Mengenyangkan dan Sehat, Inilah 3 Jenis Makanan Rendah Kalori Bagus untuk Sarapan

10 Feb 2022 10:30 1194 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Mengenyangkan Dan Sehat, Inilah 3 Jenis Makanan Rendah Kalori Bagus Untuk Sarapan.

Mengapa harus memilih makanan rendah kalori untuk sarapan pagi anda ? Alasannya adalah guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sekaligus untuk menurunkan berat badan. Itulah mengapa ada begitu banyak kombinasi resep makanan yang rendah kalori saat ini semakin menarik untuk dicoba. Ingin tahu beberapa masakan rendah jalori yang mengenyangkan dan mudah dicoba di rumah ? Yuk simak 3 resep mudah makanan kalori rendah tersebut di bawah ini.

1/ Masakan Ayam Goreng Oven

Daging ayam bisa dikategorikan sebagai salah satu bahan makanan yang rendah kalori namun bisa mengenyangkan perut sekaligus menyehatkan tubuh, asalkan diolah dengan cara yang tepat. Meskipun menggunakan bahan-bahan yang biasa-biasa saja, namun hasil akhirnya sangat nikmat disantap untuk menu sarapan pagi anda yang bergaya ala ayam goreng khas Amerika Serikat bagian selatan ini. Kali ini daging ayam akan dimasak melalui proses pemanggangan yang menjadi alternatif proses menggoreng dan penggunaan minyak yang kurang sehat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan : ayam bagian paha, tepung roti, garlic powder, telur ayam, buttermilk, garam dan merica.

Cara memasak :

  • Panaskan oven hingga 220 C serta alasi papan panggangan dengan baking parchment dan aluminium foil.
  • Aduk-aduk rata adonan tepung roti, garlic powder, garam dan merica.
  • Siapkan adonan terpisah berupa campuran telur dan buttermilk.
  • Campurkan paha ayam dengan adonan telur dan setelahnya tepung roti. Pastikan semuanya terlumuri dengan sempurna.
  • Panggang ayam selama kurang lebih 1 jam. Sajikan.

2/ Bubur Ayam Modern

Ternyata ada cara mengolah untuk menjaga agar bubur ayam yang sedang anda masak tetap rendah kalori. Melalui proses masak yang slow cooking maka pastikan anda memasak di malam sebelumnya agar bisa dinikmati hasilnya di waktu pagi hari. Selain berfungsi untuk makan pagi, sajian yang satu ini cocok untuk anda yang hendak menyiapkan makanan sehat untuk sahur. Yang anda butuhkan adalah alat slow-cooker dan bahan-bahan seperti kaldu ayam, nasi, jahe, garam, dada ayam, cabai, bunga lawang, kacang panggang tanpa garam, chili oil, daun bawang, kangkung dan alpukat.

Berikut adalah langkah-langkah memasaknya :

  • Masukkan kaldu ayam, nasi, jahe, dada ayam, cabai, bunga lawang dan garam secukupnya ke dalam slow cooker. Tutup dan masak selama 7,5 jam dalam mode ‘LOW” selanjutnya ambil ayam dan suwir-suwir.
  • Kembali tutup slow cooker dan masak selama 30 menit dalam mode “HIGH”.
  • Ambil cabai dan kembang lawang serta bagi rata bubur ayam ke dalam mangkok saji. Tambahkan pelengkap berupa kacang oven, daun bawang, kangkung, alpukat yang telah dipotong-potong serta sedikit chili oil.

3/ Salmon & Pakchoy

Masakan rendah kalori yang mengenyangkan ketiga adalah salmon dan pakchoy yang sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia rata-rata sangat menyukai masakan yang satu ini karena kaya kandungan gizi. Perpaduan kedua bahan ini menghasilkan hidangan lezat yang rendah kalori.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kecap asin rendah sodium, madu, jahe serut, minyak wijen hitam, garlic powder, pakchoy, ikan salmon dan daun bawang.

Cara memasak :

  • Panaskan broiler atau oven toaster.
  • Aduk-aduk rata kecap asin, madu, jahe, minyak wijen dan garlic powder di dalam mangkok bersih.
  • Siapkan papan panggangan dan tutupi dengan potongan pakchoy. Letakkan ikan salmon di atas bagian daun dari pakchoy dan bagian kulit mengarah ke bawah,
  • Tuangkan saos le seluruh bagian salmon dan secara merata ke bagian tangkai dari pakchoy.
  • Panggang selama 5 menit dan balikkan pakchoy agar tidak gosong. Panggang lagi beberapa waktu hingga matang sesuai dengan selera. Sajikan bersama taburan daun bawang.

Nah diet rendah kalori tersebut di atas adalah menu diet yang hanya membatasi asupan kalori sebesar 1.200 hingga 1.600 kalori per hari untuk pria dan 1.000 hingga 1.200 kalori untuk wanita. Yang membedakan di sini adalah istilah diet kalori yang sangat rendah atau hanya sebesar 800 kalori per hari. Untuk tipe yang ini biasanya hanya bisa dicapai dengan makanan rendah kalori untuk diet yang spesifik seperti protein shake, low cal bar atau sop yang dirancang sebagai pemgganti makanan normal dan mempunyai kandungan vitamin ekstra.

Disarankan agar anda mencoba saja diet rendah kalori dengan resep-resep praktis tersebut di atas. Di samping menyehatkan, diet normal ini lebih aman untuk tubuh. Satu hal yang harus diingat dari yang namanya diet adalah bertujuan untuk menjaga gaya hidup sehat. Misalnya dengan tetap berolahraga. Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel