Waspada! Faktor Berikut ini adalah Penyebab Insomnia

8 Feb 2022 19:35 794 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Insomnia Muncul Karena Faktor Berikut Ini.

Kondisi kesulitan untuk tidur terlelap di waktu malam hari mungkin sering dialami oleh sebagian orang. Dimana diketahui bahwa kondisi ini dikenal dengan nama insomnia yang tentunya mempunyai efek kurang bagus untuk kebugaran dan kesehatan tubuh.

Ketika anda sedang dilanda stres atau mempunyai kebiasaan tidur yang buruk maka dapat dipastikan anda sedang mengalami insomnia. Ada beberapa penyebab insomnia yang umumnya dialami oleh seseorang. Mungkin saja anda pernah mengalaminya. Nah sebelum memutuskan untuk berobat, terlebih dahulu kenali apa saja yang menjadi penyebab munculnya insomnia. Yuk simak penjelasan kami tersebut di bawah ini.

1/ Insomnia karena minuman berkafein

Ragam jenis minuman yang mengandung kafein memiliki sifat merangsang otak agar tetap aktif bekerja. Nah kalau anda meminumnya beberapa jam sebelum tidur, dipastikan dampaknya bisa menyebabkan insomnia. Stimulasi ini tentu saja bisa mengganggu tidur anda di waktu malam hari. Begitu juga dengan konsumsi minuman beralkohol, anda bisa mengalami dampak yang sama.

2/ Insomnia karena faktor kegemukan

Centers for Disease Control anda Prevention menjelaskan bahwa gangguan tidur erat hubungannya dengan obesitas. Orang dewasa yang tidur kurang dari 6 jam per malam mempunyai tingkat obesitas sebesar 33 persen. Pola yang seperti ini ditemukan pada pria dan wanita di semua usia dan kelompok etnis tertentu yang memiliki pola makan yang kurang teratur sehingga rentan terserang obesitas.

3/ Insomnia disebabkan karena kebiasaan buruk sebelum tidur

Kebiasaan mendengarkan musik, menonton TV atau bekerja di tempat tidur bisa menyebabkan anda kesulitan untuk tidur. Cobalah untuk tidak makan terlalu berlebihan sebelum tidur. Catat siklus istirahat tubuh anda yang bagus dan sehat agar tidak mudah terganggu.

4/ Insomnia karena stres

Rasa cemas dan khawatir secara berlebihan bisa membuat pikiran anda tetap aktif di waktu malam hari. Biasanya hal ini disebabkan karena masalah pekerjaan, sekolah atau konflik dengan keluarga. Secara otomatis anda akan mengalami stres, bila terjadi stres pada waktu malam hari maka anda bisa terkena insomnia.

5/ Insomnia karena depresi

Depresi merupakan sumber umum dan utama dimana seseorang bisa berkembang mengalami insomnia. Kemungkinan besar penyebabnya adalah karena ketidakseimbangan kimiawi di otak yang bisa mempengaruhi pola tidur anda di waktu malam hari. Anda mungkin terlalu tertekan oleh ketakutan atau pikiran yang mengganggu sehingga sulit tidur nyenyak.

6/ Insomnia karena perubahan lingkungan

Pergeseran atau perubahan kerja atau perjalanan jarak jauh bisa mempengaruhi ritme sirkadian tubuh. Karena tubuh anda sebenarnya yang mengatur siklus tidur terutama di waktu malam hari, suhu tubuh dan metabilisme dengan optimal.

7/ Insomnia karena pengaruh obat-obatan

Mengkonsumsi sejumlah obat-obatan tertentu dapat menyebabkan insomnia. Biasanya sejenis obat stimulan dan yang mengandung antihistamin dapat menyebabkan anda mengantuk pada awalnya namun lama-kelamaan menyebabkan sering buang air kecil yang kemudian dapat membuat anda terserang insomnia.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel