Icip-Icip Makanan Enak Khas Thailand Yuk!

5 Feb 2022 16:00 932 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Icip-Icip Makanan Enak Khas Thailand Yuk !

Salah satu makanan asal Asia Tenggara yang saat ini semakin populer disukai oleh banyak orang di seluruh dunia adalah ragam masakan khas Thailand. Masakan Thailanda di Indonesia juga memiliki banyak penggemar terutama dari kalangan anak muda suka mengunjungi kafe-kafe gaul hanya untuk sekedar bisa menikmati salah satu makanan khas Thailand yang rata-rata rasanya mampu memanjakan lidah. Alasan yang tepat ini bisa terjadi karena cita rasa masakan khas Thailand kaya akan rasa seperti halnya dengan masakan Indonesia. Masakan Thailand banyak menggunakan rempah-rempah sehingga jauh dari kata hambar. Nah bagi yang penasaran dengan ragam makanan khas Thailand yang serba enak ini yuk langsung saja mencoba salah satunya seperti yang kami rekomendasikan tersebut di bawah ini.

1/ Tom Kha Gai (masakan ayam kuah santan)

Tom Kha Kai adalah salah satu jenis sop berkuah santan yang berasal dari Thailand dan saat ini banyak tersedia sebagai menu andalan di beberapa restoran Thailand di Indonesia. Kuahnya berwarna putih kekuningan dan bercita rasa creamy. Sop ini cukup cocok dengan lidah orang Indonesia dimana di dalamnya terdapat potongan daging ayam dalam ukuran besar. Cocok disantap dengan nasi atau ketupat dan lontong.

2/ Tom Yum Goong (masakan sop udang pedas)

Tom Yum Goong adalah masakan khas Thailand kedua yang sangat terkenal di Indonesia. Memiliki warna kuah yang kemerahan cantik sudah sangat menggugah selera makan siapa saja yang melihatnya. Cita rasa kuah yang diberikan oleh masakan ini adalah asam-asam pedas dan gurih mampu memberikan sensasi menyegarkan sekaligus menghangatkan tubuh yang tepat disantap sebagai menu makan malam. Bisa ditemani dengan sepiring nasi jagung atau nasi putih.

3/ Gaeng Daeng (masakan kari merah)

Sama halnya dengan masakan sejenis lainnya seperti Tom Kha Kai, Gaeng Daeng adalah salah satu jenis masakan khas Thailand yang merupakan sajian seperti kari ayam merah dari sajian Nusantara. Menggunakan campuran beragam rempah dan ditambahkan dengan santan menjadikan masakan ini terasa sangat gurih. Akan menjadi santapan yang semakin nikmat jika dalam penyajiannya dipadukan dengan potongan bengkoang atau buah nanas, menghasilkan rasa yang sangat unik.

4/ Khao Pad (masakan nasi goreng)

Siapa orang Indonesia yang tidak menyukai masakan bernama nasi goreng ? Nasi gorengnya orang Thailand bernama Khao Pad yang bumbu utamanya adalah menggunakan kecap ikan. Bahan-bahan lainnya menggunakan daging seperti ayam, sapi, kambing hingga udang dan kepiting atau cumi-cumi. Jika masuk ke salah satu restoran khas Thailand, daging ayng menjadi bahan pelengkap bisa disesuaikan dengan preferensi.

5/ Pad Thai (masakan mie goreng)

Bagi para penggemar ragam masakan khas Nusantara bernama mie goreng, ketika jalan-jalan ke Thailand wajib mencoba sajian yang satu ini. Hidangan yang satu ini adalah mie goreng ala warga Thailand yang disajikan bersama dengan toge, udang dan sayuran segar. Ada sedikit rasa asam berasal dari perasan jeruk nipis dan pedas dari sambal serta gurihnya daging dan mie sebagai bahan utama.

6/ Som Tum (yaitu masakan berupa salad pepaya hijau)

Hidangan khas Thailand yang keenam adalah bernama Som Tum pas untuk anda cicipi terutama yang menyukai makanan sehat untuk diet dan kebugaran tubuh. Som Tum adalah masakan berupa salad pepaya hijau khas Thailand yang memiliki cita rasa rame yaitu ada gurih yang berasal dari ikan atau daging, juga baluran bumbu yang berasa asam, manis dan pedas. Som Tum kadang-kadang ditambahkan dengan kacang-kacangan atau cincangan daging udang dan kepiting.

7/ Mango Sticky Rice (jajan basah tradisional)

Jika yang tersebut di atas adalah beragam masakan yang berasa pedas dan gurih teman makan nasi sebagai sajian utama, maka yang ketujuh ini adalah makanan penutup atau dessert khas Thailand yang rasanya manis. Hidangan penutup dari Thailand ini cukup terkenal di Asia utamanya di Indonesia. Yang membuatnya menjadi favorit adalah rasanya yang sangat manis, legit dan ada rasa gurih dari saos yang dipakai untuk menyiram. Irisan buah mangga yang manis dan segar bercampur dengan ketan pulen menjadi salah satu makanan penutup yang terfavorit untuk anak-anak.

8/ Kalamae (kue dodol tradisional)

Menyerupai dodol khas jajanan tradisional dari Indonesia, kalamae merupakan makanan ringan dari Thailand. Terbuat dari tepung ketan dan bahan-bahan lainnya menjadikan jajanan tradisional yang satu ini berasa legit dan enak untuk cemilan ringan di waktu santai. Kalamae dibungkus dengan plastik layaknya penyajian dodol.

Selamat mencobanya.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel