Bunga Anggrek dan Beragam Jenisnya di Alam Liar

10 Feb 2022 12:30 1099 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Bunga Anggrek Dan Beragam Jenisnya Di Alam Liar.

Bunga anggrek adalah salah satu tanaman hias yang mempunyai penampilan elegan dan anggun. Merupakan salah satu suku tumbuhan berbunga dengan memiliki keanggotaan terbanyak di dunia. Bentuk tanaman sama dengan bentuk bunga yaitu sangat unik dan indah memiliki variasi hampir tidak terbatas. Beberapa diantaranya mempunyai aroma yang lembut menyebabkan bunga anggrek tak pernah lekang oleh waktu. Bunga eksotik ini dapat menjadi hadiah sempurna untuk berbagai kesempatan.

Ragam Tanaman Anggrek Di Alam Liar

Di duni ini ditemukan lebih dari 25.000 spesies anggrek dan sekitar 100.000 adalah hibrida. Beberapa orang merujuk hal ini sebagai jenis anggrek. Namun yang sebenarnya hanya ada dua jenis anggrek saja. Diantarnya adalah jenis terrestrial orchids (anggrek yang hidupnya di daratan saja) dan epiphytes orchids (anggrek benalu). Terrestrial orchids termasuk spesies tanaman anggrek yang tumbuh di atas tanah sedangkan epiphytes adalah jenis tanaman anggrek yang dapat tumbuh dengan salah satu dari dua cara ini yaitu dengan memunculkan tunas-tunas baru di samping tumbuhan asli sehingga menyebabkan adanya pertumbuhan anggrek yang menyebar atau pertumbuhan baru dengan menambahkan area puncak sehingga meningkatkan ketinggian dari tanaman anggrek. Kedua jenis anggrek ini sangat terkenal diantara para penggemar bunga. Ada beberapa spesies terrestrial orchid yang terkenal sebagai tanaman hias antara lain sebagai berikut : cymbidium dan calopogon. Sedangkan epiphytes yang populer antara lain dendrobiums dan bulbophyllums. Dua jenis anggrek ini mewakili keberadaan anggrek langka di dunia. Dimana karena popularitasnya, ada bebera jenis tanaman anggrek langka yang keberadaannya di dunia ini terancam punah karena adanya pengrusakan habitat atau adanya kegiatan penyelundupan. Tingginya harga dari anggrek yang diambil di beberapa pasar juga menyebabkan beberapa anggrek di alam liar terancam punah.

Jenis Anggrek Terrestrial Orchids

Seperti dijelaskan tersebut di atas, dari dua jenis anggrek yang ada di dunia ini, kelompok terrestrial orchid merupakan salah satu spesies yang paling banyak diburu oleh pengkolektor tanaman hias . Jenis terrestrial orchid termasuk jenis cymbium. Anggrek cymbidium misalnya ada sekitar 40 jenis dan ribuan hirbida. Ini adalah salah satu jenis anggrek yang dapat dengan mudah dikembangbiakkan. Mereka dapat berkembang di lapangan dan juga bisa tumbuh dengan subur di pohon-pohon dan menempel di bebatuan pinggir sungai. Habitat alami mereka adalah meluas dari daerah Asia Tenggara menuju ke Jepang dan Australia. Salah satu alasan anggrek jenis cymbidium begitu populer adalah karena mereka sangat mudah untuk tumbuh. Anggrek cymbidium adalah pilihan populer untuk pemula dan mereka akan menghasilkan bunga yang indah setiap tahunnya tentunya dengan melakukan perawatn yang tepat.

Jenis Anggrek Epiphytes

Istilah epiphytes tidak dilindungi undang-undang untuk jenis anggrek tertentu. Mereka merujuk kepada tanaman yang mempunyai sistem akar menempel kuat di atas tanah. Salah satunya adalah dendrobiums merupakan spesies terbagus dari jenis anggrek kelompok ini. Terdapat lebih dari 1.000 jenis dendrobiums dan mereka berasal dari India Utara, Asia tenggara, Australia dan Polinesia. Daerah di sini adalah termasuk ke dalam iklim tropis yang biasanya hangat dan lembab sehingga cocok untuk tumbuh kembang jenis epiphyte orchid. Salah satunya adalah pgalaenopsisconditions merupakan salah satu diantara sekian banyak jenis anggrek epiphytes. Dimana untuk jenis dendrobiums tumbuh baik apabila dirawat dengan suhu hangat dan lembab. Dendobriums mudah tumbuh namun dengan catatan membutuhkan perawatan lebih khusus dibandingkan dengan cymbidiums juga tidak mengeluarkan bunga secara teratur. Spesies epiphyte merupakan salah satu jenis bunga anggrek yang tahan lama dan mudah untuk tumbuh. Sering terlihat di acara-acara pernikahan dan mempunyai berbagai warna seperti pink, kuning dan bergaris-garis (stripes). Dengan pembawaannya yang anggun, anggrek cantik ini cocok untuk acara-acara khusus atau hari peringatan. Mereka memiliki bunga yang awet.

Perawatan Tanaman Anggrek

Tidaklah sulit untuk melakukan perawatan terhadap bunga anggrek anda di rumah. Simpanlah bunga anggrek di tempat-tempat yang teduh dan mempunyai ventilasi bagus, jauh dari radiator, pendingin udara (AC) dan angin kencang. Untuk membantu menjaga tingkat kelembaban dengan baik, aturlah tanaman pada baki yang berkerikil dan berair sehingga pot tanaman anggrek berada di atas baki air. Ini dilakukan untuk mencegah akar dari kebusukan dan dapat meratakan kelembaban. Bunga anggrek akan mendapatkan air dari kelembaban rata-rata di atmosfer (air diperoleh dari hujan, tetesan, embun atau uap air di udara), dimana mereka tidak menyerap air dengan cara tradisional seperti dari akar dan tanah. Untuk stabilitas, anggrek sering mudah membusuk jika akarnya berkembang di media yang terlalu basah. Maka dari itu pilih meida yang mudah menyerap air tetapi tidak menyimpan air, kombinasi media bisa dilakukan agar didapatkan sifat-sifat yang pas.

 

 

Tags Wisata

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel