Menu Diet Sehat yang Mudah untuk Siapapun

9 Feb 2022 16:10 1234 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Mudah Membuat Menu Diet Sehat Yang Bisa Diikuti Oleh Siapa Saja.

Sangat mudah menyiapkan daftar menu sehat untuk siapa saja. Ragam menu diet ini sebenarnya mudah dibuat dengan variasi bahan yang sangat berlimpah ditemukan di pasar-pasar tradisional atau supermarket. Bahan-bahan yang dimaksudkan tidak harus mahal sehingga anda bisa menyiapkannya setiap hari di dapur dan tidak perlu merogoh biaya yang terlalu mahal untuk berlangganan katering.

Nah tersebut di bawah ini ada 10 bahan yang bisa disajikan untuk menjadi inspirasi menu diet sehat tanpa harus menguras isi dompet. Jadikanlah sebagai salah satu cara diet sehat yang terpraktis tanpa perlu melakukan olahraga berat. Simak penjelasannya.

1/ Dada ayam kukus

Jika ingin diet anda sukses maka anda harus rela tidak menyantap dada ayam tanpa kulit yang dimasak dengan cara digoreng garing dengan bumbunya. Masaklah dada ayam ini dengan cara dikukus atau direbus dengan menambahkan sedikit taburan garam dan merica. Atau untuk menghilangkan rasa bosan, dada ayam bisa dimasak dengan cara dipanggang dalam oven atau dibakar di atas bara api.

2/ Sayuran rebus atau kukus

Variasikan jenis-jenis sayuran yang akan anda jadikan sebagai menu diet sehat agar tidak lekas bosan. Misalnya saja hari ini makan siang dengan brokoli rebus, maka menu makan malam bisa menyantap sayuran campur yang direbus (wortel, buncis dan jagung muda). Begitu juga keesokan harinya bisa bergantian dengan menyuguhkan sayur sawi-sawian yang dikukus, pare kukus atau kacang panjang dan taoge yang direbus. Inilah cara diet sehat dan murah yang selama ini dicari.

3/ Telur kukus

Cara memasaknya sama seperti halnya meracik telur dadar omelet yaitu dengan menambahkan bawang daun, jamur, tomat dan tambahan bumbu lainnya. Kukus telur dalam wadah kaca atau rantang stainless hingga matang. Jika anda ingin lebih praktis maka anda bisa memilih telur rebus sebagai salah satu sumber protein.

4/ Urap-urapan

Ini adalah salah satu jenis hidangan tradisional yang rendah kalori namun bisa mengenyangkan yaitu sayur urap. Agar mendapatkan hasil yang optimal, sajikan sayur urap dengan sepotong dada ayam rebus. Nah diet anda pun tidak akan terasa hambar. Untuk menghilangkan rasa bosan maka buat sayur urap manis pedas dengan tambahan potongan dada ayam rebus.

5/ Ikan bakar

Menu yang satu ini sangat familiar dengan keseharian orang Indonesia. Ikan bisa dibeli di pasar-pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau dan bisa diandalkan sebagai menu sehat anda. Beberapa contoh ikan yang enak dimasak dengan cara dibakar adalah ikan nila, bawal, kembung, mas, kuwe, gurami dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang menjadi favorit adalah menu diet ikan bakar bumbu rujak.

6/ Salad sayuran

Disarankan untuk tidak menyantap sajian berupa salad dengan dressing berbahan mayones jika tidak ingin menggagalkan diet anda. Sajikan dengan dressing berbahan dasar minyak zaitun. Untuk sayurannya pilih aneka jenis sayuran selada seperti selada keriting, selada iceberg, tomat, mentimun atau jagung rebus.

7/ Kentang panggang dan mashed potato

Kentang bisa difungsikan sebagai pengganti nasi yaitu salah satu jenis karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk menu diet sehat anda. Kentang bisa dikukus atau dipanggang, anda juga bisa meracik mashed potato dengan cara menumbuk halus kentang kukus lalu dibumbui dengan mentega serta sedikit merica dan garam.

8/ Pepes tahu dan tempe

Tahu dan tempa adalah salah satu bahan yang kaya akan kandungan protein, dimana kedua bahan ini sangat mudah didapat di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Olahlah dengan cara dikukus atau dijadikan pepes dengan perpaduan bahan lain yang bisa menggugah selera makan. Misalnya pepes tahu daun kemangi atau pepes tempe berbumbu kencur. Untuk mendapatkan rasa yang lebih kaya maka cobalah memasak pepes tahu dan tempe tersebut.

9/ Tumis jamur-jamuran

Salah satu alasan mengapa jamur kerap hadir sebagai menu diet sehat adalah nutrisi di dalamnya mampu difungsikan untuk menurunkan berat badan. Jamur biasanya disantap oleh para wanita yang ingin awet muda karena di dalamnya mengandung anti aging.

10/ Sop ayam sayuran

Raciklah kaldu sop dari tulang ayam. Lalu isi dengan potongan daging dada ayam tanpa kulit dan padukan dengan aneka jenis sayuran dalam masakan sop yang anda buat. Sop ayam sayuran bening ini cocok disantap bagi anda yang sedang melakukan diet tetapi tetap ingin tampil sehat dan bisa menyantap sajian berkuah yang rasanya gurih.

Khusus untuk Bulan Ramadan ini anda bisa mengikuti berbagai menu puasa yang spesifik dan cocok baut anda yang lagi melakukan diet sehat. Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel