Garam Himalaya dapat Atasi Beberapa Jenis Penyakit di Dalam Tubuh

8 Feb 2022 12:30 597 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Garam Himalaya Bisa Atasi Beberapa Jenis Penyakit Di Dalam Tubuh.

Berbeda dengan garam dapur biasa yang sering difungsikan sebagai pelezat ragam jenis masakan, garam Himalaya atau dikenal dengan nama lain adalah himsalt ditemukan sekitar tahun 250 juta tahun yang lalu di bawah kaki pegunungan Himalaya. Pada awalnya garam ini ditemukan dalam kondisi terkubur di bawah lapisan lava, salju dan es. Lapisan lava ini melindungi garam Himalaya dari polusi udara yang menjadikannya garam paling murni di seluruh dunia. Warna pink yang ada dalam garam Himalaya ini bukan hasil dari zat pewarna yang berbahaya. Perpaduan warna pink, merah dan putih adalah indikasi kandungan yang kaya akan zat besi natural. Di samping itu, garam Himalaya juga mempunyai kandungan 84 zat lainnya seperti beberapa diantaranya adalah sulfat, magnesium, kalsium, potasium dan fluoride yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sedangkan garam dapur diproses secara berlebihan dengan bantuan sinar matahari sehingga kehilangan kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi garam Himalaya di dalam makanan sehari-hari, ada banyak manfaat menarik lainnya yang bisa anda peroleh. Yuk simak ulasan selengkapnya.

1/ Mengurangi tekanan darah

Banyak ditemukan penderita tekanan darah tinggi atau hypertension dikarenakan konsumsi sodium yang berlebihan. Menurut Federal Drug anda Administration (FDA), untuk menjaga kesehatan tubuh maka disarankan mengkonsumsi sodium tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) per hari. Sedangkan garam dapur sendiri mempunyai 2.300 mg per sendok makan, garam himalaya hanya mengandung 420 mg.

2/ Mengurangi otot-otot yang kram

Pernahkah anda mendengar kabar kalau otot kram maka makanlah pisang. Mengapa memilih untuk makan buah pisang ? Karena buah yang satu ini mempunyai kandungan magnesium dalam jumlah seimbang yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh yang nantinya berpengaruh pada menjaga kesehatan kontraksi otot. Elektrolit lainnya seperti sodium, kalsium dan potasium juga penting diperhatikan. Nah garam Himalaya mengandung semua elektrolit tersebut untuk menghindari kram otot.

3/ Membantu sistem pernapasan

Garam himalaya mempunyai property antiinflamasi dan antibakteri guna mengurangi kelebihan lendir dan meningkatkan transportasi mukosiliar untuk mengeluarkan pathogen dalam tubuh. Seperti melakukan halotherapy yaitu pengobatan natural untuk masalah pernapasan seperti bronkitis akut.

4/ Mengatasi masalah insomnia

Nagi penderita insomnia mungkin anda sudah mencoba berbagai cara untuk bisa tidur lelap di waktu malam hari tetapi tetap saja kesulitan ? Penelitian pada tahun 1980 menemukan bahwa kekurangan sodium (di bawah 500 mg per hari) bisa menjadi pemicu insomnia di malam hari. Namun buakn berarti dihimbaukan untuk mengkonsumsi sodium secara berlebihan. Keseimbangan elektrolit bisa menjadi kunci solusi untuk insomnia akut anda. Masakan akan lebih nikmat dan gurih dengan bumbu masak terlengkap.

5/ Detoksifikasi

Berendam di air hangat dengan campuran garam himalaya merupakan tradisi barat dan timur yang patut untuk dicoba secara rutin. Saat berendam, tubuh anda menarik mineral penting dalam garam sekaligus mengeluarkan racun dalam tubuh. Berendam di air hangat merangsang sistem saraf parasimpatis yang menyebabkan tubuh anda menjadi rileks.

6/ Memperbaiki sistem pencernaan

Sistem pencernaan di dalam tubuh anda terdiri dari berbagai enzim penting yang membantu memproses makanan. Mngkonsumsi makanan dengan garam himalaya bisa merangsang asam klorida dan enzim tertentu sehingga dapat memperbaiki fungsi sitem pencernaan anda. Nutrisi yang anda konsumsi dari makanan sehari-hari bisa diserap secara efektif dengan bantuan garam himalaya.

7/ menghilangkan jerawat

Jerawat dan komedo disebabkan oleh sebum berlebihan dalam kulit. Cara ampuh untuk menghilangkan dan mencegah jerawat adalah dengan sering merawat wajah menggunakan skincare. Campurkan garam penungungan himalaya dengan essential oil dan madu sampai kekentalan yang diinginkan. Efek detoksifikasi garam membantu menghilangkan sel-sel kulit yang sudah tua dan kelebihan minyak di wajah.

Dengan mengkonsumsi garam setiap hari bisa memberikan khasiat untuk tubuh anda, apalagi kalau menggunakan garam yang murni. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel