungsi menjembatani hubungan diantara para pekerja, manajer dan perusahaan. Dimana pada kondisi tertentu seringkali dijumpai para karyawan/wati justru menghindari untuk melakukan komunikasi secara langsung dengan manajernya atau sesama staff lainnya dalam satu perusahaan. Di sinilah peran divisi MSDM sangat dibutuhkan guna membantu memperlancar komunikasi tersebut.

2/ Untuk memudahkan dalam membuat kebijakan dan pertimbangan

MSDM dalam hal ini mempunyai tugas untuk memotivasi seluruh pekerja di dalam sebuah perusahaan. Sehingga divisi yang bertugas untuk mengurus masalah tersebut harus ikut serta membantu membuat kebijakan-kebijakan untuk SDM.

3/ Membantu perusahaan mencapai tujuan

Divisi manajemen SDM memiliki tanggung jawab yang berhubungan dengan penerapan kebijakan-kebijakan yang disusun berdasarkan atas perhatian yang terfokus terhadap dampak kebijakan dan prosedur terhadap para pekerja.

4/ Memberikan dukungan dan penyelesaian masalah  

Yang terakhir adalah mendukung perusahaan berupa perekrutan SDM yang berkualitas dan menciptakan kondisi yang sifatnya kondusif di dalam perusahaan. Peran MSDM juga sangat penting dalam hal menyelesaikan permasalahan yang muncul sekecil apapun di dalam perusahaan.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel