Menu Makan Siang Keluarga Rekomendasi pakai Bunga Kecombrang

7 Feb 2022 13:15 764 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Menu Makan Siang Keluarga Terekomendasikan Dari Bahan Utama Bunga Kecombrang.

Dunia kuliner Indonesia saat ini digemparkan dengan penggunaan bunga kecombrang untuk bahan pelezat beberapa jenis masakan khas Nusantara. Ternya bunga hias yang satu ini memang cocok dipadukan dengan beragam rempah lainnya untuk dijadikan bumbu masakan yang menyuguhkan warna menarik, rasa enak dan aroma yang khas menusuk hidung. Nah untuk anda yang memiliki hobi memasak sajian Nusantara maka mulai sekarang bisa mencoba memadukan bahan yang satu ini pada berbagai hidangan anda di rumah yang cocok untuk menu makan siang atau santap makan malam bersama dengan keluarga.

Bunga kecombrang dikenal sebagai salah satu bunga hias yang bisa dimanfaatkan untuk bahan campuran beragam masakan Nusantara khususnya dari daerah Batak dan Sunda. Sebut saja satu yang paling populer adalah sambal kecombrang atau bahan utam yang digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging ikan laut atau ikan sungai seperti ikan mas dan ikan mujair. Tanaman yang mengeluarkan bunga indah dan cantik berwarna merah muda ini dikenal dengan nama populer lainnya adalah bunga honje yang ketika masih kuncup bisa difungsikan sebagai sayuran segar untuk pelezat beberapa jenis masakan. Biasanya cara penyajiannya sangatlah sederhana yaitu dengan diiris tipis-tipis atau ditumbuk terlebih dahulu sebelum dimasak dan dicampur dengan bahan yang lainnya.

Jika anda merasa penasaran dengan bahan yang satu ini maka sekali waktu bisa mencobanya yaitu padukan menu harian anda dengan menambahkan bunga kecombrang ke dalamnya, pastilah akan mendapatkan cita rasa berbeda yang lezat dan bergizi. Karena kelopak bunga kecombrang kaya akan kandungan vitamin C merupakan salah satu kesempatan emas untuk diolah menjadi masakan yang enak bahkan anak-anak pun menyukainya. Khususnya buat anda yang ingin lebih bervariasi dalam memasak menu harian agar tidak membosankan, silahkan mencoba beberapa jenis masakan tersebut di bawah ini yang kami rekomendasikan untuk dicoba dengan memakai bahan pelezat utama berupa bunga kecombrang.

Simak berikut ini.

1/ Resep praktis nasi goreng spesial ayam bunga kecombrang

Masakan yang satu ini adalah salah satu kreasi unik dan pengembangan dari masakan khas Nusantara dari Jawa yaitu nasi goreng. Irisan tipis-tipis dari setangkai bunga kecombrang akan menambah aroma khas yang tajam pada hidangan ini. Untuk resep lengkapnya, iris halus bunga kecombrang secukupnya saja lalu jadikan sebagai bahan isian nasi goreng bersama dengan suwiran daging ayam dan potongan buncis, kol atau wortel dan tomat segar. Langkah awalnya adalah menyiapkan bumbu halus seperti biasa yang diberi tambahan gula pasir atau bahan penyedap rasa seperti micin agar masakan semakin nikmat. Masak nasi goreng beserta dengan bahan-bahan pelengkap. Hasilnya sangat nikmat.

2/ Resep praktis pindang ikan bunga kecombrang

Masakan tradisional khas warga di Pulau Jawa ini ternyata cara membuatnya sangatlah mudah. Tumbuk kasar bahan-bahan dasarnya yaitu berupa beberapa jenis rempah lalu direbus bersama dengan irisan belimbing wuluh, tomat hijau, cabe rawit dan berbagai bahan rempah lainnya. Dari sini saja sudah mengeluarkan aroma yang khas dengan rasa yang kaya akan rempah-rempah khas Nusantara menemani potongan daging ikan tenggiri yang nantinya akan dibuat menjadi pindang. Terakhir adalah dengan menambahkan irisan bunga kecombrang yang ditaburkan di atas masakan lalu rebus hingga matang. Rasanya adalah potongan daging ikan dengan resapan bumbu yang sangat lezat dan bergizi.

3/ Resep praktis opor ayam bunga kecombrang

Opor ayam biasanya menjadi salah satu sajian istimewa di hari raya yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga. Namun jika anda penyuka masakan yang satu ini, tak harus menjadi andalan masakan saat hari raya saja karena anda bisa menikmatinya kapan saja anda menginginkannya dengan mencontoh banyak resep yang tersedia di buku-buku resep dan juga internet. Agar mendapatkan cita rasa yang bervariasi maka anda bisa menambahkan irisan bunga kecombrang agar masakan menjadi semakin spesial. Gunakan bunga kecombrang mudah yang masih berwarna merah mudah, cuci bersih dengan air mengalir ketika baru dipetik, lalu iris tipis-tipis. Memiliki tekstur yang lunak-renyah-berair, masukkan bunga kecombrang di akhir proses memasak sebelun anda memasukkan santan karena akan cepat larut dalam kuah masakan. Gunakan api yang kecil saja tujuannya untuk menjaga santan agar tidak pecah dan daging ayam menjadi matang merata.

4/ Resep ikan kerapu siram kuah bumbu bunga kecombrang

Untuk resep yang keempat adalah dengan menggunakan bunga kecombrang muda yang memiliki tekstur lebih lunak dan renyah sangat mudah larut dalam kuah masakan. Jika anda adalah penyuka rasa dan aroma yang lebih menyengat (tajam) maka gunakan bagian dalam batang bunga kecombrang. Sajian ikan siram kuah bumbu bunga kecombrang ini rasanya lezat karena di dalamnya terdapat potongan ikan kerapu yang sebelumnya sudah digoreng garing dengan memakai minyak kelapa yang benar-benar panas merata sebelum memasukkan ikan kerapu segar. Ini menjadikan kulit ikan menjadi garing dengan sempurna dan tidak terkelupas. Jangan terlalu lama menggorengnya agar daging ikan terasa masih moist dan gurih-gurih manis.  

5/ Resep gulai daun singkong bunga kecombrang

Siapa yang belum pernah mencoba gulai daun singkong khas masakan warga Padang ini ? Agar mendapatkan cita rasa yang berbeda bagaimana kalau anda coba padu-padankan dengan bunga kecombrang yang wangi dan beraroma khas ? Hasilnya adalah tak kalah lezat dan menampilkan masakan eksotik menjadi teman makan siang anda yang enak dan bergizi. Warga Padang sejak dulu dikenal sebagai penyuka beragam masakan yang dicampur dengan bunga kecombrang.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel