5 Manfaat Google Workspace untuk Bisnis

21 Feb 2022 15:35 578 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Alat dari Google untuk mempermudah dan mendukung aktivitas Anda.

Jika Anda memulai bisnis, kemungkinan besar Anda sedang mencari email dan perangkat lunak perkantoran untuk menjalankannya. Ada banyak suite produktivitas bisnis di luar sana, dan memilih yang tepat untuk perusahaan Anda bisa tampak seperti sebuah tantangan.

Jika Anda membutuhkan rangkaian produktivitas yang terjangkau dan andal untuk bisnis Anda, Google Workspace mungkin yang Anda cari. Kumpulan alat dari Google ini menawarkan email, penyimpanan cloud, pembuatan dokumen, dan banyak lagi, semuanya dengan alat kolaborasi yang luar biasa di dalamnya.

Mengenal Apa itu Google Workspace

Sederhananya, Google Workspace adalah paket aplikasi dan layanan Google yang berfokus pada bisnis. Ini adalah jawaban Google untuk Microsoft Office, dengan fokus utama pada kolaborasi dan cloud.

Layanan ini awalnya diluncurkan pada tahun 2006 sebagai Google App. Rebranding diikuti, pertama sebagai G Suite pada tahun 2016 dan kemudian sebagai Google Workspace pada tahun 2020. 

Selain perubahan nama, Google Workspace dengan cepat mendapatkan pengikut karena kemudahan penggunaan, fitur kolaborasi yang kuat, dan kemampuan untuk menggunakannya dari browser web apa pun.

Sebagian besar aplikasi yang disertakan dalam Google Workspace tersedia gratis untuk siapa saja yang memiliki akun Google. Namun, dengan berlangganan salah satu paket Google Workspace berbayar , Anda akan mendapatkan pengalaman bebas iklan, dukungan pelanggan yang ditingkatkan, dan beberapa keuntungan tambahan.

5 Manfaat Utama Google Workspace untuk Bisnis

Google Workspace memiliki banyak hal untuk ditawarkan untuk bisnis dari berbagai ukuran dan ceruk. Mari kita lihat lima cara solusi ini dapat membantu perusahaan Anda berbuat lebih banyak.

1. Anda Akan Mendapatkan Akses ke Berbagai Alat

Google Workspace menawarkan semua dasar yang Anda harapkan dari suite kantor dan banyak lagi. Berikut adalah fitur utama:

  • Gmail, platform email Google, menawarkan banyak fitur dan banyak fleksibilitas.
  • Meet adalah solusi konferensi video aman Google Workspace, yang dirancang agar sederhana dan bermanfaat.
  • Obrolan memungkinkan Anda tetap berhubungan dengan rekan kerja dan kolega dengan mudah.
  • Kalender adalah alat lintas platform yang andal yang terintegrasi dengan aplikasi Google Workspace lainnya.
  • Drive menyediakan penyimpanan cloud yang aman untuk semua file Anda.
  • Documents adalah perangkat lunak pengolah kata Google dan dibuat untuk kolaborasi.
  • Spreadsheet adalah aplikasi spreadsheet Google Workspace yang mudah digunakan dan kolaboratif.
  • Keep adalah aplikasi pencatat Google, yang mendukung foto, daftar periksa, dan banyak lagi.

Apa pun kebutuhan bisnis Anda, Google Workspace mungkin menawarkan solusi yang dapat membantu. Anda dapat melihat daftar lengkap fitur dan aplikasi yang disertakan di situs web Google.

2. Kebutuhan Email Akan Terpenuhi

Gmail telah menjadi standar industri selama bertahun-tahun, berkat fitur-fitur canggihnya serta perlindungan dan keamanan spam terbaik di kelasnya. Akun Google Workspace memberi Anda semua fitur terbaik Gmail, seperti balasan cerdas, sekaligus memungkinkan Anda menggunakan domain email khusus Anda sendiri.

Setelah itu, label dengan mudah menjadi salah satu fitur Gmail paling berguna untuk bisnis. Alih-alih folder, seperti yang akan Anda temukan di sebagian besar program email tradisional, Gmail memungkinkan Anda menetapkan beberapa label untuk setiap pesan. Ini memberi Anda banyak fleksibilitas dalam mengatur komunikasi Anda.

3. Proses Kolaborasi Menjadi Mudah

Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide (solusi presentasi) adalah aplikasi produktivitas yang mudah digunakan yang menawarkan banyak fungsi penting yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis. Lebih baik lagi, mereka menyediakan jalan mudah untuk kolaborasi.

Faktanya, semua aplikasi Google Workspace dirancang dari awal untuk membuat bekerja sebagai tim menjadi lebih sederhana. Anda dapat meminta beberapa orang mengerjakan Google Dokumen secara bersamaan dan melihat posisi semua orang dalam dokumen. Komentar hanya dengan sekali klik, dan Anda dapat menerima pemberitahuan langsung ketika seseorang menandai Anda. 

Selain itu, Google Meet dan Google Chat menawarkan konferensi video dan pengiriman pesan sederhana yang dapat Anda ikuti dengan sekali klik. Pada layanan pesaing seperti Microsoft Office, fitur ini mungkin terasa seperti renungan atau memerlukan lebih banyak upaya untuk digunakan.

4. Aplikasi Google Workspace Tersedia Di Mana Saja

Semua aplikasi Google Workspace berbasis web, yang berarti tersedia di perangkat apa pun dengan browser web. Anda tidak perlu khawatir tentang menginstal program apa pun, dan pekerjaan Anda tidak akan terganggu oleh pembaruan perangkat lunak. Google juga menawarkan aplikasi iOS dan Android yang sangat baik untuk semua layanan utamanya, sehingga Anda dapat bekerja saat bepergian jika diperlukan.

Untuk melengkapi aplikasi ini, Google menyediakan layanan penyimpanan awan Drive. Paket Google Workspace dasar dilengkapi dengan penyimpanan cloud 30 GB, tetapi meningkatkan ke tingkat yang lebih tinggi yang mencapai beberapa terabyte . Jadi, ada banyak ruang untuk dokumen penting dan konten kreatif Anda .

Jika Anda khawatir tidak memiliki akses internet dan terkunci dari file Anda, jangan khawatir. Google Workspace memungkinkan Anda untuk menyinkronkan aplikasi utama untuk penggunaan offline, sehingga Anda masih dapat mengedit dokumen atau melihat email saat tidak ada koneksi.

5. Harga Terjangkau

Terakhir, Google Workspace sangat terjangkau. Paket dasar mulai dari hanya $6 per bulan per pengguna, yang merupakan harga yang sangat baik untuk pemilik usaha kecil yang sadar anggaran.

Paket tingkat yang lebih tinggi meningkatkan harga menjadi $12 per bulan tetapi juga secara drastis meningkatkan jumlah penyimpanan Google Drive. Semua paket Google Workspace juga menghapus iklan yang biasanya ada di versi aplikasi gratis, sehingga Anda dapat bekerja tanpa gangguan.

Tags Google

About The Author

Nando Rifky 27
Novice

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional Murah & Terpercaya!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel